Kenal Lebih Jauh Ragam Jenis ACP (Aluminium Composite Panel)

aluminium

Aluminium Composite Panel (ACP) telah menjadi bahan material yang sering digunakan dalam proyek konstruksi dan arsitektur modern karena keindahan dan kepraktisannya. Namun, banyaknya jenis ACP yang beredar di pasaran seringkali membingungkan para pengguna dalam memilih jenis yang tepat untuk proyek mereka. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal lebih jauh ragam jenis ACP yang ada agar dapat memilih jenis ACP yang sesuai dengan kebutuhan proyek dan memastikan hasil akhir yang memuaskan.

Apa itu Aluminium Composite Panel ?

Aluminium Composite Panel (ACP) adalah material komposit yang terbuat dari dua lembaran aluminium yang diikat bersama dengan lapisan bahan inti berupa bahan polimer. Lapisan aluminium yang menjadi permukaan ACP bisa diwarnai atau dicetak dengan berbagai pola, motif, dan warna, sehingga memberikan fleksibilitas desain dan tampilan yang menarik. Bahan inti yang digunakan pada ACP biasanya terbuat dari bahan ringan dan tahan api seperti polietilena (PE), poliuretana (PU), atau mineral-filled core (MFC) yang memberikan kekuatan dan kekakuan pada ACP. ACP sangat populer digunakan dalam industri konstruksi dan arsitektur karena ringan, mudah dibentuk, tahan korosi, dan mudah untuk dipasang.

Ada beberapa jenis Aluminium Composite Panel (ACP) yang dapat dibedakan berdasarkan lapisan cat-nya, yaitu PVDF dan PE. PVDF atau poly de fluoride adalah termoplastik yang memiliki ketahanan terhadap asam dan basa. Jenis ACP PVDF ini biasanya digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan karena tahan terhadap segala jenis cuaca dan warnanya lebih tahan lama meskipun terkena hujan dan panas. Sedangkan PE atau polyster banyak digunakan untuk aplikasi interior bangunan dan lebih murah di pasaran karena menggunakan lapisan cat yang lebih tipis hanya satu kali. Ada beberapa merek ACP yang tersedia di pasaran, seperti Alcotuff untuk ACP tahan api dan Decobond untuk ACP tipe PE.

Kegunaan Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel (ACP) memiliki beragam kegunaan di industri konstruksi dan arsitektur, di antaranya:

1. Fasad bangunan:

ACP digunakan sebagai pelapis dinding luar bangunan untuk memberikan tampilan yang modern, tahan lama, dan mudah perawatannya.

1. Penutup atap:

ACP juga dapat digunakan sebagai penutup atap yang ringan, mudah dipasang, dan tahan lama.

2. Partisi ruangan:

ACP digunakan sebagai partisi ruangan atau pembatas ruangan karena mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

3. Papan reklame:

ACP sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan papan reklame karena tahan lama dan tampilannya yang menarik.

4. Interior design:

ACP dapat digunakan sebagai bahan dekoratif untuk interior design karena fleksibilitasnya dalam pemotongan dan bentuk, serta tampilannya yang elegan dan modern.

Dengan kegunaannya yang beragam, ACP menjadi salah satu bahan material yang populer dan banyak digunakan pada proyek konstruksi dan arsitektur modern.

aluminium composite panel
Source : Pexels

Aplikasi Aluminium Composite Panel

1. Fasad gedung:

ACP sering digunakan sebagai pelapis dinding luar gedung untuk memberikan tampilan yang elegan dan tahan lama.

2. Wall cladding luar ruangan pada gedung bertingkat:

ACP digunakan sebagai pelapis dinding luar pada gedung bertingkat untuk memberikan tampilan yang modern

3. Kanopi:

ACP dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kanopi atau pelindung atap teras yang ringan dan mudah dipasang.

4. Panel partisi:

ACP sering digunakan sebagai panel partisi dalam bangunan untuk membagi ruangan secara estetis dan fungsional.

5. Kitchen set:

ACP dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kitchen set dengan tampilan yang modern dan elegan.

Motif & Warna Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel (ACP) tersedia dalam berbagai pilihan pola, tekstur, dan warna. Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing pilihan:

1. Pola:

ACP dapat memiliki pola geometris, garis-garis, atau gambar abstrak yang dapat memberikan tampilan visual yang menarik pada bangunan.

2. Tekstur:

ACP tersedia dalam berbagai tekstur, seperti polos, tekstur kayu, tekstur batu, dan brushed metal. Tekstur ACP dapat memberikan efek visual yang menarik pada bangunan atau proyek arsitektur.

3. Warna:

ACP tersedia dalam berbagai warna seperti putih, hitam, abu-abu, biru, hijau, merah, kuning, coklat, perak, dan emas. Warna-warna ini dapat disesuaikan dengan desain atau tema bangunan atau proyek arsitektur. ACP juga tersedia dalam berbagai gradasi warna atau warna khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Semua pilihan pola, tekstur, dan warna pada ACP dapat disesuaikan dengan kebutuhan desain atau tema proyek arsitektur. Selain itu, pilihan pola, tekstur, dan warna yang tepat dapat memberikan tampilan visual yang menarik pada bangunan atau proyek arsitektur dan meningkatkan daya tariknya. ACP ini selalu menjadi pilihan favorit karena banyak sekali keuntungan menggunakan acp.

Baca juga : Jangan Asal Pilih! 7 Jenis Waterproofing pada Bangunan

Profil Dua Insan Cemerlang

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor yang spesialis dalam bidang pengecatan ACP, pengecatan epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU Concrete. Kami juga melayani layanan PU Flooring, Floor hardener, dan Decorative Painting. Selama lebih dari 10 tahun, kami telah memberikan kualitas super dengan harga yang dapat disesuaikan dengan budget. Oleh karena itu, jika Anda ingin memperbaiki atau melapisi fasad gedung, wall clading, partisi pembatas ruangan, atap bangunan dan kitchen set Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda secara GRATIS melalui WhatsApp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini