5 Tips Bijak Mengecat Lantai Garasi yang Estetik

lantai garasi mobil

Jika lantai garasi Anda sudah ternoda oleh minyak dan karat, namun Anda menginginkan lantai garasi berkilau seperti tampak baru. Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mengecat lantai garasi Anda.

Mengecat lantai garasi akan langsung membuat garasi Anda terlihat lebih bersih, serta hal ini merupakan sebuah transformasi yang relatif mudah dan murah. Karena lantai garasi berlapis semen akan lebih banyak menghasilkan debu yang sulit untuk dibersihkan. Beda halnya jika Anda cat lantai keramik garasi Anda, maka lantai yang di cat akan memberikan perlindungan ekstra terhadap jamur dan cairan mobil sehingga lebih mudah untuk dibersihkan dan akan menghilangkan debu-debu yang dihasilkan lantai semen pada umumnya. Namun sebelum Anda memulai pengecatan, berikut tips mengecat lantai garasi yang patut diperhatikan.

1. Pertimbangkan Tujuan dari Pengecatan

Beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum memulai dalam mengecat lantai garasi adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan cat yang tepat, seperti cat epoxy yang tahan lama dan tahan terhadap kerusakan minyak serta cairan yang tersedia di pasaran saat ini. Ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin melihat lantai garasi Anda terlihat lebih berkilau.
  • Persiapkan permukaan lantai sebelum mengecat, seperti membersihkan lantai dari kotoran dan kerak. Pastikan pula Anda memiliki pencahayaan yang cukup dalam area garasi untuk memastikan hasil akhir pengecetan yang baik.
  • Pemilihan warna cat, harus sesuai dengan kebutuhan estetika dan fungsi garasi. Dan pertimbangkan pula untuk menambahkan lapisan pelindung di atas cat, seperti lapisan polimer, untuk meningkatkan ketahanan lantai garasi.

2. Kenali Jenis-Jenis Finishing Lantai Garasi

  • Epoxy, finishing ini terbuat dari campuran resin dan hardener yang menghasilkan lapisan permukaan dan daya rekat pada permukaan lantai  yang sangat kuat, tahan lama, memiliki ketahanan gesek dan tahan terhadap minyak dan cairan.
  • Poliuretan, sering disebut cat PU, finishing lantai ini memiliki ketahanan yang sama dengan epoxy, tetapi lebih fleksibel, tidak mudah retak dan memiliki daya rekat atau adhesi yang baik.
  • Polyaspartic, finishing lantai ini memiliki ketahanan yang sama dengan epoxy dan poliuretan, tetapi memiliki waktu kerja yang cepat dan bisa digunakan pada suhu rendah.
  • Lantai Keramik, finishing lantai ini terbuat dari keramik yang tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Lantai beton di cat, finishing lantai ini menyediakan tampilan yang rapi dan menyegarkan tanpa harus mengubah desain asli beton.

3. Kelebihan dan Kekurangan Bahan

Sebelum mengaplikasikannya, pastikan Anda tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari bahan cat epoxy yang di

Kelebihan lapisan cat lantai Epoxy

  • Harga cat lantai epoxy ini relatif terjangkau.
  • Tahan terhadap bahan berat dan gesekan.
  • Daya tahan tinggi sehingga tahan terhadap air dan minyak, sehingga memudahkan pembersihan.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan desain sehingga dapat memperbaiki tampilan garasi secara keseluruhan.

Kelemahan lapisan cat lantai Epoxy

  • Perlu tambahan pasir silika agar tidak licin dan anti slip
  • Perlu diaplikasikan oleh profesional untuk aplikasi yang baik.
  • Perlu peralatan khusus untuk pemasangan dan pemeliharaan.
  • Kurangnya fleksibilitas dalam desain lapisan cat.

4. Siapkan Budget yang Sesuai Kebutuhan

Anda perlu mengetahui harga jual untuk pengerjaan epoxy lantai, merupakan ide bagus untuk berkeliling dan mendapatkan penawaran terbaik dari beberapa kontraktor jasa pengecetan epoxy untuk membandingkan harga sebelum mengambil keputusan. Penting juga untuk mempertimbangkan kualitas bahan dan pengerjaan saat membandingkan harga. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait budget yang dibutuhkan ketika ingin mengecat lantai garasi meliputi:

  • Biaya bahan bahan yang diperlukan seperti cat, roller, roller tray, peralatan pembersih, sikat dll.
  • Biaya tenaga kerja profesional jika Anda memilih untuk menyewa kontraktor untuk melakukan pekerjaan tersebut.
  • Biaya pengelolaan lingkungan seperti pengelolaan limbah yang dihasilkan dari proses pengecatan lantai garasi Anda.

Sudah siap menggunakan jasa epoxy lantai? Simak harga jasa epoxy disini!

5. Hubungi Jasa Pengecatan yang Berpengalaman

Seperti pada tips sebelumnya, ada baiknya Anda mencari tawaran terbaik dari beberapa kontraktor jasa pengecatan yang berpengalaman untuk membandingkan harga serta jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan yang Anda punya sebelum memilih kontraktor dan membuat keputusan. Pastikan kontraktor memiliki lisensi dan izin yang valid untuk melakukan pekerjaan jasa cat lantai garasi.

Pertimbangkan pula pengalaman kontraktor dalam melakukan jasa cat lantai garasi serta apakah kontraktor tersebut menawarkan garansi untuk melindungi proyek dari kemungkinan kerugian. Dan untuk membuat Anda lebih yakin, pelajari dengan baik referensi dari kontraktor yang diterima, termasuk untuk membaca ulasan serta komentar dari klien sebelumnya.

Jangan ragu menghubungi kami untuk mendapatkan konsultasi GRATIS tentang proyek jasa epoxy lantai garasi Anda. Kami akan memberikan solusi terbaik dan saran yang sesuai kebutuhan dan anggaran Anda!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini