Kenali Bentuk dan Luas Lapangan Badminton sesuai Standar

luas lapangan feature image

Badminton adalah salah satu cabang olahraga yang diminati oleh banyak orang. Permainan diantara dua orang atau empat orang menggunakan raket ini, memiliki peraturan dalam ukuran maupun warna cat lapangan badminton sesuai standar dan harus diikuti. Selain, ukuran lapangan dan warna cat lapangan ada beberapa hal lainnya yang wajib diketahui oleh pecinta permainan badminton ini. Apa saja itu? Berikut kami rangkumkan untuk Anda.

Ukuran lapangan berdasarkan pemain

Lapangan badminton adalah area permainan yang ditandai dengan garis-garis yang ditarik pada permukaan lantai. Menurut BWF, ukuran lapangan badminton harus memiliki panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter. Garis lapangan harus ditarik dengan warna putih yang kontras dengan warna lantai. Garis-garis ini mencakup garis tepi, garis dasar, garis servis tunggal, garis servis ganda, garis tengah dan garis samping. 

Ukuran lapangan juga dibedakan diantara pemain single dan ganda. Berikut perbedaannya:

Pemain single

  1. Panjang lapangan badminton : 11,88 m
  2. Luas lapangan badminton : 61,5 m2
  3. Lebar lapangan badminton : 5,18 m
  4. Jarak garis service ke sisi lapangan luar bulu tangkis: 3,96 m

Pemain Ganda 

  1. Panjang lapangan badminton : 13,40  m
  2. Luas lapangan badminton : 81,74 m2
  3. Lebar lapangan badminton : 6,10 m
  4. Jarak garis service depan dengan Net : 1,98 m
  5. Jarak garis servis ke sisi lapangan luar lapangan bulu tangkis : 4,72 m

Image From Pinterest 

Ukuran lapangan badminton standar yang telah di jelaskan di atas, dibatasi dengan garis lapangan yang membantu memastikan bahwa setiap permainan badminton dimainkan dengan ukuran lapangan yang sama.

Standart Ukuran Net untuk Lapangan Badminton

Net bulu tangkis biasanya terbuat dari serat sintetis dengan ukuran lubang maksimal 20 mm x 20 mm. Tinggi dari net badminton adalah 1,524 meter dengan panjang 6,1 m. Selain itun net memiliki lebar 0,76 m. Ukuran net badminton ini telah ditentukan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF (Badminton World Federation) dan terdapat dalam peraturan BWF. 

Selain ukuran net, ada juga aturan tentang ketinggian net yang perlu diikuti saat dipasang. Net harus diikat ke dua tiang dengan ketinggian yang sama dan tidak boleh lebih rendah dari 1,55 m di sisi pinggir dan 1,524 meter di tengah lapangan. Jika net terlalu rendah, maka permainan akan dihentikan dan perbaikan dilakukan sebelum melanjutkan pertandingan.

Ukuran net bulu tangkis sangat penting untuk memastikan permainan berlangsung dengan adil dan sesuai aturan. Selain itu, ukuran net juga mempengaruhi strategi dan taktik pemain dalam permainan bulu tangkis.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan dengan list sebagai berikut: 

Tinggi tiang : 1,55 m  

Tinggi net bagian tengah : 1,524 m

Panjang net : 6,1 m

Lebar net : 0,75 m

Bahan Lantai Lapangan Badminton

Bahan lantai lapangan badminton sangatlah penting dalam menentukan kualitas dan kenyamanan saat bermain badminton. Ada beberapa bahan lantai lapangan badminton yang umum digunakan dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa bahan lantai lapangan badminton yang umum digunakan:

  1. Lantai Kayu 

Lantai kayu adalah salah satu bahan lantai lapangan badminton yang paling populer. Lantai kayu  terdiri dari beberapa lapisan kayu yang ditempelkan bersama-sama dengan menggunakan lem. Lantai ini dapat memberikan peredaman yang baik untuk kaki pemain dan memberikan kestabilan yang baik untuk bola. Namun, Lantai kayu ini membutuhkan perawatan yang baik agar tidak mudah rusak.

  1. Lantai Vinyl 

Lantai vinyl adalah bahan lantai lapangan badminton yang lebih tahan lama dan mudah dalam perawatannya.Material lantai vinyl terbuat dari PVC (polyvinyl Chloride) sehingga lebih lentur dan elastis. Lantai ini dapat memperkuat kaki dan memberikan kestabilan yang baik untuk bola. Namun, vinyl kurang memiliki peredaman yang baik seperti kayu lapis dan seringkali terasa lebih keras.

  1. Badminton Court Mat 

Seperti namanya, lantai jenis badminton court mat ini memang didesain khusus untuk lapangan bulu tangkis. Lantai ini adalah produk synthetic karena terbuat dari bahan kimia. Di indonesia pun jarang ditemukan menggunakan jenis lantai ini.

  1. Beton

Beton adalah bahan lantai lapangan badminton yang umum digunakan di Indonesia. Beton memberikan kestabilan yang sangat baik untuk bola dan sangat tahan lama. Namun, beton sangat keras dan kurang memiliki peredaman yang baik untuk kaki pemain. Sehingga, lantai  jenis ini diberi lapisan karpet atau cat. Di Indonesia sendiri lebih sering menggunakan lapisan cat karna kepraktisannya. 

Lihat berbagai macam pengecatan pada lapangan yang di kerjakan dua insan di halaman ini

Jenis cat yang digunakan adalah jenis cat yang membuat lantai menjadi kokoh dan juga anti selip. Dalam pengecatan lantai untuk olahraga termasuk badminton ini sangat dianjurkan untuk menggunakan tenaga ahli yang profesional. Sehingga, Anda mendapatkan manfaat yang diingankan. Seperti, lantai yang awet, kokoh dan anti selip.

Jasa pengecatan lapangan Dua Insan

Jika Anda mencari jasa pengecatan lapangan yang kokoh, aman dan juga indah. Dua Insan Cemerlang bisa menjadi solusinya. Dua insan cemerlang  telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan telah menangani lebih dari 80 proyek di bidang epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU concrete. 

Kami mengutamakan kualitas dalam pengecatan lapangan sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat menyesuaikan harga sesuai kebutuhan anda dengan tetap mengutamakan kualitas. Anda juga akan mendapatkan garansi agar anda dapat merasa tenang dalam menggunakan pelayanan kami. Tunggu apalagi, segera hubungi kami di WHATSAPP untuk Konsultasi secara GRATIS.  

Muhammad Harist Abduh Nazili

Muhammad Harist Abduh Nazili

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini