Kenali Fungsi dan Standar Konstruksi CPOB bagi Perusahaan Farmasi

lantai farmasi
lantai farmasi
Sumber: Freepik @mrsiraphol

Cara Pembuatan obat yang Baik di industri farmasi harus dilakukan sesuai dengan aturan CPOB. Di industri farmasi pembuatan obat harus dilakukan pada fasilitas yang memenuhi standar sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh BPOM. Berikut ini kenali fungsi dan Standar konstruksi CPOB untuk perusahaan farmasi.

1. Fungsi CPOB

Industri kesehatan merupakan industri yang sangat penting, diperlukan ketelitian Setiap fasilitas yang digunakan harus terjaga kebersihan dan terhindar dari segala resiko terkontaminasi bakteri. 

Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) adalah untuk menjamin obat dibuat secara konsisten, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. CPOB mencakup seluruh aspek produksi, konstruksi dan pengendalian mutu.

Baca selengkapnya mengenai Syarat penggunaan dan jenis-jenis cat epoxy disini!

2. Standar Bangunan Farmasi

Persyaratan umum bangunan farmasi dalam industri kesehatan merupakan industri yang sangat sensitif setiap fasilitas yang digunakan harus memenuhi persyaratan

pengendalian dampak lingkungan.

1. Persyaratan Lokasi

Lokasi ruang farmasi rumah sakit harus memperhatikan rencana utama rumah sakit dan terletak pada zona penunjang medik.

2. Persyaratan Massa Bangunan

Ruang farmasi rumah sakit harus memperhitungkan jarak

antara bangunan dalam rumah sakit dengan mempertimbangkan berikut ini :

  1. Keselamatan terhadap bahaya kebakaran.
  2. Kesehatan termasuk sirkulasi udara dan pencahayaan.
  3. Kenyamanan.
  4. Keselarasan dan keseimbangan dengan lingkungan.

3. Persyaratan Zona

Ruang bangunan farmasi rumah sakit juga harus memperhatikan kategori/ pembagian area atau zona rumah sakit yang disesuaikan dengan:

  1. zona berdasarkan tingkat sterilitas ruangan
  2. zona berdasarkan privasi seperti pasien dan pengunjung.
  3. zona berdasarkan pelayanan seperti produksi, penyimpanan, penunjang, dan pelayanan pasien.

4. Persyaratan Perencanaan Bangunan

Struktur bangunan rumah sakit harus didesain mampu berdeformasi yang besar sehingga pada kondisi pembebanan maksimum yang direncanakan, apabila terjadi keruntuhan, kondisi strukturnya masih dapat memungkinkan pengguna bangunan rumah sakit harus mengikuti prosedur standar terkait dalam perencanaan.

Baca juga informasi penting mengenai Lantai Industri Farmasi: Pengertian dan Syarat Bangunan

3. Profile Bahan

Komponen bahan merupakan hal yang penting pada ruangan farmasi rumah sakit secara umum harus mengikuti Pedoman telah diterbitkan Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan, Kementerian Kesehatan sebagai berikut:

  1. Komponen Struktur

Komponen struktur harus kuat, kokoh, dan stabil dalam memikul beban dan memenuhi persyaratan keselamatan, dan persyaratan kemampuan layanan dengan mempertimbangkan fungsi bangunan rumah sakit, lokasi, keawetan, dan. Pelaksanaan konstruksi

  1. Atap

Atap harus kuat dan kokoh, tidak mudah bocor, dan tidak menjadi tempat sarang  perindukan serangga, tikus, dan lain lain.

  1. Langit-Langit

Langit-langit harus dibuat dengan material yang baik, langit langit harus  berwarna terang dan mudah dibersihkan.

  1. Dinding

Dinding harus dibuat dengan material yang bagus  semua area harus halus agar meminimalisir kotoran/debu dan bakteri.

  1. Lantai

Lantai harus berkualitas baik,tidak mudah menyerap bahan bahan tertentu permukaan harus rata, tidak licin, semua area harus halus agar mengurangi kotoran/debu dan bakteri dan dapat menggunakan lantai dengan coating epoxy

  1. Pintu

Pintu harus kuat, halus, tidak ada lekukan yang dapat berisiko pada area yang sulit dibersihkan, dan dapat mencegah masuknya serangga, tikus dan binatang pengganggu lainnya.

  1. Toilet

Fasilitas sanitasi yang aksesibel untuk semua orang

4. Fasilitas Layanan Pengecatan: Cat Epoxy dari Dua Insan Cemerlang

Itulah beberapa syarat bangunan industri farmasi berdasarkan CPOB. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa bangunan terlindung dari pengaruh cuaca, banjir, retak, rembesan, dan tumpahan zat kimia. Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkan pemakaian cat epoxy yang memiliki daya tahan tinggi dan awet dengan penampilan menarik.

Beberapa projek yang sudah berhasil dikerjakan antara lain PT. Eka Jaya Internasional dan PT. Pillar Cosmetiklon Indonesia. 

lantai farmasi eka jaya
Sumber: PT. Eka Jaya Internasional
lantai perusahaan farmasi
Sumber: PT. PILLARS COSMETIKLON INDONESIA

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor jasa cat epoxy profesional yang sudah memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman di bidangnya. Selain berkomitmen untuk memberikan Anda hasil yang maksimal, kami juga menyediakan garansi. Anda hanya perlu konsultasi GRATIS ke nomor WhatsApp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini