Jenis Cold Storage dan Manfaatnya untuk Kemudahan Berbisnis

jenis cold storage

Memiliki produk usaha atau bisnis yang mudah rusak? Kamu tidak perlu kuatir karena tersedia berbagai jenis cold storage agar produk yang kamu produksi menjadi lebih tahan lama dan meningkatkan cost efficiency bisnis kamu loh! 

1. Jenis Cold Storage

Bukan menjadi barang asing mendengar cold storage. Ya, Cold storage banyak diminati berbagai jenis industri seperti perikanan, retail, pengolahan makanan, dan pertanian. Cold storage berfungsi sebagai ruangan khusus untuk menyimpana produk yang mudah rusak pada temperatur tinggi seperti sayuan, buah, maupun beberapa obat. Jenis Cold Storage bervariasi berdasarkan pengaturan temperatur ruangan sesuai dengan produk yang tersimpan. 

Jenis Cold Storage dibedakan berdasarkan pengaturan temperatur ruangan sesuai dengan produk yang tersimpan didalamnya. Terdapat empat jenis cold storage yang dapat menjadi pilihan memudahkan distribusi produk dengan menjaga kualitas dan ketersediaan produk yaitu:

Chilled Room

Jenis cold storage yang satu ini memiliki temperatur penyimpanan antara 1 derajat sampai 7 derajat sehingga proses pendinginan dapat bertahan kurang dari 2 bulan untuk kategori sayuran dan buah segar. 

Freezer Room

Dalam skala yang lebih besar, tentu bisnis membutuhkan ruangan khusus dengan tingkat kebekuan tinggi sehingga produk dapat jauh lebih lama disimpan seperti daging, susu, keju, dan sejenisnys. Cold Storage dengan jenis freezer room memiliki temperatur penyimpanan antara -15 derajat sampai -20 derajat celcius. Jadi kamu tidak perlu kuatir terjadi proses pembusukan pada produk yang disimpan. 

Untuk waktu pendinginan yang lebih cepat guna menghindari kontaminasi bakteri, menjaga kadar air, mempertahankan nutrisi, tersedia dua jenis cold storage lainnya yaitu Blast Freezer dan Blast Chiller. 

Blast Freezer 

Jenis cold storage dengan temperatur yang lebih rendah adalah Blast Freezer. Blast Freezer memiliki tingkat temperatur antara -25 derajat sampai -35 derajat sehingga proses penyimpanan dapat dilakukan dengan jangka waktu lebih panjang untuk mencegah pengurangan kadar air dan pertumbuhan bakteri pada jenis olahan makanan tertentu. 

Blast Chiller

Hampir sama dengan Blast Freezer namun memiliki skala yang lebih kecil karena hanya digunakan untuk jenis makanan yang sudah dimasak dan siap saji. Temperatur blast chiller antara 1 derajat sampai 4 derajat celcius. Untuk jenis makanan sayuran matang yang tidak membutuhkan tingkat kebekuan yang tinggi. 

Hal penting dalam cold storage yaitu kestabilan temperaturnya sehingga memastikan bahwa barang yang tersipan tidak akan rusak. Cara kerja Cold Storage dirancang agar menjamin kestabilan suhu didalamnya.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi temperatur cold storage antara lain distribusi produk dari kendaraan angkut ke dalam cold storage atau sebaliknya yang disebut bongkar muat karena membuka celah perpindahaan temperatur luar ruangan masuk ke dalam cold storage.

2. Cold Storage dan Produk Industri

Jenis Cold Storage industri buah
Penyimpanan buah

Cold storage dapat menyimpan banyak jenis produk industri antara lain:

Makanan jadi atau olahan makanan 

Banyak industri menggunakan cold storage untuk mengawetkan produk makanan seperti restauran, outlet makanan, dan supermarket. Industri ini menggunakan cold storage berdasarkan kebutuhan pelanggan. 

Industri Lilin

pada iklim tertentu dengan tingkat kelembapan dan suhu tinggi, beberapa industri seperti Industri Wax(lilin) membutuhkan cold storage untuk menyimpan produknya agar tidak meleleh dan rusak. 

Industri Film dan Karya Seni 

Untuk menghindari kerusakan kamera film membutuhkan penyimpanan pada temperatur dingin agar karya seninya lebih tahan lama sehing cat tidak mudah terkelupas dari kanvas.

Farmasi 

Vaksin, injeksi dan produk tertentu seperti suppositoria (masuk dalam anus) dan beberapa bahan aktif untuk kosmetik membutuhkan cold storage agar tidak mudah rusak. Hal ini untuk mencegah denaturasi dan kontaminasi. 

Tekstil 

Industri tekstil dengan bahan organik seperti bulu, kulit, dan wol membutuhkan fasilitas cold strorage karena bahan tersebut akan rusak pada temperatur linkungan yang tinggi.

Baca selengkapnya mengenai cara kerja cold storage dan perawatannya disini!

3. Manfaat Cold Storage 

Setelah mengetahui fungsi dan kegunaannya pada berbagai jenis industri, banyak manfaat yang memberikan kemudahan dalam bisins yang sedang berjalan, seperti dalam hal:

Variasi Jenis Cold Storage

Dengan berbagai variasi dari cold storage memudahkan untuk pemilik bisnis menentukan cold storage yang dibutuhkan sesuai dengan temperatur ruangan yang diinginkan. 

Mengurangi Biaya Kerusakan Produk 

Memiliki cold storage tidak hanya memberikan rasa tenang dan aman untuk pemilik bisnis dalam memastikan produknya tidak rusak, namun juga mengurangi adanya biaya kerusakan produk selama penyimpanan. 

Memperpanjang Shelf Life (umur simpan) Produk

Industri pertanian, perkebunan dan perikanan merupakan industri dengan produk yang mudah rusak (perishable). Dengan adanya cold storage, pemilik bisnis tidak perlu kuatir lagi untuk memproduksi sayur atau buah lebih banyak. 

Banyak kemudahan yang dirasakan pemilik bisnis dengan tersedianya cold storage termasuk cost efficiency. Kemudahan yang sama juga dapat kamu peroleh dari benefit CV. Dua Insan Cemerlang untuk Epoxy Lantai perusahaan yang kamu jalankan. 

Pastikan untuk menggunakan jasa kontraktor yang profesional. Dua Insan cemerlang merupakan kontraktor pengecatan dibidang PU Concrete yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Konsultasikan kebutuhan anda secara Gratis dengan menghubungi Whatsapp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini