QLASSIC Handbook Cara Cek Defect Rumah Baru, Simak Disini!

contoh rumah

Membeli atau menerima rumah baru dapat menjadi investasi besar bagi kebanyakan orang. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa rumah tersebut memenuhi standar kualitas dan bebas dari kecacatan. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan cara cek defect rumah baru sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membelinya. 

Pemeriksaan 7 Bagian Penting Rumah Baru

contoh tembok terkelupas

Berikut adalah 7 bagian yang perlu diperiksa saat membeli atau memeriksa rumah baru:

  1. Struktur bangunan

Ini termasuk dinding, atap, pondasi, dan struktur lainnya yang membentuk rumah. Pastikan tidak ada keretakan, kebocoran, atau kecacatan lain yang signifikan pada struktur bangunan. 

  1. Kelistrikan

Pemeriksaan kelistrikan sangat penting karena dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan penghuni rumah, dimana instalasi listrik harus sesuai dengan standar dan tidak ada kabel yang terkelupas atau kabel yang tidak terhubung dengan benar.

  1. Plumbing

Pastikan bahwa sistem plumbing berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran pada pipa atau keran. Periksa pula aliran air di seluruh rumah, termasuk shower dan toilet.

  1. Ventilasi

Ventilasi yang baik sangat penting untuk memastikan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. 

  1. Pintu dan Jendela

Periksa apakah pintu dan jendela dapat dibuka dan ditutup dengan mudah serta apakah terdapat kebocoran atau keretakan pada bagian kaca atau rangka.

  1. Lantai

Lakukan pengecekan pada lantai apakah terpasang dengan baik dan tidak ada keretakan atau kecacatan yang signifikan. 

  1. Cat 

Lihat cat dinding dan plafon apakah terpasang dengan baik dan tidak ada yang terkelupas atau bocor. 

Baca juga: Jasa Perbaikan Tembok Bangunan Retak, Mudah dan Terjangkau

QLASSIC: Standar Penilaian Kualitas Bangunan

QLASSIC adalah singkatan dari Quality Assessment System for Building Construction Works yang merupakan sebuah sistem penilaian kualitas bangunan yang dibuat oleh Construction Industry Development Board (CIDB) Malaysia. Sistem ini digunakan untuk menilai kualitas bangunan berdasarkan sejumlah parameter yang telah ditetapkan, seperti fungsi, keamanan, kesehatan, dan kenyamanan. QLASSIC dirancang untuk membantu meningkatkan kualitas bangunan dan mendorong perbaikan terus-menerus pada konstruksi bangunan. Sistem penilaian ini telah diterapkan di berbagai negara di Asia dan telah menjadi salah satu standar penilaian kualitas bangunan terkemuka di dunia.

QLASSIC Handbook dapat membantu dalam melakukan pemeriksaan dan mengevaluasi kecacatan yang terdapat pada rumah baru. Penting untuk melakukan pemeriksaan yang cermat dan teliti untuk memastikan bahwa rumah baru Anda memiliki kualitas bangunan yang baik dan bebas dari kecacatan yang signifikan.

Tips Penting Melakukan Pemeriksaan Rumah Baru

Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu Anda melakukan pemeriksaan kecacatan pada rumah baru dengan lebih efektif:

  • Buatlah daftar periksaan yang lengkap dan terperinci, termasuk bagian-bagian yang perlu diperiksa dan parameter yang harus dipenuhi.
  • Perhatikan setiap detail dan tanda-tanda kecacatan, termasuk retakan, bau yang tidak sedap, atau suara-suara yang tidak wajar.
  • Lakukan pemeriksaan bersama dengan seseorang yang ahli dalam bidang konstruksi atau arsitektur jika diperlukan.
  • Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk membeli atau menerima rumah baru, pastikan untuk melakukan pemeriksaan yang teliti dan mendalam untuk memastikan kualitas bangunan yang baik.

Alat Penting untuk Pemeriksaan Rumah Baru

Melakukan pemeriksaan rumah baru sebelum membelinya adalah penting untuk memastikan bahwa rumah tersebut dalam kondisi baik dan tidak memiliki masalah yang mungkin menyebabkan kerugian atau bahaya bagi penghuni rumah. Berikut adalah beberapa alat penting yang dapat digunakan saat melakukan pemeriksaan rumah baru:

  • Kamera dapat memudahkan Anda mengambil gambar dan video dari setiap sudut rumah dan mendeteksi masalah seperti kebocoran atau kerusakan.
  • Pita pelekat (masking tape) sangat penting untuk menandai bagian rumah yang mengalami kerusakan.
  • Meteran dibutuhkan untuk mengukur kerusakan pada beberapa bagian ruangan tertentu seperti retakan pada dinding atau kebocoran pipa. Ukuran tersebut dapat dicatat sebagai bukti pemeriksaan.
  • Buku catatan diperlukan untuk mencatat setiap kecacatan atau defect yang ditemukan pada rumah baru. Pastikan untuk mencatat lokasi di mana kecacatan atau defect tersebut terletak agar lebih mudah untuk melakukan perbaikan di kemudian hari.

Kalau lantai kamu memiliki kebocoran, kamu bisa melihat tips mengatasi nya di artikel waterproofing untuk bangunan di sini

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini