Hal Penting Pembuatan Jogging Track di Kota Besar

jogging track

Jogging track adalah fasilitas olahraga yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk berlari atau jogging. Fasilitas ini biasanya berupa jalur berbentuk lingkaran atau oval yang terbuat dari bahan khusus yang lebih lembut dan fleksibel dibandingkan dengan bahan aspal atau beton biasa. 

Fasilitas jogging track banyak ditemukan di berbagai tempat, termasuk di taman kota, sekolah, universitas. Selain berfungsi untuk fasilitas olahraga, secara ekonomi jogging track memiliki fungsi untuk ruang terbuka di kota besar khususnya di Jakarta. 

Fasilitas ruang terbuka hijau guna memfasilitasi masyarakat yang ingin berolahraga. Selain itu, jogging track juga biasanya terdapat di pusat kebugaran atau gym tertentu untuk memfasilitasi aktivitas kardio bagi pelanggannya.

Lintasan Jogging Track 

Jogging track terbuat dari bahan khusus yang lebih lembut dibandingkan dengan bahan aspal atau beton biasa. Hal ini membuat jogging track lebih aman bagi kaki dan persendian ketika digunakan untuk berlari atau jogging. Selain itu, bahan khusus ini juga lebih ramah lingkungan karena bisa menyerap air lebih baik dan mengurangi suara yang dihasilkan ketika kaki menginjak permukaan.

Selain itu, jogging track juga lebih fleksibel karena bisa digunakan pada waktu yang berbeda-beda. Selama siang hari, jogging track biasanya digunakan oleh pelari atau jogger yang ingin berolahraga di bawah sinar matahari. Pada malam hari, jogging track dilengkapi dengan lampu yang memungkinkan pengguna yang berstatus pekerja kantoran bisa melatih otot mereka setelah seharian bekerja. 

Dengan manfaat dan kegunaan yang mendukung kesehatan pengguna, dibutuhkan perlakuan khusus saat mendesain jogging track salah satunya adalah dengan memilih cat lintasan jogging track yang anti selip sehingga bisa menjamin keamanan dari pengguna seperti Cat lintasan jogging track rekomendasi berikut.

Perbedaan Running dan Jogging 

Siapa yang menyangka bawa running dan jogging memiliki arti yang berbeda. Terdapat beberapa perbedaan antara “running” dan “jogging” yaitu pada klasifikasi kecepatan keduanya. 

Kecepatan adalah salah satu perbedaan utama antara keduanya. Dimana “running” dianggap sebagai gerakan dengan kecepatan antara sedang hingga tinggi, dengan kecepatan rata-rata sekitar 6 menit per mil (10 menit per km). Di bawah kecepatan ini, biasanya disebut sebagai “jogging”.

Namun, berdasarkan sumber lain juga menyebutkan bahwa kecepatan lari tidak selalu 6 menit per mil dan dapat bervariasi tergantung pada individu. Namun, kecepatan rata-rata di atas 9,6 km/jam dianggap sebagai “running”.

Sedangkan kecepatan di bawah ini masih dianggap sebagai “jogging”. Dapat disimpulkan bahwaa jogging diartikan sebagai kegiatan berlari dengan gerakan yang lebih lambat, dan di bawah kecepatan 9,6 km/jam.

Selain kecepatan, terdapat perbedaan lain antara “running” dan “jogging”. Jogging lebih menekankan pada stamina dan daya tahan, sementara “running” lebih menekankan pada kecepatan. I

Ini berarti tubuh dilatih untuk menghemat energi agar bisa berlari jauh dan lama saat jogging, sedangkan saat “running” otot di tubuh lebih banyak bekerja keras. Meskipun begitu, kedua kegiatan ini memiliki manfaat kesehatan yang sama, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan.

Standart Pembuatan Jogging Track yang Aman

Berdasarkan datra.id, ada 9 hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat lintasan lari yang bertujuan untuk memenuhi standar performa seperti ketahanan terhadap goresa, perubahan suhu, tekana, sinar ultra violet (UV), spike damage dan air. 

Ketahanan ini mempengaruhi durasi atau lamanya masa pemakaian, berdasarkan standart World Athletics hal yang perlu diperhatikan antara lain: 

  1. Tensile Properties 

Terkait pemilihan bahan untuk lintasan dari segi ukuran, bahan, proporsi serta pemasangannya. Hal ini untuk menjamin ketahanan pemakaian dalam waktu lama, tes yang dilakukan dengan EN 12230. 

  1. Color

Tidak ada keharusan warna tertentu, namun World Athletics menggunakan warna merah pada lintasan dengan garis putih. Penting untuk memperhatikan kerataan pewarnaan pada seluruh area lintasan lari. 

  1. Thickness

Ketebalan yang disarankan dari lintasan lari mulai dari 10mm dengan permukaan rata.   

Panjang Lintasan Jogging Track 

Tidak ada spesifikasi dan syarat khusus mengenai panjang lintasan jogging track, khususnya di Indonesia. Beberapa contoh lintasan jogging track yang bisa ditemui: 

  1. Jogging track di atap Stadion JIS memiliki panjang keliling 950 meter
  2. Jogging track Saraga Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki seluas 43.816 m2
  3. Tanjung Lipat Jogging Track di Sabah memiliki panjang rute sekitar 4 km

Ada juga bisa mencoba jogging track lainnya yang cukup populer di Jakarta seperti area jogging di Gelora Bung Karno (GBK) dan area lainnya pada 13 Rekomendasi Jogging Track Jakarta, Wajib Coba!

Namun jika terkait perlombaan lari, maka panjang lintasan mengikuti dari kategori lari yang diperlombakan. 

  1. Lari Sprint (Jarak Pendek)

Lintasan lari jarak pendek atau sprint memiliki jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter sesuai dengan kategori perlombaan tersebut.

  1. Lari Jarak Menengah 

Dengan jarak antara 800 dan 1.500 meter dan tidak membutuhkan alat bantu pada garis start, karena pelari memakai teknik start berdiri. 

  1. Lari Jarak Jauh 

Lintasan ini memiliki jarak sejauh 3.000 meter, 5.000 meter, dan 10.000 meter. 

desain jogging track
Source: kompas

Jasa Profesional Pengecatan Lintasan Jogging Track 

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor pengecatan profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan telah menyelesaikan lebih dari 80 proyek pengecatan. Kami menyediakan jasa cat lapangan berkualitas dengan harga fleksibel. Anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp (08111268469) untuk konsultasi GRATIS. 

Kami akan melakukan survey lokasi dan memberikan solusi terbaik sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Harga pengecatan lapangan bergantung pada jenis dan luas lapangan, merk cat, mutu produk, dan kecepatan pengerjaan. Setelah kita sepakat, tim Dua Insan Cemerlang akan mulai mengerjakan proyek sesuai kesepakatan dan memberikan garansi di setiap pekerjaan sesuai kondisi. Lihat hasil proyek kami di sini dan konsultasikan lapangan outdoor impian Anda sekarang juga!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini