5 Tips Mudah Cara Perawatan Lantai Epoxy

lapangan basket

Lantai epoxy memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan dan gesekan, sehingga sering digunakan untuk gedung dengan mobilitas tinggi seperti pabrik, gudang, rumah sakit, gedung olahraga, dan lain sebagainya. Namun, apakah Anda sudah tahu cara perawatan lantai epoxy yang baik dan benar untuk menjaganya agar tetap awet?

lapangan basket
Sumber: Pixabay @dekorokur

Tujuan Perawatan Lantai Epoxy

Perawatan secara rutin sangat penting dilakukan agar lantai epoxy selalu bersih dan mengkilap, serta dapat bertahan lebih lama. Cara membersihkan lantai epoxy berbeda dengan cara membersihkan keramik biasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan lapisan epoxy yang dikarenakan cara perawatan yang kurang tepat.

Tips Perawatan Lantai Epoxy

1. Bersihkan secara Rutin

Debu dapat menyebabkan partikel kecil menempel dan membentuk goresan halus di permukaan lantai epoxy. Oleh karena itu, pembersihan menggunakan sapu dan sikat dengan bulu yang lembut harus dilakukan setidaknya seminggu sekali untuk mencegah akumulasi debu dan kotoran. Anda dapat mengeringkan lantai epoxy yang basah dengan alat pembersih berujung karet.

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner dapat membantu Anda dalam membersihkan debu dan kotoran di tempat yang sulit dijangkau, seperti di sudut ruangan atau di bawah peralatan gedung. Pembersihan memakai vacuum clearner ini dapat Anda lakukan sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca selengkapnya mengenai Kenali Syarat Penggunaan dan Jenis-Jenis Cat Epoxy Lantai disini!

3. Gunakan Kain Lembut

Cairan yang tumpah, baik berupa air, minyak, maupun zat kimia lainnya, dapat merusak lapisan epoxy jika dibiarkan terlalu lama di permukaan lantai. Untuk itu, Anda harus segera mengelap cairan tersebut dengan kain yang bersih dan lembut. Jika cairan sulit dibersihkan, Anda juga dapat mengaplikasikan cairan pembersih ke kain lembut sebelum membersihkannya.

4. Lakukan Pembersihan Mendalam

Selain cara perawatan lantai epoxy standar yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembersihan lantai epoxy juga harus dilakukan secara mendalam setidaknya tiga bulan sekali. Seluruh barang yang berada di dalam ruangan harus dipindahkan terlebih dahulu agar semua permukaan lantai dapat dibersihkan.

Setelah ruangan kosong, Anda dapat membersihkan lantai epoxy secara menyeluruh. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih yang mudah terurai dan tidak beracun dengan pel busa keras untuk hasil yang lebih optimal.

5. Bersihkan Noda Membandel Segera

Tips pembersihan sebelumnya akan mengurangi kemungkinan munculnya noda menempel. Namun, bagaimana cara menghilangkan noda pada lantai epoxy jika noda membandel? Untuk itu, Anda dapat menggunakan sikat dari bahan nilon dan concrete degreaser atau cairan pembersih yang bersifat lembut sebelum proses pembersihan dimulai.

Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Merawat Lantai Epoxy

Merawat lantai epoxy
Sumber: Unsplash @jeshoots

1. Kain Lembut

Kain yang digunakan untuk mengeringkan lantai yang basah setelah pembersihan atau cairan tumpah lainnya, haruslah lembut agar lantai epoxy tidak tergores. Begitu juga dengan sapu dan alat pembersih lantai epoxy lainnya yang digunakan secara rutin, harus yang mempunyai bulu-bulu yang lembut untuk menghindari kerusakan pada lantai.

2. Vacuum Cleaner

Pembersihan manual saja tidak cukup untuk membersihkan seluruh permukaan lantai epoxy dalam ruangan. Penggunaan vacuum cleaner dapat memudahkan Anda dalam mencapai area-area yang sulit dijangkau atau tidak terlihat secara langsung.

3. Sikat Nilon

Sikat nilon dapat membantu Anda membersihkan noda membandel tanpa membentuk goresan pada permukaan lantai epoxy. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memastikan jika bahan dasar dari sikat yang anda gunakan sudah sesuai sebelum perbersihan.

4. Pel Busa Keras

Pel busa keras dapat digunakan untuk mengeringkan bagian basah lantai epoxy setelah pembersihan. Tidak hanya tahan lama, pel busa keras juga dapat lebih mudah menyerap air dan dikeringkan setelah pemakaian.

5. Cairan Pembersih

Cairan pembersih lantai epoxy dapat membantu Anda membersihkan dengan lebih optimal. Namun, pastikan Anda menggunakan cairan pembersih yang bersifat lembut. Untuk membersihkan noda membandel, aplikasikan concrete degreaser dan biarkan 5-10 menit sebelum proses pembersihan.

Untuk noda karat, Anda dapat memakai cairan pembersih dengan asam laktat dengan mencampurkan cairan pembersih tersebut dengan air hangat (1:1) dan mengoleskannya pada noda sebelum disikat. Pastikan cairan pembersih tidak terlalu lama di permukaan lantai agar warna lantai tidak memudar.

Bahan Kimia yang Tidak Boleh Digunakan

Ada beberapa bahan kimia yang tidak boleh digunakan untuk perawatan lantai epoxy, salah satunya adalah cairan pembersih dengan kandungan jeruk nipis atau cuka. Hal ini dikarenakan kandungan asamnya dapat membuat lantai epoxy tidak bersinar atau degloss.

Selain itu, cairan pembersih berbasis sabun atau deterjen juga tidak dapat digunakan. Ini disebabkan residu cairan pembersih dari sabun dapat meninggalkan goresan di lantai, mengakibatkan degloss, dan membuat lantai epoxy sangat licin dalam keadaan basah.

Sudah siap menggunakan epoxy? Simak  4 Tahapan Epoxy Lantai dan Kesalahan yang Sering Dilakukan

Profil Dua Insan Cemerlang

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor jasa lantai epoxy dengan lebih dari 10 tahun pengalaman di bidangnya. Kami menyediakan jasa profesional, harga bersaing, dan hasil pengerjaan yang berkualitas untuk Anda beserta garansinya. Jika Anda tertarik dengan layanan kami, Anda hanya perlu konsultasi GRATIS lewat WhatsApp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini