Kenali Beda Gor dan Stadion, Pecinta Olahraga Wajib Tahu!

gor olahraga

Olahraga menjadi salah satu keharusan untuk memiliki tubuh yang sehat. Banyak jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan masyarakat khususnya di Jakarta. Salah satu tempat pilihan olahraga masyarakat selain lapangan olahraga adalah GOR. 

Berdasarkan jakarta.go.id terdapat 25 pilihan GOR yang tersedia di Jakarta. GOR sendiri merupakan akronim dari kata Gelanggang Olahraga Remaja, dimana tersebar di lima wilayah Jakarta yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Utara. 

Namun ada salah satu tempat olahraga yang populer sebagai tempat berlangsungnya event olahraga besar yaitu Stadion. Stadion sendiri berbeda secara kegunaan dengan GOR, lantas apa bedanya dari dua tempat populer untuk olahraga ini? 

Kegunaan GOR dan Stadion untuk Aktivitas Olahraga

GOR merupakan akronim dari Gelanggang Olahraga Remaja adalah tempat yang digunakan untuk berolahraga dalam bentuk apapun, baik olahraga individu maupun tim. Gor dapat ditemukan di seluruh dunia dan biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan olahraga, seperti lapangan, arena pertandingan, gymnasium, dan ruang ganti. Untuk mendapatkan GOR yang indah juga dapat dilakukan pengecatan lantai cat lapangan yang berkualitas dari jasa profesional seperti CV. Dua Insan Cemerlang.

GOR sendiri dibedakan menjadi tiga tipe berdasarkan dari buku Standar Tatacara Perencanaan Teknik Bangunan Gedung Olahraga yaitu:

  1. GOR yang penggunaannya melayani Wilayah Provinsi/Daerah Tingkat I dikenal sebagai GOR tipe A. 
  2. GOR yang penggunaannya melayani Wilayah Kabupaten atau Kota Madya sebagai Tipe B.
  3. Sedangkan kegunaannya pada Wilayah Kecamatan dikenal dengan Tipe C. 

Sedangkan dikutip dari Wikipedia, Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton.

Pada era ini, GOR dikemas dengan sistem indoor seperti GOR Basket, GOR Volly, GOR Bulu Tangkis dan Futsal. Untuk GOR Basket sendiri menyediakan lapangang dengan persyaratan harus memiliki permukaan yang rata dengan ukuran lebar 15 m dan panjang 28 m  yang diukur dari sisi dalam garis batas.

Lantas apa saja persyaratan dari GOR sebagai tempat olahraga yang aman dan nyaman bagi masyarakat? Selain dari keamanannya, fasilitas GOR harus mendukung kegiatan olahraga dan sesuai dengan fungsi utama dari GOR itu sendiri, yaitu: 

  1. Menyediakan fasilitas olahraga serta jasa lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat
  2. Menciptakan dan menambah lapangan kerja dari sektor olahraga
  3. Membantu mengembangkan industri lainnya di sekitar area GOR

Untuk mencapai tujuan dari adanya GOR, maka terdapat fasilitas yang perlu dipenuhi yaitu: 

  1. Fasilitas utama yang wajib ada dalam lingkungan bangunan GOR seperti lapangan bulutangkis, basket, futsal. 
  2. Fasilitas penunjang seperti kafe, perpustakaan, sport shop

Persyaratan GOR dengan Standar Internasional

1. Bentuk fisik bangunan

Struktur bangunan bebas kolom pada lapangannya, sehingga tidak mengganggu pemakai lapangan, jalannya pertandingan / latihan maupun visual penonton. Sehingga dibutuhkan rangka atap berbentang lebar dan atap lebar dari bahan yang ringan.

2. Suhu konstan

Ruangan yang mampu menjaga suhu konstan dan memiliki alat pengukur suhu demi kenyamanan pengguna.

3. Pencahayaan 

Memiliki pencahayaan yang jelas, sehingga perlu diperhitungkan banyak bukaan pada bangunan, ketinggiannya, serta berapa banyak lampu dan tingkat kekuatan cahaya lampu ( lux ) yang dibutuhkan maupun dimana saja lampu akan diletakkan.

4. Redam suara bising

Untuk masalah suara bising,i gaung / gema maka pada lantai dan dinding dapat dilapisi bahan yang menyerap suara dan tidak memantulkan suara, seperti bahan sintetis dari karet, kain atau plastik. Tingkat kebisingan lingkungan maksimal yang diijinkan adalah 25 db.

5. Ventilasi 

Ventilasi untuk penghawaan didalam bangunan menggunakan ventilasi alami dan ventilas mekanis agar pertukaran udara pada GOR optimal.

6. Lantai anti selip dan tidak licin

Lantai harus stabil, kuat, kaku, mampu menerima beban kejut dan beban gravitasi minimal 400 kg / m2. Permukan lantai harus rata tanpa ada celah sambungan, permukaan tidak licin dan tidak mudah aus. 

7. Dinding yang kokoh

 Permukaan dinding pada arena harus rata, tidak boleh ada tonjolan atau retak dan tidak boleh kasar. Apabila terjadi keretakan pada dinding GOR, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan injeksi semen yang dapat dibaca di artikel Beton Retak? Kenali Jenis Retakan pada Beton dan Solusinya

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor yang spesialis dalam bidang pengecatan ACP, pengecatan epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU Concrete. 

Selain sebagai kontraktor perkantoran dan rumah, kami juga berpengalaman dalam pengecatan  GOR lubuk linggau, Sumatera Selatan sehingga GOR menjadi lebih indah.

Kami juga melayani layanan PU Flooring, Floor hardener, dan Decorative Painting. Selama lebih dari 10 tahun, kami telah memberikan kualitas super dengan harga yang dapat disesuaikan dengan budget. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin memperbaiki atau melapisi fasad gedung, wall clading, partisi pembatas ruangan, atap bangunan dan kitchen set Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda secara GRATIS melalui WhatsApp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini