Jangan Salah! Jenis Cat Lapangan Outdoor Pilihan Terbaik 2023

cat lapangan

Setiap lapangan olahraga, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan pasti dilapisi cat atau coating. Selain digunakan sebagai penanda dan menambah keestetikan pada lapangan, cat atau coating juga memiliki manfaat lainnya, seperti memberikan tekstur dan traksi (gaya gesek) pada lapangan agar tidak licin (anti-slip).Berikut rekomendasi jenis cat lapangan outdoor 2023.

Pertimbangan Sebelum Memilih Jenis Cat Lapangan Outdoor

cat lapangan
Sumber: Unsplash

Berikut 4 check list yang bisa membantu Anda memilih jenis cat lapangan olahraga terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Apa jenis lapangan outdoor yang akan dicat?
    Lapangan outdoor yang perlu dicat dan sudah sering Dua Insan Cemerlang kerjakan selama 10 tahun, seperti lapangan basket, lapangan futrsal, lapangan bulu tangkis, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan handball, dan area jogging track/lari.

    Dengan mengetahui jenis lapangan yang akan dicat, Anda dapat menyeleksi kebutuhan cat dari kondisi permukaan lapangan dan keperluan warna yang Anda perlukan.
  1. Bagaimana ketahanan cat?
    Cat lapangan berguna untuk melindungi permukaan lapangan dari hujan, radiasi sinar matahari, dan faktor-faktor lainnya yang bisa berpotensi merusak permukaan.
    Jadi, perlu untuk mempertimbangkan ketahanan bahan cat (waterproofing dan surface durability) dan warna cat agar tidak mudah pudar.
  1. Apakah cat mudah untuk diaplikasikan?
    Kondisi setiap lapangan, khususnya outdoor bisa berbeda-beda. Apakah permukaan lapangan dibuat dari aspal, beton, atau bahan lainnya? Maka, perlu dipastikan bahwa cat yang akan Anda gunakan mudah diaplikasikan di bahan lapangannya.
  2. Apakah cat mudah untuk dibersihkan dan dirawat?
    Selain dari perubahan cuaca, permukaan lapangan juga bisa kotor karena aktivitas olahraga yang dilakukan. Agar pemilihan cat bisa cost-efficient, maka perlu juga mempertimbangkan kemudahan perawatan cat lapangan.

Contoh Jenis Cat Lapangan Outdoor

Terdapat 2 jenis cat lapangan outdoor terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Cat Lapangan Akrilik (Acrylic)

lapangan sekolah menengah pertama
Lapangan SMPN 190 Prepedan

Cat akrilik sangat cepat kering, tidak mudah pudar saat terkena sinar matahari dan hujan, serta memiliki hasil yang lebih halus pada permukaan aspal maupun beton (concrete). Dari segi warna, cat akrilik akan menghasilkan warna yang lebih doff ketimbang PU coating.

Cat akrilik juga mudah dirawat dan dibersihkan. Jadi, apabila terdapat kesalahan pada saat pengaplikasian cat, Anda dapat melakukan cat ulang (reapply) sebanyak yang dibutuhkan.

Bisa dikatakan, cat akrilik sangat cocok untuk dipakai semua lapangan outdoor (kecuali sepak bola) karena memberikan traksi (gaya gesek) yang sangat baik untuk pemain dan dapat memantulkan bola dengan baik.

Pada umumnya, cat lapangan akrilik yang sering digunakan adalah Cat Tennokote TNK 1000. Cat ini cocok untuk lapangan indoor maupun outdoor.

2. Polyurethane (PU) Coating

lapangan basket
PU coating sangat populer digunakan sebagai lapisan pelindung pada lapangan olahraga.

Coating ini memiliki keunggulan dalam mengunci warna sehingga tidak mudah pudar dan memiliki ketahanan yang sangat bagus (durable). Dari segi warna, PU coating akan menghasilkan warna yang lebih glossy.

Serupa dengan cat akrilik, PU coating juga mudah dirawat karena tidak mudah rusak atau keropos sehingga mudah untuk dibersihkan.Dengan sifatnya yang solid, PU coating cocok digunakan pada lapangan outdoor, seperti lapangan basket, tenis, dan lapangan atletik.

Namun, PU coating ini lebih cocok digunakan untuk bahan permukaan aspal, ketimbang beton (concrete). Karena jika diaplikasikan ke beton, catnya akan mudah mengelupas, khususnya saat kondisi lembab atau terkena hujan.
Jika Anda ingin menggunakan PU coating, maka Anda dapat menggunakan cat berbahan dua komponen sehingga warnanya lebih glossy. Kemudian, cat dicampur dengan hardener untuk membantu pengeringan.

Jasa Pengecatan Lapangan – Dua Insan Cemerlang

lapangan

Setelah mengetahui jenis cat lapangan yang Anda butuhkan, maka Anda memiliki 2 pilihan: 

1) melakukan cat lapangan secara mandiri, atau 2) menggunakan jasa cat lapangan.

Berikut 5 cara pengaplikasian cat lapangan secara mandiri:

  1. Permukaan lapangan yang akan dicat harus kering dan bersih dari debu, minyak, serta kotoran lainnya.
  2. Gunakan gerinda atau cairan kimia pembersih untuk pembersihan permukaan lapangan
  3. Aduk cat sampai rata. Bila perlu, tambahkan sedikit air bersih (sekitar 10%) untuk lapisan dasar.
  4. Kuaskan cat sebanyak 2-3 lapis dengan selang waktu pengecatan minimal 2 jam. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menguaskan dengan arah yang menyilang dengan lapisan sebelumnya.
  5. Lindungilah lapisan yang masih basah dari air hujan dan terik sinar matahari yang berlebih agar tidak mudah rusak. Lalu, tunggu lapisan cat hingga kering sempurna sebelum penggunaan.

Namun, apabila Anda ingin menggunakan jasa cat lapangan, Dua Insan Cemerlang adalah solusi yang tepat untuk Anda!

Dua Insan Cemerlang merupakan kontraktor pengecatan profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah menyelesaikan lebih dari 80 proyek pengecatan.

Kami dapat memberikan jasa cat lapangan dengan kualitas terbaik dan harga fleksibel menyesuaikan kebutuhan Anda.

Berikut 4 cara praktis untuk mewujudkan lapangan idaman Anda bersama kami:

  1. Hubungi Dua Insan Cemerlang
    Anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp (08111268469) dan melakukan konsultasi secara gratis.
  2. Survey Lokasi
    Kami akan melakukan pengecekan tempat dan material secara menyeluruh. Lalu, kami akan memberikan solusi terbaik sesuai dengan spesifikasi yang Anda minta.
  3. Penawaran Harga
    Harga pengecatan lapangan akan bergantung pada jenis lapangan, luas lapangan, merk cat pilihan, mutu atau kelas produk, dan kecepatan pengerjaan.
    Biasanya, range harga jasa cat lapangan indoor/outdoor mulai dari Rp80.000/m2.

Pengerjaan Proyek Sesuai Kesepakatan
Setelah sepakat, maka proyek akan mulai dikerjakan oleh team Dua Insan Cemerlang. Tentunya, kami juga memberikan garansi di setiap pekerjaan sesuai dengan kondisi.

Lihat hasil proyek cat lapangan Dua Insan Cemerlang di sini.

hasil lapangan pu coating

Sudah siap untuk mewujudkan lapangan outdoor impian Anda di 2023?

Tunggu apa lagi?

Konsultasikan lapangan outdoor impianmu ke Dua Insan Cemerlang melalui Whatsapp berikut: 08111268469. Gratis!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini