Kenali syarat penggunaan dan jenis-jenis cat epoxy lantai!

erafone depok

Cat epoxy ini menjadi primadona diberbagai kalangan selain harganya yang affordable tapi juga tahan lama untuk bangunan. Cat epoxy lantai merupakan salah satu jenis material konstruksi yang sering digunakan untuk mempercantik interior hunian. Kandungan di dalamnya memiliki jenis resin dari hasil polimerisasi serta epoksida.

Fungsinya untuk coating, perekat, serta cat berbagai bahan material bangunan. Kandungan resin di dalam epoxy cocok diaplikasikan untuk lantai. Penggunaan cat lantai epoxy akan dicampur dengan bahan pengeras untuk merubah sifatnya agar lebih padat.

Epoxy lebih kuat dalam berbagai perubahan suhu dan bisa bertahan dari reaksi kimia. Banyak orang memilih epoxy untuk berbagai kebutuhan industri bahkan di skala kualitas tinggi seperti pabrik, rumah sakit, dan fasilitas umum lain.

Syarat penggunaan cat epoxy lantai

Source: Gambar Pribadi
Lokasi: Erafone Store Depok

Banyak yang memilih penggunaan epoxy cat lantai untuk interior karena selain hasilnya menarik juga lebih hemat. Namun untuk membuat hasilnya terlihat lebih mengkilap dan indah, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

1. Memperhatikan Kebersihan dan Ukuran Lantai

Pastikan keadaan lantai dalam kondisi bersih dan benar-benar baik, sehingga nantinya campuran resin dan pengeras di dalam cat epoxy bisa bekerja dengan maksimal.

2. Melakukan Perbaikan Jika Terdapat Kerusakan pada Beton

Cairan epoxy akan bekerja dengan baik pada kondisi lantai yang bagus tanpa retakan. Maka dari itu, lakukan perbaikan terlebih dahulu pada bagian lantai yang mengalami kerusakan atau tidak rapi.

3. Memastikan Ketahan Lantai

Lantai yang cocok dan sempurna untuk diaplikasikan epoxy adalah terbuat dari beton. Selain itu, Anda perlu cek kondisi lantai karena secara umum kondisi lantai beton dapat dilapisi cat epoxy saat sudah 4 mingguan atau sekitar 1 bulan.

4. Pastikan Kondisi Lantai dalam Keadaan Kering

Sebelum melapisi dengan cat epoxy pastikan lantai dalam kondisi kering agar lantai tidak terlalu lembab. Jika sebelumnya Anda telah melakukan pembersihan, maka tunggu sampai benar-benar kering.

5. Kosongkan Ruangan Sebelum Pengaplikasian

Proses pembersihan bukan hanya dengan menyapu lantai saja, tapi juga bisa memakai vacum cleaner untuk hasil maksimal. Saat mengaplikasikan cairan epoxy, ruangan harus kosong untuk pengaplikasian cat secara menyeluruh.

Sudah siap menggunakan epoxy? Simak 5 hal mengenai jasa epoxy di artikel ini!

Lantai cat epoxy memiliki sejumlah kelebihan, sehingga banyak dipilih oleh para pemilik hunian dalam mendesain interiornya. Cairan resin mempunyai ketahanan yang tidak perlu lagi diragukan. Berikut beberapa jenis cat epoxy yang digunakan untuk lantai:

  1. Epoxy self leveling untuk tampilan lantai lebih mengkilap, mudah dibersihkan, dan tahan terhadap suhu panas serta berbagai zat kimia;
  2. Epoxy multi layer membuat lantai lebih mudah dibersihkan, memberikan efek anti slip, dan bikin tampilan makin menarik;
  3. Epoxy mortar bersifat kokoh, mampu memperbaiki bagian yang retak, dan waterproof sehingga lebih tahan lama;
  4. Epoxy 3D menghasilkan tampilan yang aesthetic dengan visual menarik. Permukaan lantainya benar-benar halus dan membuatnya tidak terlalu kotor;
  5. Epoxy anti-static sering digunakan untuk lokasi industri karena fungsinya sebagai keselamatan. Epoxy ini juga mengurangi risiko sengatan aliran listrik dan kebakaran;
  6. Epoxy flake, sering digunakan untuk area seperti ruang makan, kamar tidur, dan ruang tamu. Epoxy ini membuat lantai bisa anti slip dan pemakaian lebih hemat waktu tanpa bongkar keramik.

Akibat Lantai Tidak Disiapkan Dengan Baik

Sebelum melakukan proses epoxy, kita perlu mempersiapkan lantai yang akan di aplikasikan epoxy agar hasilnya menjadi maksimal. Ada dua akibat yang terjadi jika lantai tidak dipersiapkan sebagai berikut

1. Lantai Menggelembung

Lantai menggelembung ini bisa terjadi jika lantai tidak dibersihkan dengan benar sehingga dalam pengaplikasian epoxy terjadi gelembung di lantai. Kemudian, jika lantai tersebut terpapar sinar matahari berlebihan akan menjadi gelembung-gelembung udara.

2. Lantai Mudah Rapuh

Lantai yang tidak dipersiapkan dengan baik. Maka, ketika diaplikasikan epoxy akan rapuh saat mengeras. Manfaat cairan cat epoxy yang sudah diaplikasikan pun menjadi kurang maksimal

Siap Menggunakan Epoxy Lantai?

Sudah siap menggunakan jasa epoxy? Agar bangunanmu tahan awet dan tahan lama. Mari gunakan cat epoxy beserta jasa cat professional agar tidak ada error dalam pengerjaannya. Dua Insan Cemerlang juga jasa cat epoxy lantai terpercaya dan berpengalaman. Untuk hasil pengerjaan, silahkan cek disini. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai epoxy, segera download disini.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Garansi selalu kami tawarkan untuk setiap proyek yang kami kerjakan. Anda bisa berkonsultasi secara GRATIS bersama kami disini!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini