Jasa Cat Lapangan Outdoor Pilihan Terbaik dan Berkualitas

lapangan basket
lapangan basket
Sumber: Unsplash @peter_berko

Lapangan olahraga harus didesain dengan baik karena lapangan tersebut harus dapat menopang beban pemain yang akan menggunakan area tersebut. Selain itu, cat lapangan outdoor juga harus dipilih dengan saksama agar lapangan tidak licin dan risiko cedera maupun pemain terjatuh dapat diminimalisir.

Cat lapangan yang dipilih pun tidak boleh sembarangan dan harus bisa bertahan lama, tidak berbau, tidak berjamur, dan tahan terhadap pengaruh cuaca. Berdasarkan jenis lapangan yang ingin dicat, ada beberapa jenis cat lapangan yang dapat digunakan. Simak penjelasan lengkapnya.

Jenis Lapangan

Secara umum, terdapat 2 jenis lapangan olahraga yaitu lapangan outdoor dan lapangan indoor. Dari pengertiannya, dapat diketahui bahwa lapangan outdoor adalah lapangan yang terletak di luar ruangan. Pengecatan yang tepat menjadi sangat penting untuk lapangan outdoor karena lapangan terpapar langsung oleh sinar matahari, hujan, dan pengaruh cuaca lainnya. Lapangan outdoor biasa digunakan untuk bermain sepak bola, basket, dan lain sebagainya.

Kebalikannya, lapangan indoor adalah lapangan yang terletak di dalam ruangan. Lapangan indoor biasa berbentuk seperti ruang aula, yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan aktivitas olahraga dalam ruangan. Lapangan indoor bisa digunakan untuk bermain bulu tangkis, tenis meja, dan masih banyak lagi.

Baca selengkapnya mengenai 7 Manfaat Penting Epoxy Lantai Agar Bangunan Makin Estetik

Manfaat Pengecatan Lapangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan cat yang tepat dapat mengurangi risiko cedera karena lapangan yang licin maupun tidak dapat menahan beban. Namun, ada berbagai macam manfaat lain dari pengecatan lapangan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Daya Tarik Lapangan

Lapangan olahraga yang terlihat terawat tentunya akan lebih menarik orang-orang untuk bermain dibandingkan lapangan olahraga dengan cat yang sudah mengelupas dan pudar. Oleh karena itu, pengecatan lapangan yang baik sangatlah penting agar lapangan terlihat indah dan tetap menarik sehingga orang-orang merasa nyaman dan bersemangat untuk berolahraga di lapangan Anda.

2. Memperjelas Fungsi Lapangan

Tidak hanya untuk membuat penampilan lapangan lebih menarik, pengecatan yang baik juga akan membantu pemain dalam aktivitas olahraga itu sendiri. Jika warna cat memudar karena sinar matahari, pemain akan sulit melihat garis lapangan yang menentukan aturan-aturan olahraga tertentu. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengecat kembali cat yang sudah pudar.

3. Untuk Promosi dan Sponsorship

Banyak yang tidak menyadari bahwa lapangan olahraga dapat menjadi sumber penghasilan, tidak hanya dari biaya penyewaan lapangan tapi juga sebagai media promosi dan sponsorship. Lapangan olahraga yang berada dalam kondisi baik dan sesuai standar nasional dan internasional tentunya memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan tawaran sponsor.

Jenis Cat untuk Lapangan Outdoor

cat outdoor
Sumber: Unsplash @aleksandarkyng

Artikel ini akan berfokus pada jenis-jenis cat yang dapat digunakan untuk lapangan outdoor. Secara umum, ada 2 jenis cat lapangan outdoor yang sering digunakan oleh jasa pengecatan lapangan yaitu cat akrilik dan polyurethane coating.

Cat Akrilik

Tennokote TNK 1000 adalah cat lapangan olahraga hasil inovasi Propan Raya. Tidak hanya memiliki daya lekat yang kuat, cat ini juga dapat membantu menstabilkan pantulan bola. Selain itu, sifatnya yang tidak berbau, tidak licin, dan tahan terhadap sinar UV membuatnya cocok untuk pengecatan lapangan outdoor. Cat Tennokote TNK 1000 dapat kering sempurna dalam 2 jam (30°C) dan siap digunakan dalam 48 jam.

Cat ini memberikan tampilan doff pada lapangan dan sudah banyak dipakai karena membuat pemain nyaman dalam berolahraga dan harganya yang tergolong lebih murah. Namun, cat ini tidak terlalu awet untuk jangka panjang. Jika Anda ingin mengecat lapangan tenis, basket, bulu tangkis, atau futsal, Anda dapat menggunakan cat ini. Lihat contoh proyek di Gedung Serbaguna Cianjur.

Polyurethane Coating

Polyurethane coating adalah pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk cat lapangan outdoor. Campuran cat polyurethane dengan hardener, atau disebut juga polyurethane coating 2 komponen, menghasilkan ketahanan yang lebih baik untuk lapangan outdoor.

Jika Anda tidak bermasalah dengan biaya yang lebih tinggi, polyurethane coating dapat menjadi solusi untuk cat lapangan outdoor yang lebih awet untuk jangka panjang. Namun berbeda dari cat akrilik, cat ini akan memberikan tampilan glossy dan warna yang lebih menyala dan cerah. Anda dapat melihat contoh proyek di BPP Mektan BSD.

Jasa Dua Insan Cemerlang

Selain berpengalaman untuk jasa pengecatan lapangan outdoor, anda juga dapat menggunakan cat epoxy untuk lapangan indoor seperti lapangan basket dan volly karena awet, tahan lama dengan hasil finishing glossy

Dua Insan Cemerlang menyediakan jasa pengecatan lapangan dengan harga bersaing. Memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman di bidang pengecatan, kami menyediakan tenaga profesional dan hasil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya berkualitas.

Tidak hanya itu, kami menyediakan garansi agar Anda dipastikan merasa aman dan puas dengan jasa yang kami sediakan. Jika Anda tertarik, silakan langsung konsultasikan kebutuhan cat lapangan outdoor Anda GRATIS lewat WhatsApp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini