Bongkar Biaya renovasi kamar mandi sederhana anti mahal!

kamar mandi dibongkar

Renovasi kamar mandi menjadi salah satu hal yang penting karena kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling sering digunakan sehari-hari. Manusia menggunakan kamar mandi setidaknya sekali untuk mandi dan tiga kali untuk buang air setiap harinya, sehingga kenyamanan dalam kamar mandi sangat diutamakan. Dalam melakukan renovasi kamar mandi setidaknya dibutuhkan waktu tujuh hari.. Waktunya juga bisa menjadi lebih cepat dan lebih lambat disesuaikan dengan desain yang kamu mau.

Renovasi kamar mandi seringkali dilakukan oleh pemilik bangunan untuk menambah kenyamanan dan memberikan suasana baru. Beberapa pemilik bangunan kadang berpikir bahwa renovasi kamar mandi selalu identik dengan biaya yang mahal, padahal Anda bisa melakukan renovasi kamar mandi sederhana yang sesuai dengan budget Anda. Enggak percaya? Baca artikel ini sampai habis ya! 

5 Alasan Umum Dilakukannya Renovasi Kamar Mandi

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat pemilik bangunan memutuskan untuk melakukan renovasi kamar mand, yaitui:

1. Lantai dan Dinding Kamar Mandi Menguning atau Menghitam

Berubahnya warna pada dinding kamar mandi tentunya merupakan tanda bahwa kamar mandi sudah lama digunakan dan perlu untuk dilakukan pembaharuan. Terkadang walaupun sudah dibersihkan, tetap saja lantai dan dinding kamar mandi yang sudah lama digunakan akan tetap menguning dan menghitam karena adanya jamur dan lumut yang sudah mengerak.

2. Kamar Mandi Bau dan Pengap 

Kamar mandi yang seperti ini bukan hanya tidak membuat nyaman, tetapi juga menyebalkan dan menyebabkan penyakit. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya sistem pergerakan keluar masuknya udara.

3. Tembok Kamar Mandi Gampang Berlumut

Tembok kamar mandi yang lembab biasanya akan mudah muncul lumut apalagi kalau temboknya tidak dipasang keramik. Lumut ini kalau tidak rajin dibersihkan akan mengerak dan jadi semakin sulit untuk dibersihkan.

4. Alat Mandi Berantakan

Kamar mandi yang berantakan biasanya disebabkan oleh kurangnya manajemen dalam menata kamar mandi yang baik. Kamar mandi didesain tidak hanya untuk meletakkan shower dan keran air saja, tapi juga perlunya sistem penataan yang apik untuk peralatan kamar mandi seperti shampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan lain sebagainya agar tidak berserakan.

5. Ornamen Kamar Mandi yang Tua dan Usang 

Ornamen kamar mandi seperti keran, shower, cermin, wastafel lambat laun akan mengalami perubahan seperti mengelupas, berkarat, berjamur, dan lainnya. Dengan melakukan renovasi, maka ornamen-ornamen tua tersebut bisa diubah sedemikian rupa dan memberikan penampilan yang baru untuk kamar mandi Anda.

Sebelum renovasi ulang, Simak dulu desain keramik kamar mandi minimalis di artikel ini!

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Renovasi Kamar Mandi

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada kamar mandi Anda, yaitu:

1. Mengatasi Lantai dan Dinding Kamar Mandi yang Menguning dan Menghitam

Mencari solusi atas lantai dan dinding kamar mandi yang kotor biasanya akan muncul ide untuk menggantinya. Itu tidak salah, tetapi itu akan menghabiskan biaya yang besar. Padahal, Anda bisa mencari solusi lain dengan biaya yang lebih murah, salah satunya adalah dengan melakukan pengecatan epoxy pada lantai dan dinding kamar mandi.

Cat epoxy akan membuat lantai menjadi lebih mengkilap seperti baru. Cat jenis ini lebih tebal daripada cat biasa dan dipakai pada lantai, dinding keramik, logam, dan lain sebagainya. Adapun biaya cat epoxy biasanya mulai dari Rp 98.000 per kaleng. 

2. Mengatasi Bau dan Pengap

Anda bisa mengatasi kamar mandi pengap dan bau dengan beberapa sentuhan cerdas ketika melakukan renovasi. Anda bisa membuat ventilasi sederhana yang tidak memerlukan biaya yang besar, hanya perlu jasa dan tembok ventilasi yang murah. Harga ventilasi paling murah mulai dari Rp15.000 saja.

Selain membuat ventilasi sederhana, Anda juga bisa memakai exhaust fan. Kipas jenis ini bisa mengurangi kelembaban dengan membantu pergerakan udara dalam kamar mandi. Harganya mulai dari Rp 135.000. Jika kedua elemen tersebut sudah terpasang, maka cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi bau pada kamar mandi adalah dengan memasang pengharum ruangan yang memiliki harga sekitar Rp60.000.

3. Mengatasi Lumut pada Tembok Kamar Mandi

Dinding kamar mandi yang masih dalam bentuk tembok dan belum dikeramik apalagi selalu dalam keadaan lembab, biasanya akan mengundang lumut untuk tumbuh dan sangat sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, Anda bisa memasang keramik pada tembok kamar mandi Anda. Penggunaan keramik dapat mengurangi munculnya lumut pada tembok dan akan semakin memperindah kamar mandi Anda. Adapun harga keramik satu dus bisa didapatkan mulai dari Rp60.000.

Kalau Anda punya budget berlebih, Anda bisa melapisi bangunan kamar mandi Anda dengan waterproofing sebelum dikeramik. Waterproofing bisa membuat bangunan Anda lebih awet karena anti rembesan dan bocor. Anda juga bisa meminimalisir kelembaban kamar mandi, sehingga bisa menekan munculnya lumut dan jamur. Jasa waterproofing mulai dari Rp 35.000 saja per m2. 

4. Mengatasi Kamar Mandi yang Berantakan

Kamar mandi yang sudah direnovasi tentu membutuhkan tempat yang bisa meletakkan peralatan kamar mandi agar bisa rapi dan bersih. Tempat tersebut bisa berupa tempat penyimpanan yang biasa ditempel di dinding kamar mandi. Anda bisa dapatkan dengan harga sekitar Rp200 ribuan saja.

5. Mengatasi Ornamen Kamar Mandi yang Tua dan Usang

Keran, shower, wastafel, dan cermin yang sudah usang biasanya memberikan kesan kusam pada kamar mandi. Ornamen-ornamen tersebut bisa diganti agar dapat memperindah kamar mandi. Tetapi kalau Anda ingin lebih hemat, Anda bisa mengamplas dan mengecat beberapa ornamen tersebut agar terlihat seperti baru. Khusus keran, shower, dan wastafel yang terbuat dari besi dan logam baiknya diberi cat primer besi setelah diamplas, untuk kemudian dicat menggunakan cat besi. Anda bisa mendapatkan primer cat besi seharga Rp 60.000 per kaleng dan cat besi seharga Rp 56.000 per kaleng. 

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana

Durasi pengerjaan renovasi kamar mandi bergantung pada luasan areanya. Misalnya kamar mandi berukuran 1,5 x 1,8 meter bisa dikerjakan dengan waktu satu minggu dan dengan estimasi biaya sebagai berikut:

Nama BarangHargaJumlahTotal
Cat epoxyRp98.0004 kalengRp392.000
Dinding ventilasi betonRp15.0004 bijiRp60.000
Exhaust fanRp135.0001 bijiRp135.000
Pengharum ruanganRp60.0001 bijiRp60.000
Keramik dindingRp60.0008 dusRp480.000
Keramik LantaiRp60.0003 dusRp90.000
Primer cat besiRp 60.0001 kalengRp 60.000
Cat besiRp 56.0001 kalengRp 56.000
Cermin 60 x 40 cmRp 95.0001 bijiRp 95.000
Rak dinding kamar mandiRp200.0001 bijiRp200.000
TOTALRp 1.628.000

Jasa Cat Epoxy Terpercaya 

Untuk melakukan renovasi kamar mandi menggunakan pengecatan epoxy terpercaya, ada penyedia jasa yang bisa membantu Anda dengan hasil kinclong seperti baru, yaitu jasa pengecatan Dua Insan Cemerlang. Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor pengecatan di bidang epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU concrete. 

Jika Anda memiliki banyak project renovasi kamar mandi tapi ingin menekan biaya, Anda bisa menggunakan cat epoxy pada dinding dan lantai kamar mandi agar terlihat seperti baru tanpa mengganti keramik yang sudah ada. Jika Anda menginginkan kamar mandi yang awet tanpa bocor, Anda juga bisa mempercayakan Dua Insan Cemerlang untuk melapisi kamar mandi Anda dengan waterproofing agar tahan rembesan dan tahan lama.

Kalau Anda penasaran dengan layanan kami, Anda bisa menghubungi kami dan dapatkan konsultasi secara GRATIS mengenai kebutuhan dan keinginan Anda untuk bangunan Anda. Mari berbicara tentang kebutuhan Anda bersama kami sekarang!

Berapa lama pengerjaan renovasi kamar mandi?

Durasi pengerjaan renovasi kamar mandi bergantung pada luasan areanya, tapi biasanya bisa dikerjakan dalam waktu satu minggu.

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini