Jangan Terlewat 7 Hal Ini dalam Desain Kost Minimalis Modern

Illustrasi Desain Kos-Kosan minimalis modern

Peluang Bisnis Kosan

Bisnis kosan tetap banyak diminati karena tingginya permintaan, keuntungan jangka panjang yang bersifat pasif, serta pengelolaan yang tergolong mudah. Tidak hanya itu, keuntungan tersebut juga dapat ditingkatkan dengan penempatan kost yang strategis, fasilitas tambahan yang disediakan, dan desain yang menarik semisal desain kos-kosan minimalis modern. Namun, ada banyak orang yang bingung harus mulai dari mana untuk bisnis kos-kosan ini. Apakah dari model kos-kosannnya atau desainnya?

Desain kos-kosan minimalis modern sudah lama menjadi favorit karena bersifat simpel tapi menarik, membuat hunian terasa lebih luas, mudah dibersihkan, dan memberikan suasana yang menenangkan dan nyaman. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan desain. Berikut adalah 7 hal esensial yang harus dipertimbangkan.

Hal Penting Yang Perlu di Perhatikan dalam Desain Kostan

1. Kekuatan Bangunan

Sebelum memikirkan tentang desain, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa bangunan kost sudah anti rembes maupun bocor untuk mencegah kerusakan gedung di kemudian hari. Ada baiknya untuk mempekerjakan tenaga profesional untuk mengaplikasikan waterproofing yang tepat agar bangunan Anda lebih awet.

2. Sesuaikan Desain dengan Target Market

Setelah memperkuat bangunan Anda dengan bantuan waterproofing, Anda dapat mulai memikirkan desain yang sesuai denganselera dan kebutuhan target pasar. Sebagai contoh, desain untuk pekerja kantoran dapat dibuat agar lebih elegan sedangkan desain untuk kalangan mahasiswa mungkin akan lebih menonjolkan suasana yang terkesan kekinian.

Baca selengkapnya mengenai kos-kosan disini!

3. Sesuaikan dengan Value Proposition

Tergantung dari Value Proposition yang dipilih, ada beberapa pilihan desain yang mungkin cocok untuk kost Anda. Misal, desain minimalis yang bersifat simpel dan elegan dapat digunakan untuk Value Proposition yang mempromosikan kebersihan dan ketenangan, desain vintage atau rustic untuk estetika klasik, atau desain go green untuk keasrian.

4. Pilih Desain yang Sederhana tapi Timeless

Daripada Anda harus terus mengganti warna cat, ornamen dinding, tanaman hias, dan lainnya karena mengikuti tren tahunan, akan lebih baik jika Anda memilih desain yang sederhana namun tak lekang oleh waktu. Misal, desain minimalis modern yang menggunakan warna natural dan dekorasi yang bersifat tenang untuk menghasilkan hasil akhir yang terkesan bersih.

5. Pilih Desain yang Awet

Selain dari segi estetika dan strategi pemasaran, Anda juga harus mempertimbangkan desain dari segi keawetannya. Untuk mengurangi biaya pemeliharaan, pastikan desain Anda tahan lama dan tidak mudah rusak. Misal, dengan menggunakan cat epoxy lantai yang memiliki daya tahan tinggi, anti gores, dan terlihat indah dengan efek glossy yang terkesan mewah dan elegan.

6. Pilih Desain yang Sesuai Budget

Hindari desain yang yang terlalu mahal dan cari alternatif lain yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas. Memang lebih mudah secara ucapan saja, namun sebenarnya cat epoxy juga dapat membantu Anda dari segi ekonomis ini. Cat epoxy dalam proyek skala besar seperti rumah kost, memiliki harga yang tergolong cukup terjangkau.

7. Jangan Lupakan Fungsionalitas

Poin terakhir yang tidak boleh terlupakan, jangan sampai mengabaikan fungsionalitas desain untuk kepentingan estetik. Anda harus memastikan bahwa semua kebutuhan calon penghuni sudah terpenuhi secara optimal dengan tata letak yang efisien.

Jangan sampai Anda mengorbankan kenyamanan penghuni dengan membangun kamar kost di bawah ukuran standar hanya untuk menghemat tempat. Ukuran kamar kos yang ideal akan bergantung pada kebutuhan ruang gerak dan furniture calon penghuni. Kamar kos secara standar berukuran 3×3 atau paling kecil 2,5×3 meter.

5 Contoh Desain Kos Kosan Minimalis Modern

1. Rumah Kost Minimalis Balok

Contoh Rumah Kost Minimalis Balok

Sumber: Contoh Rumah Kost Minimalis Balok

Seperti namanya, desain ini memiliki bentuk seperti balok dengan atap yang datar. Biasa memadukan warna netral seperti krem, cokelat, dan abu-abu. Desain ini mempergunakan dekorasi yang simpel namun memikat untuk memberikan kesan bersih. Untuk desain kost 2 lantai minimalis modern, diharapkan untuk memasang railing balkon agar tidak terjadi kecelakaan.

2. Rumah Kost Minimalis Letter U

Contoh Rumah Kost Minimalis Letter U

Sumber: Contoh Rumah Kost Minimalis Letter U

Desain rumah kos-kosan minimalis modern ini dapat digunakan bagi Anda yang ingin merintis bisnis kost di lahan sempit memanjang. Mengikuti bentuk huruf U, kamar penghuni akan saling berhadapan melewati ruang tengah yang dapat Anda gunakan sebagai area parkir, ruang komunal, atau bahkan taman minimalis jika memang terdapat tempat yang memadai.

3. Rumah Kost Minimalis Dengan Pekarangan

Contoh Rumah Kost Minimalis dengan Pekarangan

Sumber: Contoh Rumah Kost Minimalis dengan Pekarangan

Pekarangan yang terdapat di bagian depan atau belakang kost berperan sebagai nilai tambah yang memberikan kesan seperti rumah atau villa. Penanaman pohon atau tanaman di pekarangan ini juga dapat meningkatkan kualitas sirkulasi udara dan membuat kost terasa asri.

4. Rumah Kost Minimalis 2 Lantai Mewah

Contoh Rumah Kost Minimalis 2 Lantai Mewah

Sumber: Contoh Rumah Kost Minimalis 2 Lantai Mewah

Untuk memikat perhatian di daerah perkotaan, Anda dapat mempertimbangkan desain rumah kost 2 lantai mewah yang elegan dan glamor namun tetap minimalis. Misal, Anda dapat menonjolkan kontras antara warna modern seperti putih, hitam, dan abu-abu dengan aksen kayu dan soft lighting.

5. Kamar Minimalis Modern

Contoh Kamar Minimalis Modern

Sumber: Contoh Kamar Minimalis Modern

Selain bagian eksterior gedung, Anda juga dapat memakai desain kamar kos-kosan minimalis modern dengan mempergunakan ornamen simpel, tanaman hias, dan warna monokrom sebagai contoh dasarnya.

Desain kost tidak hanya harus menarik tapi juga bertahan lama. Pencegahan kerusakan bangunan dari kebocoran dan rembesan serta penggunaan bahan yang awet sangatlah penting dalam memastikan Anda tidak harus membayar ulang biaya perawatan desain dalam waktu singkat. Untuk itu ada baiknya, jika menggunakan tenaga professional sehingga bangunan kos-kosan anda bisa aman. Silahkan cek sekarang disini untuk yang lebih detail!

Berapa luas kamar kos yang ideal

Ukuran kamar kos yang ideal akan bergantung pada kebutuhan ruang gerak dan furnitur calon penghuni; namun, kamar kos secara standar berukuran 3×3 atau paling kecil 2,5×3 meter.

Referensi:

  1. www.rumah123.com
  2. www.arsigriya.com
  3. sarae.id
  4. www.rumah.com
yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini