Mau Bisnis Kost Eksklusif di Jakarta Selatan? Baca 7 Strategi Ini!

Illustrasi Kost Eksklusif

Bisnis kost eksklusif adalah salah satu investasi yang banyak diminati karena menjadi sumber passive income yang cukup menguntungkan dalam jangka panjang. Berbeda dengan kost biasa, kost eksklusif merupakan kost dengan lokasi strategis dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam perabotan (fully furnished) serta fasilitas tambahan untuk meningkatkan kenyamanan penghuni.

Di awal tahun 2022, 99 Group menunjukkan bahwa 31% pengguna Rumah 123.com mencari hunian yang terfokus di area Jakarta dimana Jakarta Selatan tercatat sebagai salah satu lokasi favorit. Penuh dengan gedung perkantoran multinasional, kampus ternama, dan pusat kuliner, daerah ini memang sudah menjadi incaran banyak orang walaupun huniannya terkenal mahal. Simak 7 Strategy nya di bawah ini.

Illustrasi Kost Ekskulisif Jakarta Selatan

1. Definisikan Target Market

Penting untuk menentukan target pasar terlebih dahulu untuk menentukan arah bisnis. Misal jika target pasar utama Anda adalah kalangan eksekutif, fasilitas yang disediakan dan harga sewa tentunya akan lebih lengkap dan mahal dibandingkan jika pasar yang Anda targetkan adalah pekerja kantoran biasa. Usahakan agar persona target pasar dibuat sedetil mungkin.

2. Sesuaikan Lokasi Bangunan

Lokasi yang strategis adalah salah satu daya tarik utama kost eksklusif. Calon penghuni tentunya akan memilih kost yang lebih dekat dengan tempat yang sering dikunjungi, baik itu kantor, kampus, stasiun kereta, mall, dan lain-lain. Jadi, pastikan lokasi kost sesuai dengan yang kebutuhan target pasar Anda.

3. Bentuk Value Proposition yang Kuat

Pastikan calon penghuni mengerti apa yang membuat kost Anda lebih baik dibandingkan dengan kost lainnya. Contoh Value Proposition yang dapat ditawarkan adalah lokasi yang dekat pusat kota, servis laundry gratis, dan bangunan yang anti rembes maupun bocor. Poin terakhir terutama, perlu diingat karena sering terlewat dan menimbulkan masalah di kemudian hari. Ada baiknya untuk melibatkan tenaga profesional untuk melakukan waterproofing agar tidak terjadi kebocoran saat hujan dan mengurangi resiko bangunan rusak.

4. Pemilihan Desain

Desain kost juga penting untuk diperhatikan agar dapat memikat calon penghuni secara visual. Untuk hasil maksimal, disarankan menggunakan jasa profesional dalam menentukan desain eksterior dan interior baik dari segi pengecatan maupun perabotan.

5. Fasilitas dalam kos

Fasilitas yang wajib ada adalah tempat tidur, meja, kursi, lemari, AC, Wi-Fi, dan kamar mandi dalam yang memiliki water heater. Namun, Anda bisa juga menambahkan fasilitas tambahan untuk meningkatkan nilai jual kosan seperti pantry, gym, atau bahkan sistem smart home.

Kalau anda ingin mengecat bagian kamar mandi, bisa lihat di Artikel ini

6. Pemasaran yang tepat

Pertama, pastikan Anda sudah menyiapkan foto tempat kost yang menarik serta deskripsi bisnis yang jelas dan memikat target pasar. Setelah itu, barulah Anda bisa memasarkan bisnis kost melalui berbagai media promosi seperti posting di media sosial atau melalui iklan berbayar.

7. Maintenance

Perawatan secara berkala penting dilakukan. Perawatan ini tidak hanya dengan membersihkan kamar dan perabotan, tapi juga memastikan perangkat elektronik dan gedung kost masih dalam kondisi baik. Perhatikan keadaan plafon dan dinding, dan segera hubungi tenaga profesional jika ada bagian yang bocor atau mengelupas.

Kamu bisa melihat tips untuk me-maintenance bangunan yang bocor dengan Waterproofing di Artikel ini

Jadi, begitulah sedikit ulasan mengenai tips strategy membangun kost terutama karena tinggal di Jakarta Selatan menjadi idaman banyak orang. Penuh dengan gedung perkantoran multinasional, kampus ternama, dan pusat kuliner. Daerah ini memang sudah menjadi favorit walaupun huniannya terkenal mahal. Hal inilah yang menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan menjadi solusi untuk tambahan income bagi beberapa orang. Sehingga dinilai sangat worth to try dan tidak akan rugi jika dikembangkan.

Apa itu kos eksklusif

Kost eksklusif adalah kost berlokasi strategis yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam perabotan (fully furnished) serta fasilitas tambahan untuk meningkatkan kenyamanan penghuni.

Bagaimana cara mempromosikan kos-kosan?

Pastikan Anda sudah menyiapkan foto tempat kost yang menarik dan deskripsi yang jelas dan memikat target pasar. Setelah itu, barulah Anda bisa memasarkan bisnis kost eksklusif Anda melalui berbagai media promosi seperti posting di media sosial atau melalui iklan berbayar.

Referensi:

  1. artikel.rumah123.com
  2. swa.co.id
  3. www.rukita.co
yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini