3 Perbedaan Mendasar Cat Epoxy dan Epoxy Coating

epoxy coating

Coating lantai adalah pelapisan lantai yang biasa diaplikasikan pada lantai beton seperti pada garasi, pabrik, lapangan olahraga, trotoar, basement, dan gedung komersial lainnya. Pelapisan lantai ini biasanya bertujuan untuk menambah kekokohan bangunan dan memperindah lantai.

Cat epoxy dan epoxy coating biasa digunakan untuk pelapisan lantai. Kedua jenis epoxy ini sekilas memang hampir mirip dan masih banyak orang yang tidak bisa membedakannya padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar. Yuk simak perbedaannya disini!

Perbedaan Cat Epoxy dan Epoxy Coating

Perbedaan mendasar dari cat epoxy dan epoxy coating dapat dilihat dari tampilan fisiknya, komposisi bahannya, dan cara pengaplikasiannya. Berikut merupakan penjelasan dari ketiga perbedaan tersebut:

1. Tampilan Fisik

Epoxy coating memiliki tingkat kepadatan dan ketebalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cat epoxy, sehingga penggunaan epoxy coating dapat memberikan daya tahan bangunan yang lebih baik. Selain itu, epoxy coating juga menghasilkan permukaan lantai yang lebih estetik.

2. Komposisi Bahan

Cat epoxy merupakan cat biasa yang terbuat dari lateks akrilik dengan campuran sedikit epoxy. Cat ini biasanya digunakan untuk lantai atau permukaan padat lainnya. Pengaplikasian cat epoxy pada lantai akan menghasilkan lantai yang berdaya tahan baik dibandingkan dengan penggunaan cat akrilik biasa. Namun tingkat ketahanannya jauh di bawah epoxy coating karena kandungan epoxy yang minim.

Sedangkan, epoxy coating memiliki kandungan epoxy sebagai komponen utamanya yang dipadukan dengan resin epoxida dan pengeras polimin sehingga membantu membuat bangunan menjadi lebih kokoh anti slip dan terkesan lebih indah karena lebih bersih dan mengkilap. Hal ini membuat epoxy coating biasa diaplikasikan setelah cat epoxy.

3. Cara Pengaplikasian

Perbedaan yang terakhir terletak pada cara pengaplikasian. Pada cat epoxy, proses pengaplikasian sama seperti pengecatan pada umumnya. Permukaan lantai harus dibersihkan dahulu secara seksama dan dilanjutkan dengan proses menutup celah dengan epoxy grout, proses priming, lalu kemudian barulah masuk ke proses pengecatan dengan cat epoxy.

Sedangkan pada epoxy coating, pengaplikasian dimulai dengan pembersihan lantai yang dilanjutkan dengan penutupan celah dengan epoxy grout, proses priming, lalu pendempulan dengan cat epoxy dan floor hardener untuk membentuk lapisan pertama sekaligus menutup pori. Tahap terakhir yaitu finishing dengan mengaplikasikan epoxy coating pada lantai menggunakan kuas atau rol sesuai kebutuhan.

Baca selengkapnya mengenai syarat dan jenis jenis epoxy lantai disini!

Pentingnya Pengaplikasian Epoxy Lantai oleh Tenaga Profesional

Pengaplikasian cat epoxy dan epoxy coating sangat bergantung pada pemahaman, tingkat keterampilan, dan pengalaman terhadap karakteristik epoxy dan standar pengaplikasian yang tepat. Selain karena bahan-bahan kimianya yang kurang familiar di kehidupan sehari-hari, penggunaan kedua jenis epoxy ini memerlukan kesabaran dan tingkat ketelitian yang tinggi. Pengetahuan yang terbatas akan kedua epoxy ini bisa mempengaruhi hasil kerapihan dari pengecatannya dan memungkinkan timbulnya beragam masalah di kemudian hari seperti mengelupasnya lapisan epoxy dan warna yang tidak merata.

Keterampilan yang mumpuni dengan pengalaman yang terpercaya bisa memberikan Anda hasil pengecatan yang optimal dan memuaskan. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa cat epoxy dan epoxy coating yang profesional dengan hasil terbaik, Anda dapat menghubungi Dua Insan Cemerlang untuk membantu Anda.

Lihat portofolio mengenai pengecatan Epoxy lantai di berbagai perusahaan di halaman ini

Jasa Epoxy Lantai Terbaik

Dua Insan Cemerlang merupakan kontraktor pengecatan di bidang epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU concrete yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan telah menangani lebih dari 80 proyek besar!

Anda tidak perlu ragu mengenai harga, karena kami juga bisa bekerja fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda hanya perlu hubungi kami untuk membicarakan kebutuhan Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan lantai kokoh dan indah yang Anda impikan bersama Dua Insan Cemerlang!

FAQ

1. Apa itu coating lantai?

Coating lantai adalah pelapisan lantai yang biasa diaplikasikan pada lantai beton seperti pada garasi, pabrik, lapangan olahraga, trotoar, basement, dan gedung komersial lainnya. Pelapisan lantai in biasanya bertujuan untuk menambah kekokohan bangunan dan memperindah lantai.

2. Apa perbedaan cat epoxy dan epoxy coating?

Perbedaan mendasar dari cat epoxy dan epoxy coating dapat dilihat dari tampilan fisiknya, komposisi bahannya, dan cara pengaplikasiannya.

Author:
Yudo Wijaya
Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini