Investasi Ruko Prospektif Yang Tidak Ada Habisnya

ruko

Siapa yang tidak ingin memiliki Ruko? Ruko merupakan salah satu jenis properti yang memiliki banyak benefit sekaligus memudahkan bagi seseorang yang memiliki bisnis, khususnya di ibukota. Ruko adalah istilah yang berasal dari singkatan “rumah toko” yang mengacu pada bangunan bertingkat yang memiliki dua hingga lima lantai, dengan lantai bawahnya digunakan untuk tempat usaha atau kantor, sedangkan lantai atasnya digunakan untuk tempat tinggal. Tidak hanya di ibukota, ruko sering dijumpai di daerah pecinan seperti di Tangerang, Jakarta dan Xiamen.

Pengertian ruko sendiri cukup dikenal di Indonesia dan juga sudah menjadi istilah umum dalam dunia properti. Selain itu, ruko juga sering dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi properti. Ruko dapat memberikan keuntungan karena memiliki nilai jual dan sewa yang tinggi, sehingga banyak orang berminat untuk memiliki atau menyewakan ruko untuk usaha atau tempat tinggal.

Namun, dari banyaknya jenis properti yang ada. Ruko dan Kios menjadi dua jenis properti yang sering menjadi pilihan bagi seseorang saat ingin memulai bisnis. Simak lebih lanjut terkait profil ruko dan kios secara lengkap. 

Ragam Investasi Properti, Pilih Ruko atau Kios?

Selain Ruko atau rumah toko, kios menjadi salah satu incaran bagi pemilik bisnis. Kios merupakan bangunan yang lebih sederhana daripada ruko. Kios biasanya hanya terdiri dari satu lantai dan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ruko, umumnya digunakan sebagai tempat usaha kecil-kecilan seperti berjualan makanan, minuman, dan barang-barang kecil lainnya.

Ruko dan kios memiliki perbedaan dari segi lokasi. Ruko biasanya berlokasi di pusat kota atau di area yang lebih strategis, sehingga harga sewanya juga lebih mahal. Sedangkan kios biasanya berada di pinggiran kota atau di area yang lebih terpencil, sehingga harga sewanya juga lebih murah.

Selain lokasi juga terletak pada desain dan ruang yang tersedia. Ruko memiliki desain bangunan yang lebih kompleks dan luas daripada kios, dengan lebih banyak ruang yang bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti ruang penyimpanan, ruang gudang, ruang kerja, ruang tamu, ruang parkir, dan ruang lainnya. Sementara itu, kios hanya memiliki ruang yang terbatas, sehingga hanya bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih sederhana.

Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk berjualan, namun ruko dan kios memiliki target pasar yang berbeda. Ruko umumnya digunakan untuk berjualan barang-barang yang lebih mahal, seperti perhiasan, elektronik, dan barang-barang fashion. Sedangkan kios biasanya digunakan untuk berjualan barang-barang yang lebih murah, seperti makanan, minuman, dan barang-barang kecil lainnya.

Ruko dan Sejuta Manfaatnya

Sebagai pemilik bisnis tentu banyak manfaat yang didapat dari memiliki ruko sendiri, beberapa hal yang menjadikan ruko sebagai salah satu properti yang prospekti, antara lain:

1. Efisiensi Waktu 

Karena berlokasi pada satu tempat, tentunya pemilik ruko tidak perlu repot untuk menjalankan bisnisnya beserta urusan rumah tangga, hal ini menjadikan pemilik lebih efisien dalam menggunakan waktu sehingga dapat melakukan aktivitas yang lebih produktif dan memikirkan strategi bisnis seperti ekspansi. 

2. Menghemat Biaya

Menjadi salah satu alternatif bagi pemilik bisnis sehingga tidak perlu memiliki dua properti dalam mengatur dua fungsi antara rumah dan bisnis. Hal ini menjadikan biaya yang dikeluarkan untuk investasi properti menjadi lebih hemat. Keuntungan lebih banyak didapatkan, keluarga terjamin dan bisnis berkembang. 

3. Aman Tanpa Rasa Khawatir 

Memiliki ruko sendiri juga memberikan rasa aman karena tidak perlu khawatir tentang kontrak sewa dimana biaya sewa yang cenderung akan naik pada setiap tahunnya. Lebih hemat, kondisi finansial juga aman.

4. Kebebasan Menggunakan Aset 

Sebagai pemilik ruko, tentunya kebebasan menjadi salah satu keuntungan dimana Anda bisa membuat desain interior yang sesuai dengan selera Anda dan dengan maksimal menjadikan ruko sebagai tempat usaha. Tidak hanya itu saja, tapi juga bisa dijadikan lahan bisnis penyewaan ruko.

Peluang Investasi dengan Tips Memilih Ruko yang Prospektif 

Sebelum memilih dan memutuskan membeli ruko, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti lokasi, harga, akses dan legalitasnya. Dengan tingginya peluang investasi dari ruko, tidak jarang terjadi bahasa marketing yang menggiurkan. Oleh sebab itu, jangan buru-buru dalam membeli dan menyewa ruko.

Penentuan lokasi menjadi hal penting untuk memilih ruko yang tepat guna menjalankan bisnis Anda. Lokasi strategis menjadi peluang usaha untuk meningkatkan keuntungan dan kesuksesan bisnis Anda. Fasilitas yang memadai dan akses menjadi faktor penting selanjutnya, karena banyak faktor untuk membuat bisnis Anda maju dan berkembang. 

Tidak jarang, Anda juga menemukan beberapa titik dalam ruko yang perlu direnovasi seperti kebocoran pada atap dan rembesan pada kamar mandi. Beberapa kasus lainnya yang perlu untuk dilakukan renovasi antara lain: 

  1. Pengecatan ulang dari ruko sesuai dengan desain yang Anda inginkan 
  2. Perbaikan konstruksi dinding ruko yang mengalami retak dinding
  3. Serta layanan perbaikan lantai rusak maupun coating lantai untuk menjamin keamanan pelanggan dan pekerja 

Jika anda membutuhkan jasa mengatasi kebocoran dan konstruksi ruko, Dua Insan Cemerlang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dengan harga bersaing dan profesional. 

Namun, itu belum semuanya! Kami juga menyediakan garansi untuk memberikan rasa aman dan kepuasan kepada Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp untuk konsultasi GRATIS mengenai kebutuhan pengecatan bangunan Anda. Dapatkan penawaran terbaik dari kami sekarang juga!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini