5 Keunggulan Lantai Epoxy Keramik dibanding Lantai Keramik

Lantai epoxy keramik
Lantai keramik
Sumber: favpng.com

Epoxy merupakan bahan yang dapat digunakan di lantai tertentu terutama pada dinding dan lantai Keramik. Penerapan cat epoxy ini dapat diaplikasikan pada ubin keramik, porselen, atau batu alam. Terutama pada akhir-akhir ini aplikasi epoxy pada keramik menjadi populer karena menjadi solusi mengubah lantai keramik tanpa harus membongkar keramik. Epoxy tentu dapat melapisi lantai agar menjadi lebih mengkilap, halus dan artistik. Sehingga membuat tampilan lantai keramik anda tidak membosankan seperti sebelumnya.

Berdasarkan estetika, epoxy keramik mungkin sama dengan keramik pada umumnya. Selain itu, lantai keramik memiliki berbagai ukuran, mudah di dapat dan memiliki berbagai pilihan warna yang menarik. Namun keramik memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, kurang tahan terhadap beban yang berat dan benturan keras. Sehingga, Mudah tergores dan retak.

Inilah kenapa pelapisan keramik dengan epoxy tidak hanya menawarkan estetika namun juga memberi perlindungan tambahan dari goresan maupun retakan. Hal ini dikarenakan, bahan dari epoxy ini merupakan bahan kimia campuran dari resin yang dihasilkan dari proses polimerisasi epoksida dan hardener. Bahan inilah yang membuat lantai epoxy keramik menjadi kuat. 

Lalu apa saja keunggulan lain dari lantai epoxy keramik dibanding dengan lantai keramik. Berikut keunggulan dari pengaplikasian epoxy di keramik:

1. Tidak Mudah Selip dan Aman

Tidak seperti lantai keramik pada umumnya. Lantai epoxy keramik memiliki sifat anti-selip sehingga memiliki keamanan yang tinggi dan mencegah bahaya tergelincir di lantai. Hal ini tentu bermanfaat bagi hunian yang memiliki balita atau lansia. Adapun untuk di industri hal ini, akan sangat diperlukan agar keamanan karyawan maksimal. Di industri tertentu yang memiliki perhatian khusus terhadap isu ini. Epoxy keramik akan menambahkan sistem lantai anti licin tambahan untuk keselamatan karyawannya

2. Pilihan Variasi Warna sesuai Kebutuhan

Lantai epoxy tersedia dengan berbagai variasi warna. Hal ini, selain menambah nilai estetika, juga memiliki beberapa fungsi yang disesuaikan dengan fungsi dari bangunan itu sendiri. Misalnya, pada bangunan industri, dapat menambahkan warna dan pola yang tepat. Sehingga, membantu dalam menentukan area aman dan terlarang, area kerja yang berbeda dalam fasilitas bangunan ataupun menambah warna khusus untuk tanda keselamatan.

Tidak hanya di industri saja. Hunian rumah pun bisa menambahkan warna khusus sesuai dengan kebutuhan ruangan atau keinginan pemilik rumah.Seperti ruang kamar yang biasanya digunakan untuk beristirahat dan menenangkan diri. Akan lebih tepat jika memilih warna-warna yang menenangkan seperti coklat, biru hingga putih.

3. Estetik dengan Desain 3D

Lantai epoxy keramik selain memiliki berbagai warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan fungsinya. Lantai epoxy juga bisa didesain dengan pola yang menarik sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi dan eksklusif. Tidak sampai di situ saja, lantai epoxy ini dapat didesain secara khusus dengan lukisan 3D (tiga dimensi) yang dapat membuat lantai anda menjadi sebuah karya seni. Lantai anda akan terlihat tidak membosankan dan menarik.

Lantai epoxy keramik
Sumber: pinterest

4. Perawatan Jangka Panjang

Keramik dengan lapisan cat epoxy memiliki daya tahan yang tinggi terhadap benturan, goresan dan retakan. Sekalipun menampung beban yang berat.  Tidak sampai disitu saja, lantai epoxy memiliki daya tahan terhadap zat kimia yang dibuktikan melalui hasil laboratorium. Anti noda dan anti jamur karena noda atau kotoran tidak mudah masuk ke lapisan permukaan yang telah dilapisi epoxy. Sehingga, membuat lantai lebih bersih.

Perawatan lantai epoxy ini pun tak perlu cara khusus. Hanya dengan menggunakan air dan sabun biasa dan lantai menjadi bersih kembali . Berbagai keunggulan dari epoxy keramik ini, membuat lantai awet dengan pemakaian yang dapat mencapai lebih dari 10 tahun. Karena keawetan dan kemudahan dalam perawatan, menjadikan lantai keramik yang dilapisi epoxy ini menjadi lebih murah.

5. Tidak Hanya untuk Industri namun juga untuk Rumah Pribadi

Pemakaian lantai epoxy keramik diperuntukkan secara luas, baik di industri maupun rumah sakit. Namun sekarang, pemakaian epoxy keramik semakin luas karena daya tahan dan keindahannya. Tidak heran, epoxy lantai banyak direkomendasikan oleh agen property untuk rumah hunian karena hasil yang membuat lantai lebih artistik, bersih dan rapi. Beberapa ruangan yang membutuhkan epoxy keramik ini seperti di kamar mandi, garasi dan dapur, karna sifat dari epoxy lantai yang anti jamur membuat lantai anda menjadi jauh lebih tahan lama. Tidak hanya terbatas di ruangan itu saja. Lantai epoxy bisa dipakai di berbagai ruangan yang diinginkan.

Baca lengkap mengenai penggunaan epoxy untuk lantai kamar mandi disini!

Itulah penjelasan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh lantai epoxy keramik. Setelah mengetahui berbagai kelebihan dari epoxy keramik, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan epoxy keramik untuk mempercantik rumah anda. Ditambah lagi, jika anda memerlukan lantai yang kuat dengan harga yang lebih murah. Epoxy keramik ini bisa menjadi jawabannya. Karena selain dapat mengurangi biaya mengganti keramik dengan keramik yang baru. Anda juga bisa mendapatkan berbagai keunggulan dari lantai epoxy keramik ini. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam mengaplikasikan epoxy ke keramik tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, harus dilakukan oleh tenaga ahli professional. Seperti Dua Insan Cemerlang yang merupakan kontraktor pengecatan dibidang epoxy lantai yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Hal ini untuk menghindari berbagai kesalahan yang biasa terjadi dalam pemasangan epoxy ke lantai. Ketika pengaplikasian epoxy dilakukan oleh tenaga ahli, hasil yang didapatkan akan lebih maksimal, seperti yang anda inginkan. 

Jangan ragu untuk menghubungi Whatsapp kami untuk konsultasi lantai epoxy keramik ini secara Gratis. Kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda. 

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini