Tips Cat Lapangan Futsal Aman dan Estetik bagi Pecinta Bola

lapangan futsal

Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan media sosial, popularitas futsal di Indonesia semakin meningkat. Popularitas futsal inilah yang membuat infrastruktur lapangan futsal diperlukan. 

Banyak orang khususnya anak muda mencari lapangan futsal yang aman dan nyaman untuk menyalurkan hobi dan kecintaan pada olahraga futsal. Lapangan yang aman sangat bergantung pada lantai lapangan futsal sehingga, cat lapangan yang digunakan selain indah harus memperhatikan keamanan pemain.

Perbedaan Lapangan Futsal dan Sepak Bola

Futsal yang juga dikenal sebagai sepak bola dalam ruangan adalah olahraga yang dimainkan di lapangan dalam ruangan dengan ukuran lapangan yang lebih kecil daripada lapangan sepak bola. Olahraga ini berasal dari Amerika Selatan pada awal 1930-an dan saat ini telah menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia termasuk Indonesia

Berbeda dengan lapangan sepak bola reguler, lapangan futsal biasanya lebih kecil dan digunakan untuk pertandingan antar tim kecil yang terdiri dari lima pemain di masing-masing tim. Di samping itu, lapangan futsal juga dapat berada indoor maupun outdoor. 

Lapangan futsal umumnya terbuat dari bahan sintetis yang tahan lama. Ada beberapa jenis lantai tergantung dari bahan yang digunakan. Seperti permukaan futsal yang menggunakan rumput sintetis yang dapat mencengkram sepatu dengan baik dan Lapangan yanhg dilapisi dengan cat lapangan.

Spesifikasi Lapangan Futsal

Lapangan futsal merupakan arena tempat bermain bagi para pemain futsal dan memiliki perbedaan spesifikasi dengan lapangan sepak bola. Sehingga, Lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dari lapangan sepak bola. Berikut ini adalah spesifikasi lapangan futsal yang harus dipenuhi:

1. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan futsal harus memiliki panjang antara 38-42 meter dan lebar antara 18-25 meter. Ukuran standar lapangan futsal adalah 40 x 20 meter.

2. Permukaan Lapangan

Lapangan futsal harus memiliki permukaan yang datar dan keras untuk meminimalkan resiko cedera dan meningkatkan kualitas permainan. Permukaan lapangan harus terbuat dari material yang tepat. Seperti lantai Epoxy tebal dan vinyl.

3. Garis Lapangan

Lapangan futsal memiliki lima garis yang terdiri dari garis tepi, garis tengah, dan tiga garis kotak penalti. Garis tepi adalah garis terluar lapangan yang membentuk persegi panjang. Garis tengah berada di tengah lapangan dan membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama besar. Tiga garis kotak penalti adalah garis lurus yang membentuk kotak di depan gawang. Ukuran kotak penalti harus memiliki lebar 6 meter dan panjang 10 meter dari garis gawang.

4. Gawang

Gawang lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dari gawang sepak bola. Tinggi gawang adalah 2 meter dan lebarnya adalah 3 meter. Pada setiap gawang terdapat sebuah jaring yang dipasang di kedua sisi.

5. Bola

Bola futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dari bola sepak bola. Ukuran bola futsal adalah 62-64 cm (keliling) dan memiliki berat antara 400-440 gram.

6. Pencahayaan

Pencahayaan lapangan futsal harus mencukupi agar para pemain dapat melihat bola dengan jelas. Pencahayaan minimal harus mencapai 500 lux. Maka akan menjadi bisnis yang menguntungkan bagi pebisnis.

Masalah – Masalah Umum Lapangan Futsal

lapangan untuk futsal
Photo by Andras Vas on Unsplash

Sebagai arena olahraga yang cukup populer, lapangan futsal seringkali dihadapkan pada beberapa masalah umum yang dapat memengaruhi pengalaman para pemain saat bermain. Berikut ini adalah masalah umum yang sering terjadi pada lapangan futsal:

1. Kondisi Permukaan Lapangan

Kondisi permukaan lapangan futsal yang tidak rata atau terlalu licin dapat memengaruhi permainan dan meningkatkan risiko cedera. Permukaan lapangan yang terlalu keras juga dapat membuat para pemain lebih mudah merasakan lelah saat bermain. Oleh karena itu, pengelola lapangan harus memastikan bahwa permukaan lapangan selalu dalam kondisi yang optimal untuk meminimalkan risiko cedera dan memberikan kenyamanan bagi para pemain.

2. Pencahayaan yang Kurang

Pencahayaan yang kurang dapat mengganggu pandangan para pemain dan dapat memengaruhi kualitas permainan. Kondisi pencahayaan yang buruk juga dapat meningkatkan risiko cedera akibat ketidakmampuan para pemain melihat bola dengan jelas.

3.  Kurangnya Fasilitas

Kurangnya fasilitas seperti kamar mandi, tempat parkir, atau tempat duduk dapat mengganggu kenyamanan dan pengalaman para pemain dan penonton. Oleh karena itu, pengelola lapangan harus menyediakan fasilitas yang memadai untuk menjamin kenyamanan para pemain dan penonton.

Cat untuk lapangan futsal

Cat lapangan futsal adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas dan keamanan dari lapangan futsal. Selain memberikan keindahan dan daya tarik secara visual, cat juga harus memiliki sifat tahan lama untuk menahan tekanan dan gesekan dari bola dan sepatu. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih cat untuk lapangan futsal, antara lain 

Tahan lama, anti slip, mudah dibersihkan, dan tidak beracun.  

Dalam pemilihan jenis cat untuk lapangan futsal, ada beberapa jenis cat yang umum digunakan yaitu: 

1. Cat Air 

Cat air bisa digunakan pada lapangan futsal indoor. Karna mudah saat di aplikasikan dan tidak beracun. Namun, cat air tidak tahan terhadap air dan mudah aus.

2. Cat Akrilik 

Cat akrilik adalah cat yang cepat kering dan mudah diaplikasikan. Meskipun cat ini lebih kuat dari cat air dan tahan lama. Namun, cat akrilik memiliki kelemahan yaitu tingkat ketahanan yang rendah pada tekanan dan gesekan. Akan tetapi, cat akrilik tetap populer karena memiliki berbagai warna yang cerah.

3. Cat Epoxy 

Cat epoksi adalah cat yang paling sering digunakan untuk lapangan futsal. Cat ini terbuat dari bahan yang tahan lama dan tahan terhadap goresan, gesekan dan noda. Cat epoksi juga dapat tahan terhadap panas, sinar UV, dan tekanan dari bola yang terus-menerus menghantam permukaan lapangan. Sehingga, lapangan terawat dalam waktu lama. Selain untuk lapangan futsal, cat lapangan ini juga biasa digunakan untuk berbagai lapangan olahraga seperti Jogging Track, Bulu Tangkis dan Basket.

Tidak sampai disitu, cat epoksi tersedia dalam berbagai warna yang cerah, sehingga membuat lapangan futsal menjadi lebih estetik. Cat Epoxy juga memiki sifat anti slip. Inilah yang membuat cat epoxy sangat aman untuk pemain, karna membuat lapangan menjadi tidak licin dan membahayakan. Jika, kamu menginginkan lapanganmu estetik, aman untuk pengguna, dan tahan lama maka cat Epoxy ini bisa menjadi pilihan untuk anda

Jasa Profesional Dua Insan

Jika Anda menginginkan hasil yang memuaskan, estetik, dan pastinya tahan lama  untuk cat pada lapangan futsal. Anda dapat menyerahkan pada tenaga profesional yang telah berpengalaman dalam melakukan cat lapangan dan Dua Insan Cemerlang dapat menjadi solusi. Dua Insan Cemerlang adalah Kotraktor pengecatan di bidang epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU concrete yang berpengalaman lebih dari 10 tahun. 

Kami juga memberikan Product yang berkualitas dan hasil yang terbaik seperti yang anda ingnkan, dengan harga yang kompetitif. Tidak sampai disitu, kami juga menyediakan garansi sehingga anda dapat merasa tenang dalam menggunakan jasa kami. Jadi Tunggu Apa Lagi? Segera konsultasikan Keperluanmu secara dengan menghubungi WHATSAPP kami.

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini