7 Manfaat Penting Epoxy Lantai Agar Bangunan Makin Estetik

lantai epoxy
lantai epoxy
Sumber: Unsplash

Bagi banyak orang awam lantai epoxy jarang diketahui untuk kegunaan dan kelebihannya namun tidak berlaku untuk beberapa industri seperti industri makanan, farmasi, kosmetik, otomatif dan termasuk gudang. Coating epoxy lantai tidak hanya berguna untuk keamanan namun juga untuk estetika, anda bisa menggunakan design 3D guna mempercantik rumah anda dengan epoxy lantai. Dengan banyaknya manfaat saat menggunakan produk epoxy lantai menjadikan epoxy lantai digemari dan menjadi primadona untuk coating pengecatan baik untuk industri maupun untuk rumah tangga.

Apa itu lantai Epoxy?

Sebelum membahas lebih jauh, lantai epoxy merupakan bahan material yang berguna sebagai pelapis permukaan lantai sehingga mampu melindungi lantai dari gesekan dan benturan yang kuat. 

Bagi banyak industri, epoxy lantai menjadi sangat penting karena menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi mutu seperti Sertifikasi CPOB pada industri Farmasi dan HACCP pada industri makanan dan minuman atau F&B. Epoxy lantai memiliki jenis yang bervariasi sehingga penggunaannya disesuaikan dengan masalah yang dihadapi dari permukaan lantai tersebut, seperti lantai berlubang, retak bahkan licin. Tidak hanya untuk industri namun epoxy lantai juga dapat diaplikasikan pada rumah hunian agar lantai lebih mengkilap. 

Istilah epoksi atau epoxy mengacu pada kombinasi pengeras dan resin. Ketika dicampur bersama menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Ketika keras, reaksi ini menghasilkan pembentukan bahan plastik yang kaku, yang terdiri dari struktur polimer silang yang terhubung erat. Bahan ini melekat dengan baik pada sebagian besar lapisan dasar, menciptakan permukaan lantai yang tahan dan tahan lama.
Profesional menggunakan pelapis epoxy sebagai cairan pelapis atau coating ke permukaan lantai beton. Cairan ini kemudian mengeras membentuk lantai yang halus dan tahan aus. Karena beton berpori, lapisan epoxyi mengikat ke lapisan dasar, menciptakan permukaan beton akhir epoxy yang halus dan kuat.

Baca selengkapnya mengenai Kenali syarat penggunaan dan jenis-jenis cat epoxy lantai!

Manfaat Epoxy Lantai 

Selain tahan terhadap beban berat dan menghasilkan permukaan yang halus, epoxy lantai memiliki tujuh manfaat lainnya seperti:

1. Mengurangi Kerusakan pada Mesin 

Selain cukup tahan tekanan, berat dengan finishing permukaan halus dan mengkilap. Coating epoxy lantai mengurangi kerusakan pada mesin saat melewati lantai ataupun saat bergesekan. Maka mesin lebih sedikit mengalami keausan sehingga biaya perawatan menjadi lebih rendah, dan bisnis akan lebih diuntungkan. 

2. Tahan Bahan Kimia

Karena ketahanan dari campuran bahan epoxy pada proses coating lantai, menjadikan lantai dengan coating epoxy dapat menahan paparan bahan kimia dalam jangka waktu panjang tanpa menyebabkan kerusakan pada awal paparan dengan bahan kimia. Karena hal ini, coating epoxy menjadi pilihan yang ideal untuk beberapa industri seperti manufaktur farmasi, gudang, kosmetik yang sering menggunakan bahan baku kimia. 

3. Keamanan yang Terjamin

Selain tahan tekanan dan ramah pada mesin, namun juga menjamin keamanan. Pilihan warna yang bervariasi menjadikan epoxy lantai mampu memberikan warna dan desain yang bervariasi sesuai dengan fungsi dari ruangan. Hal ini membuat epoxy menjadi bahan ideal untuk ruangan besar seperti gudang karena aman untuk jalur forklift atau jalan setapak dengan adanya warna untuk memastikan pergerakan kendaraan dan pekerja yang aman. 

4. Meningkatkan Kecerahan 

Ketahanan coating epoxy terhadap benturan ekstrim, selip, suhu tinggi bahkan api menjadikan salah satu manfaat bagi industri dan rumah hunian. Tidak hanya itu, namun coating epoxy mampu meningkatkan kecerahan hingga 300% akibat hasil akhir coating epoxy yang halus dan tidak berpori sehingga mengakibarkan pantulan cahaya lebih kuat. Hasilnya, visibilitas menjadi lebih baik, lingkungan kerja menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu, terhindar dari biaya tambahan pemasangan pencahayaan. 

5. Kemudahan Membersihkan Lantai 

Akibat permukaan lantai yang tidak memiliki celah atau pori setelah proses coating, epoxy lantai memberikan kemudahan dalam membersihkan lantai. Adanya celah dan pori pada permukaan lantai menyebabkan bakteri dan kotoran masuk pada celah tersebut dan sulit untuk membersihkan. Selain itu, dengan menggunakan air sabun mampu membersihkan lantai epoxy dan menjadikan tampak baru. 

6. Ramah Lingkungan

Proses pembuatan lapisan epoxy lantai ramah terhadap lingkungan dan bahan yang digunakan bebas dari zat berbahaya. Anda juga tidak perlu menggunakan bahan kimia yang sulit diperoleh atau berbahaya untuk menjaga lantai epoksi tetap bersih dan bebas kotoran. Karena mampu meningkatkan pencahayaan, sehingga ruangan menjadi lebih terang dan aman bagi siapapun yang mengakses ruangan tersebut. Serta menghasilkan lebih sedikit limbah akibat meminimalisir penggantian ban pada mesin atau kendaraan yang melintas. 

7. Hemat Biaya

Pelapis lantai epoxy memang lebih mahal dibanding tanpa pelapis. Namun, daya tahannya membuat anda jauh lebih berhemat dalam perawatan karena mampu bertahan lama dan tidak perlu menggantinya selama bertahun-tahun. Lantai epoxy merupakan investasi jangka panjang dengan mempertimbangkan penghematan pada perbaikan, penerangan, pembersihan, dan pemasangan kendaraan atau mesin. 

Kekurangan Epoxy Lantai

Selain biaya yang lebih tinggi dibandingkan lantai tanpa coating, ada tiga hal kekurangan dari lantai epoxy jika pada proses pengerjaan tidak dilakukan oleh profesional yaitu:

  1. Jika permukaan tidak rata pada proses pengerjaan maka mengakibatkan tekstur yang bergelombang
  2. Pengaplikasian epoxy lantai harus dilakukan oleh profesional karena menggunakan campuran bahan kimia 
  3. Permukaan keras dari epoxy lantai dapat menimbulkan suara yang berisik ketika melangkah.

Baca juga mengenai Layanan Cat Epoxy CV. Dua Insan Cemerlang disini!

Fasilitas Layanan Pengecatan Cat Epoxy Dua Insan Cemerlang 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari epoxy lantai. Bagi anda yang ingin  memastikan bahwa bangunan terlindung dari pengaruh cuaca, banjir, retak, rembesan, dan tumpahan zat kimia. Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkan pemakaian cat epoxy yang memiliki daya tahan tinggi dan awet dengan penampilan menarik.

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor jasa cat epoxy profesional yang sudah memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman di bidangnya. Selain berkomitmen untuk memberikan Anda hasil yang maksimal, kami juga menyediakan garansi. Anda hanya perlu konsultasi GRATIS ke nomor WhatsApp kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini