Langkah Lengkap Pemasangan ACP untuk Gedung

gedung komersil

Dalam membangun suatu gedung, tentu diperlukan fasad atau eksterior (bagian depan, samping, dan belakang) pada gedung. Secara umum, fasad berfungsi sebagai visual pada sebuah gedung yang akan memperlihatkan gaya dari gedung tersebut sehingga menentukan nilai komersil pada gedung.

Mulai dari lapisan dinding untuk eksterior gedung hingga interior bangunan, seperti lemari, meja, kitchen set, dan lain-lain.

ACP ini kerap disukai karena biayanya yang sangat terjangkau, memiliki varian warna dan ukuran yang banyak, serta memiliki daya tahan yang kuat. Penggunaan ACP juga akan membuat desain eksterior bangunan tampak lebih mewah, bergaya, dan futuristik. ACP juga sangat menguntungkan bagi bangunan

Lalu, bagaimana langkah-langkah pemasangan ACP untuk gedung?

Artikel ini akan membahas lengkap langkah pemasangan ACP untuk gedung. Mulai dari alat dan bahan, persiapan, pembuatan rangka, pemasangan, hingga hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat pemasangan ACP.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Dalam pemasangan ACP, diperlukan alat-alat bantu yang cukup banyak, seperti:

  1. Mesin potong
  2. Trimmer router
  3. Bor tangan
  4. Gun sealant
  5. Mesin las
  6. Alat ukur

Selain itu, terdapat bahan-bahan yang perlu disiapkan juga, seperti:

  1. Sekrup berbagai ukuran
  2. Mata mesin potong
  3. Kawat las
  4. Masking tape
  5. Router bits

Persiapan Pemasangan ACP

warna acp
Source: kontraktoracp

Persiapan pemasangan ACP dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu secara teknis dan non-teknis.

Persiapan Teknis

Persiapan teknis mencakup:

  1. Mob demob (mobilisasi/demobilisasi) alat, atau mengangkut alat berat dengan kendaraan
  2. Persiapan material, khususnya penyediaan ACP
  3. Persiapan alat bantu, seperti scaffolding atau steger
  4. Persiapan tenaga kerja yang dibutuhkan

Dalam persiapan teknis ini, khususnya penyediaan material, usahakan perhitungannya tepat. Karena kalau terlalu banyak dapat membuang biaya yang cukup besar.

Persiapan Non-Teknis

Persiapan non-teknis biasanya berhubungan dengan urusan administrasi, seperti:

  1. Survey lokasi
  2. Pembuatan gambar desain
  3. Penyusunan anggaran (RAB)

Dari aspek-aspek di atas, data yang didapat bisa digunakan untuk merancang kebutuhan persiapan teknis sehingga persiapan dapat dikalkulasi dengan tepat

Pembuatan Rangka ACP

kerangka acp
Source: proyeksipil

ACP harus dipasang pada rangka khusus. Oleh karena itu, dalam pembuatan rangkanya, struktur yang dibuat harus sesuai dengan kondisi lokasi proyek atau spesifikasi yang sudah ditentukan.

Dalam pembuatan rangka ACP, Anda perlu mempersiapkan material ini:

  1. Hollow Galvanis atau Hollow Aluminium
    Anda dapat memilih menggunakan Hollow Galvanis atau Hollow Aluminium tergantung kebutuhan, spesifikasi, dan anggaran yang sudah ditetapkan.

    Hollow Galvanis lebih murah, gampang dirakit, dan lebih kuat dibandingkan dengan Hollow Aluminium.

    Pastikan untuk menyiapkan sekrup baja ringan dan las juga untuk pemasangan hollow ini.
  2. Braket Siku
    Braket siku berguna untuk memperkuat dudukan rangka hollow. Dalam pemasangannya, braket siku ini dapat dipotong setiap 10 atau 20 cm, atau sesuai kebutuhan.

    Jika braket siku ditempel pada dinding, pemasangannya menggunakan dynabolt atau sekrup pasang besar dan fischer. Sedangkan, jika braket siku menempel di rangka ACP, pemasangan menggunakan sekrup atau pengelasan.

Setelah pembuatan rangka selesai, rangka harus dirakit sesuai ukuran modul ACP menurut spesifikasi dan gambar teknis. Biasanya, ukuran standar ACP adalah 122 x 244 cm/lembar.

Jadi, ketika modul ACP berukuran 120 x 120 cm, Anda bisa mengurangi sekitar 2 cm di tiap tepinya menjadi 118 x 118 cm. Hal ini dilakukan agar ACP bisa menyisakan jarak antar modul yang cukup untuk dipasang sekrup pada brasing ACP dan rangka.

Apabila menggunakan jarak 120 x 120 cm, maka finishing ACP harus menggunakan sealant yang lebih banyak. Hal ini akan berpengaruh pada estetika ACP.

3 Hal Penting Sebelum Memasang ACP

Berikut adalah 3 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang ACP:

  1. Pemasangan ACP sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli, agar hasil yang didapatkan maksimal dan meminimalisir resiko/bahaya terhadap gedung.
  2. Persiapkan dinding dengan baik, khususnya apabila dinding gedung Anda terbuat dari batu bata. Plester dengan rata dan rapi.
  3. Periksa kondisi ACP yang Anda terima dari penjual dan simpan dengan baik agar ACP tidak mudah rusak. Anda bisa meletakkan ACP dalam posisi mendatar dan diberi alas.

Jika Anda memerlukan tenaga ahli konstruksi pada pemasangan ACP, Dua Insan Cemerlang dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda!

Kami merupakan kontraktor profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah menyelesaikan lebih dari 80 proyek epoxy, pengecatan, dan waterproofing.

Kami dapat memberikan jasa pengecatan ACP dengan kualitas terbaik, harga fleksibel, dan pengerjaan yang terbaik menyesuaikan kebutuhan Anda.

Anda bisa lihat hasil proyek Dua Insan Cemerlang di sini.

Tunggu apa lagi?

Konsultasikan pengecatan ACP gedung Anda ke Dua Insan Cemerlang melalui Whatsapp berikut: 08111268469. Gratis!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini