Proteksi Pilihan Cat Epoxy Lantai Gudang Terbaik 2023

Cat epoxy lantai gudang
Cat epoxy lantai gudang
Sumber: Freepik

Kita semua tahu bahwa gudang merupakan tempat penyimpanan berbagai macam material dan kebutuhan untuk industri. Sebagai tempat penyimpanan, maka kebersihannya harus selalu terjaga terutama jika gudang tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan pangan. 

Baik bagian atap gudang, dinding, rak penyimpanan, hingga lantai harus diperhatikan dan dijaga kebersihannya untuk menghindari kerusakan dan kerugian yang tidak diinginkan. Salah satu solusi untuk membantu mempermudah dalam menjaga kebersihan lantai gudang adalah dengan cara melapisi lantai dengan cat epoxy. 

Cat Epoxy adalah salah satu jenis cat yang terbuat dari bahan dasar akrilik atau lateks, kemudian dicampur dengan epoxy. Epoxy sendiri merupakan salah satu jenis polimer, yaitu gabungan dari molekul yang mirip dengan plastik dan memiliki sifat termoset atau tidak meleleh jika dipanaskan. Sebagai cat dasar epoxy berfungsi untuk menguatkan cat baru agar bisa menempel secara sempurna.

Berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan cat epoxy sebagai perlindungan untuk lantai gudang Anda, ingin tahu lebih detail tentang cat epoxy? Mari simak artikel ini sampai selesai.

Fungsi Pengecatan Epoxy Lantai Gudang

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa setiap bangunan yang berdiri akan mengalami penurunan kualitas di setiap sisi bangunannya? 

Pada gudang, mungkin lantai merupakan komponen yang akan paling terlihat penurunan kualitasnya. lantai gudang lebih sering mengalami gesekan dari alat berat seperti forklift, trolley, atau handclift, hal ini yang akan menyebabkan lantai mudah rusak atau tidak rata, warna permukaan lantai kusam, dan sulit dibersihkan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk dilakukan pengecatan pada lantai gudang. Berikut ini adalah fungsi epoxy lantai untuk gudang : 

1. Membuat Lantai Gudang Lebih Cerah

Gudang memerlukan penerangan dan pencahayaan yang bagus dan memadai. Sehingga untuk mendapatkan penerangan yang maksimal, selain menggunakan lampu biasanya gudang menggunakan cahaya matahari. Epoxy lantai gudang dapat mendukung hal ini.

Pantulan sinar matahari yang mengenai lantai yang sudah dicat epoxy akan menyebarkan cahaya yang merata dan lebih terang sehingga gudang akan terlihat lebih cerah, bersih dan terkesan lebih rapi.

Dengan pencahayaan yang baik, akan membantu mengurangi resiko rusaknya barang-barang yang disimpan didalam gudang seperti jamur, bakteri, atau suhu yang lembab. Untuk hasil yang lebih maksimal maka Anda dapat menggunakan warna cat yang cerah seperti abu-abu, putih, biru dan lain sebagainya. 

2. Membuat Lantai Gudang Lebih Kuat

Lantai gudang perlu dibuat kuat karena harus menahan beban dari alat berat yang berlalu lalang dan juga berat dari barang yang disimpan dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan lantai beton saja tidak cukup menjamin akan baik-baik saja dalam jangka waktu yang lama. Anda perlu melapisi lantai gudang anda dengan epoxy lantai.

Dengan epoxy lantai Anda tidak perlu khawatir lantai akan menjadi rusak karena epoxy lantai memiliki sifat kuat, tahan terhadap benturan, tahan terhadap suhu ekstrim, dan juga tidak mudah retak dan pecah.

3. Membuat Lantai Gudang Lebih Awet

Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat bekerja kita mungkin akan menumpahkan beberapa cairan bahan kimia diatas lantai gudang. Beberapa cairan mungkin dapat menyebabkan korosi pada lantai. Nah, disinilah epoxy lantai berfungsi sebagai pelindung lantai yang berkarakter kuat dan kokoh, kemudian juga memiliki sifat anti jamur dan tahan terhadap korosi.

Hal ini tentunya akan membuat lantai gudang lebih awet dibandingkan dengan lantai berbahan lain.

4. Membuat Lantai Gudang Anti Slip (Tidak Licin) 

Walaupun memiliki tampilan yang mengkilap, namun lantai yang dicat epoxy tidak membuat lantai menjadi licin. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan epoxy sehingga membuatnya menjadi pilihan utama dalam pemilihan lapisan lantai gudang.

Penggunaan epoxy lantai dapat meningkatkan keamanan dari terjadinya kecelakaan kerja misalnya terpeleset. Lantai yang tidak licin ini akan menunjang keselamatan pegawai yang bekerja atau beraktifitas di dalam gudang. 

5. Membuat Lantai Gudang Mudah Dibersihkan

Lantai yang menggunakan epoxy tidak mudah berdebu, kotoran pun sulit menempel pada bahan epoxy. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam melakukan pembersihan dan perawatan lantai gudang. Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membersihkannya seperti steam cleaning, vacuum cleaning, dan di pel seperti biasa.

Hal Penting Dalam Pengecatan Lantai Gudang

Sebelum melakukan pengecatan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu : 

1. Kondisi Lantai 

Sebelum melakukan epoxy lantai kita perlu memastikan agar tidak ada lantai yang retak ataupun pecah. Jika ada keretakan atau pecah maka perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Selain itu beton yang akan di epoxy pun harus memiliki kekuatan 255k – 300k dan sudah berumur minimal 28 hari.

2. Persiapan Lantai

Setelah memastikan kondisi lantai, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mempersiapkan lantai untuk dicor. Sebelum dicor, sebaiknya lantai dilapisi dengan plastik sheet. Kemudian menghaluskan permukaan beton agar rata. Untuk meratakan permukaan beton bisa menggunakan mesin towel. Kita juga dapat menyiapkan movement dan expansion joint untuk menghindari penyusutan pada beton.

3, Kualitas Cat Epoxy

Untuk menghasilkan kualitas cat epoxy yang baik maka pastika dua hal yang sebelumnya dijelaskan sudah dilakukan. Kemudian pemilihan jenis cat epoxy juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan lantai yang akan dicat agar hasilnya maksimal. 

Baca selengkapnya mengenai  4 Tahapan Epoxy Lantai dan kesalahan yang sering Dilakukan

Jenis Cat Apa Saja Yang Digunakan

Banyak sekali jenis cat epoxy yang dijual dipasaran, tetapi sekali lagi Anda perlu memperhatikan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis cat epoxy yang perlu Anda ketahui : 

1. Thin Coat

Thin merupakan jenis epoxy yang akan menghasilkan lapisan tipis. Sehingga jika Anda ingin menggunakannya pastikan untuk menambahkan hingga tiga atau lebih layer, gunanya untuk mendapatkan ketebalan sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Self-Leveling

Epoxy self leveling dapat menjadikan lantai lebih mudah dirawat. Zat resin ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu memiliki sifat self healing atau menyembuhkan diri. Cara kerjanya adalah dengan mengisi celah-celah lain beton yang sudah mulai mengalami keretakan.

Oleh karena itu, cat epoxy ini bisa jadi pilihan agar lantai tidak mudah retak atau pecah dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan keunikannya tersebut menjadikan cat epoxy yang satu ini memerlukan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis cat epoxy lainnya. 

3. Mortar

Cat epoxy ini merupakan campuran dari bahan keras dan padat yang berasal dari kombinasi material aditif seperti pasir silika dan hardener. Memiliki karakteristik yang kokoh sehingga tahan terhadap berbagai benturan.

Jika Anda memiliki kondisi lantai yang mudah pecah, kasar, dan bergelombang makan epoxy jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai pelapis awal.

4. Anti-Static / ESD Resistant Floor

Sesuai dengan namanya epoxy ini dapat mengurangi bahaya statis yang mungkin terjadi. Anti static dirancang untuk digunakan di ruangan yang memiliki muatan yang banyak arus listrik, seperti ruangan komputer atau dilingkungan yang banyak terdapat bahan mudah terbakar.

Dengan menggunakan karbon konduktif dan tembaga, maka epoxy ini bisa mengalirkan listrik statis tanpa grounding. Dengan menggunakan epoxy jenis ini maka bisa meningkatkan faktor keselamatan kerja dan mengurangi resiko kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh tersengat aliran listrik.

5. Flake Floor

Sesuai dengan namanya, epoxy jenis ini akan memberikan kesan desain serpihan yang unik pada lantai. Epoxy ini merupakan epoxy yang ideal untuk digunakan pada permukaan lantai seperti, lantai beton, interior dan eksterior gedung, basemen, bengkel bahkan garasi.

Epoxy fake floor mampu mengurangi resiko tergelincir dan jatuh. Bahkan lapisan yang dihasilkan pun akan permanen, mulus serta warnanya tidak akan terkelupas atau pudar.

6. Solvent Based

Selanjutnya ada epoxy solvent based, dimana sudah banyak sekali gedung-gedung yang menggunakan epoxy jenis ini. Keunggulan yang dimiliki ialah daya tahan dan kinerjanya yang kuat serta lebih toleran terhadap kontaminasi minyak, hal inilah yang membuat epoxy ini menjadi sangat ideal jika digunakan pada garasi atau area parkir.

7. Primer

Epoxy ini direkomendasikan untuk digunakan pada material baja yang umumnya adalah kerangka kendaraan. Jadi, jika Anda memiliki permukaan kendaraan yang retak atau penyok, Anda bisa menggunakan epoxy ini agar kendaraan anda dapat terlihat seperti baru lagi.

8. Paste Fillers

Epoxy ini umumnya digunakan untuk mengisi permukaan dempul yang penyok, sambungan yang kurang rapi, permukaan yang retak, atau berlubang. Biasanya epoxy paste fillers akan maksimal digunakan pada kayu, beton, aluminium, baja, plastik, dan CSF.

Setelah tau apa yang kamu butuhkan. Yuk kenali penggunaan dan jenis-jenis cat epoxy lantai disini!

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan pengecatan epoxy pada lantai Anda. Namun, epoxy lantai perlu diaplikasikan secara baik dan benar, karena jika tidak, maka epoxy tidak bermanfaat bagi lantai bangunan, oleh karena itu, pekerjaan ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh ahlinya yang memiliki banyak pengalaman serta ketelitian tingkat tinggi. Jika ingin spesialis epoxy lantai terpercaya, pilihlah CV Dua Insan Cemerlang yang telah ahli dibidangnya.

Profile Dua Insan Cemerlang

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor pengecatan dibidang epoxy lantai, waterproofing, cat lapangan, dan PU Concrete. Selain itu, kami juga melayani PU Flooring, Floor hardener, dan Decorative Painting. Kami selalu memberikan kualitas super dengan harga yang dapat disesuaikan dengan budget. Kami juga telah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk gunakan Epoxy lantai untuk gudang Anda dan konsultasikan kebutuhan Anda secara GRATIS bersama kami disini!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini