Kenali Cara Kerja Injeksi Beton Guna Perbaikan Struktur Bangunan

Dinding berlubang

Injeksi beton merupakan salah satu upaya perbaikan kerusakan maupun kebocoran struktur beton. Dengan menyuntikkan bahan seperti semen, epoxy, ataupun polyurethane ke dalam beton yang retak atau bocor, maka struktur beton bisa diperbaiki agar tetap dapat berfungsi untuk jangka waktu yang panjang ke depannya.

Penjelasan Injeksi Beton

Kerusakan beton sangat sering terjadi, baik dalam bentuk keropos maupun retak. Hal ini dapat disebabkan berbagai faktor seperti gerakan termal, penyusutan beton, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Jika Anda melihat retakan, walaupun kecil, ada baiknya untuk segera diperbaiki agar mencegah kebocoran dan kerusakan gedung nantinya.

Terdapat berbagai macam cara untuk memperbaiki struktur beton, berdasarkan tingkat kerusakan serta tujuan perbaikan beton. Salah satunya adalah dengan melakukan injeksi beton. Secara umum, injeksi beton adalah proses perbaikan kerusakan atau kebocoran beton dengan menyumbat celah di dalam struktur beton yang rusak.

Penyumbatan dapat dilakukan dengan berbagai material seperti semen, epoxy khusus, maupun polyurethane. Dengan injeksi beton, konstruksi bangunan dapat kembali utuh dan tahan bocor sehingga keamanan dan kenyamanan properti Anda terjaga.

Cara Kerja Injeksi Beton

Injeksi beton dilakukan agar beton dapat kembali berfungsi dalam suatu pembangunan konstruksi untuk jangka waktu yang lama. Namun apabila bahan dan metode yang digunakan tidak tepat, maka hasil pekerjaan injeksi beton tidak akan maksimal nantinya. Berikut adalah cara kerja injeksi beton berdasarkan jenis material yang digunakan.

1. Injeksi Semen

Seperti namanya, injeksi semen menggunakan semen untuk menyumbat celah di dalam beton yang rusak. Prosesnya memakan waktu yang cukup lama dibandingkan injeksi lain dan menghasilkan banyak sampah sisa beton karena beton harus dibobok terlebih dahulu untuk menemukan sumber kebocoran.

Namun karena material ini sama jenisnya dengan beton, injeksi semen sangat cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki area sambungan beton atau beton yang keropos dan sudah rusak parah. Injeksi menggunakan semen ini banyak digunakan untuk memperbaiki struktur dinding dan basement.

2. Injeksi Epoxy

Berkebalikan dengan injeksi semen yang digunakan untuk keretakan yang besar, injeksi epoxy digunakan untuk memperbaiki area beton dengan ukuran retakan yang kecil, yaitu antara 3 mm sampai 6 mm. Injeksi epoxy dilakukan dengan menyuntikkan material epoxy khusus ke dalam jalur retakan.

Dengan injeksi epoxy, struktur beton yang retak dan pecah dapat mengikat kembali sehingga kerusakan yang lebih besar dapat terhindarkan. Metode injeksi ini paling sering digunakan untuk proyek perbaikan jalan tol.

Baca disini untuk jenis injeksi yang tidak mudah rapuh

3. Injeksi Polyurethane

dinding beton
Sumber: Unsplash @ak1

Berbeda dengan injeksi semen dan epoxy yang fungsi utamanya adalah untuk perbaikan keretakan beton, injeksi polyurethane paling sering digunakan untuk mengatasi masalah kebocoran gedung yang diakibatkan celah-celah kecil dalam beton.

Injeksi polyurethane, atau sering juga disebut sebagai injeksi PU, adalah salah satu metode untuk mengatasi kebocoran beton dengan menyuntikkan material polyurethane yang dapat mengembang dan membentuk foam ketika terkena air ke dalam celah beton.

Hal ini membuatnya sangat efektif dalam mengatasi kebocoran, terlebih jika diterapkan juga dari sisi bawah atau sisi negatif rembesan air. Injeksi polyurethane sering digunakan untuk perbaikan dak atap beton atau basement yang sering mengalami kebocoran.

Untuk mencegah kebocoran terus menerus serta untuk menjaga struktur beton agar tetap operasional, bagian bawah langit-langit atau dinding basement akan pertama dibor untuk membuat sebuah lubang. Lubang ini nantinya akan disuntikkan material polyurethane dengan mesin tekanan tinggi.

Tekanan ini akan menyebabkan polyurethane untuk naik ke celah yang menyebabkan kebocoran aktif dan mengembang untuk mengisi celah tersebut.

Dalam beberapa menit, polyurethane akan berubah dari cair menjadi padat sesuai dengan sifat intrinsiknya. Waktu pengerasan yang sangat singkat dan kemampuannya untuk menutup retakan-retakan kecil membuat injeksi PU menjadi salah satu metode waterproofing yang ideal.

Baca selengkapnya mengenai Jangan Asal Pilih! 7 Jenis Waterproofing pada Bangunan

Jasa Injeksi Beton Dua Insan Cemerlang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, diperlukan bahan dan metode yang tepat agar pengerjaan injeksi beton dapat berjalan secara maksimal. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa profesional untuk mengatasi masalah keretakan dan kebocoran beton pada gedung Anda.

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor jasa injeksi beton yang menyediakan layanan profesional dan berkualitas. Berpengalaman lebih dari 10 tahun, Dua Insan Cemerlang sudah dipercaya lebih dari 50 perusahaan di berbagai wilayah Indonesia.

Selain berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik sesuai kebutuhan Anda, kami juga menyediakan garansi untuk jasa kami. Jika Anda tertarik dengan layanan injeksi beton Dua Insan Cemerlang, Anda dapat konsultasikan secara GRATIS melalui WhatsApp Official kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini