13 Rekomendasi Jogging Track Jakarta, Wajib Coba!

illustrasi jogging track

Di Jakarta, Anda akan banyak menemui jogging track untuk aktivitas fisik anda saat weekend. Jogging track adalah salah satu cara untuk melepas kepenatan aktivitas ibukota serta menjaga kesehatan badan sehingga tetap aktif dan produktif. Berikut rekomendasi jogging track yang bisa Anda coba di Jakarta. 

1. Car Free Day 

Event mingguan ini merupakan salah satu agenda yang bertujuan memberikan ruang terbuka bebas kendaraan (kecuali Transjakarta) setiap hari Minggu jam 6 sampai 11 pagi. Sekalipun tidak ada track resmi di acara Car Free Day ini, tenang saja Anda bisa melakukan jogging di area jalan Sudirman hingga MH. Thamrin.

Selain melakukan jogging, Anda dapat menemukan banyak perkumpulan komunitas-komunitas berkumpul serta bazaar dari makanan hingga pakaian. Cukup lengkap bukan untuk menemani aktivitas jogging Anda. 

illustrasi car free day
Source: merdeka.com

2. Kebun Binatang Ragunan 

Jogging track di Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu tempat populer untuk berolahraga pagi di Jakarta. Terletak di Jakarta Selatan, Kebun Binatang Ragunan memiliki lapangan jogging seluas 140 hektar dengan hamparan hijau pohon-pohon yang rindang serta danau yang besar.

Track jogging di Ragunan Zoo dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi sehingga menyediakan udara segar bagi pengunjung. Anda bisa datang pagi-pagi sebelum pukul 06.00 atau sebelum wisatawan ramai berdatangan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tenang dan nyaman saat jogging.

illustrasi kebun binatang ragunan
Source: rumah.com

3. Monumen Nasional (Monas)

Siapa yang tidak kenal Monas atau Monumen Nasional ini? Selain menjadi tujuan wisata dan bersuaka foto, Monas menjadi salah satu arena jogging pilihan di Jakarta pusat di pagi hari. Tracknya datar dan cocok untuk lari-lari kecil atau jalan-jalan.

Tidak perlu khawatir terhadap barang bawaan Anda karena terdapat fasilitas penitipan barang yang tersedia di sekitar kawasan Monas. Selain itu, kawasan ini juga dijaga kebersihannya dengan petugas kebersihan yang selalu standby untuk membersihkan taman. 

illustrasi monumen nasional monas
Source: PramborsFM

4. Gelora Bung Karno (GBK) 

GBK menyediakan track datar yang didesain untuk berolahraga, seperti jogging, sepeda, senam, yoga, dan olahraga lainnya. Area ini dilengkapi dengan 13 fasilitas yang sesuai dengan cabang olahraga yang ada, dan dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Jogging di GBK merupakan kegiatan berolahraga yang dilakukan di lintasan atletik Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Lintasan atletik GBK ini dibuka untuk umum dan salah satu favorit jogging track adalah dengan mengelilingi stadion sebanyak 10 kali, yang setara dengan jarak 10 km, karena setiap putaran di jalur keliling GBK setara dengan 1 km.

illustrasi gelora bung karno gbk
Source: media indonesia

5. Taman Suropati 

Taman Suropati memiliki jogging track yang cukup populer di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Jogging track ini terletak di Jl. Taman Suropati No. 5 dan sering disebut dengan sebutan Tamsur. 

Jalurnya cukup luas dan nyaman, sehingga cocok digunakan sebagai tempat jogging. Taman Suropati awalnya difungsikan sebagai alun-alun kota Jakarta pada tahun 1920 ketika masih bernama Burgemeester Bisschopplein dan merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard.

illustrasi taman suropati
Source: beautynesia

6. Taman Menteng 

Jogging track di Taman Menteng merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk olahraga di Jakarta Pusat. Taman Menteng terletak di Jalan HOS Cokroaminoto dan dapat diakses secara gratis. 

Taman Menteng ini memiliki area jogging track yang cukup luas dan nyaman, serta cocok untuk olahraga pagi atau sore hari. Selain itu, di Taman Menteng juga terdapat air mancur dan playground untuk anak-anak yang dapat digunakan untuk bermain. 

illustrasi taman menteng
Source: kompasiana.com

7. Taman Ayodya

Didesain seperti ruang pertunjukan teater terbuka, Taman Ayodya menyediakan lintasan lari sepanjang 1.700 meter persegi. Taman Ayodya dilengkapi juga dengan danau buatan yang cukup besar.

Taman Ayodya berada di Jakarta Selatan dan lokasinya dekat dengan Hotel Gran Mahakam dan Pasar Kebayoran Baru. Dengan luas taman yang cukup serta dilengkapi dengan kolam buatan, jalur pijakan, kursi, gazebo, pendopo, kamar mandi, serta trek jogging.

illustrasi taman ayodya
Source: Inakoran

8. Taman Cattleya, Tomang 

Taman Cattleya, yang terletak di Tomang, Jakarta Barat, memiliki luas sekitar 31.945 meter persegi, dengan lebih dari 1.000 pohon yang memberikan suasana teduh. Taman ini memiliki berbagai fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh pengunjung secara gratis, termasuk area bermain anak-anak, area piknik, area olahraga, serta jalur untuk bersepeda atau berjalan-jalan. 

Selain itu, terdapat juga taman bunga, kolam ikan, dan air mancur, sangat mudah diakses menggunakan transportasi umum, seperti bus atau taksi, dengan lokasinya yang berada di dekat perempatan Tomang menuju Tol Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

illustrasi taman cattleya tomang
Source: travelspromo

9. Kota Tua Jakarta 

Merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Di sana, terdapat banyak sekali tempat wisata dan bangunan-bangunan bersejarah yang dapat dijelajahi oleh pengunjung. Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Tua Jakarta seperti Museum Fatahillah, Toko Merah, dan Kafe Batavia. 

Anda bisa menjadikan kawasan Kota Tua Jakarta sebagai salah satu jogging track pada pagi hari sekitar jam 6 pagi sebelum para pengunjung datang agar lebih tenang dan nyaman. 

illustrasi kota tua jakarta
Source: sehatQ

10. Kawasan Ancol Loop

Ada dua pilihan jogging track di kawasan Ancol yaitu Ancol Loop Jogging Track yang memiliki panjang sekitar 7 kilometer. Tempat ini lebih baik dinikmati pada sore hari, bersama pasangan, dan ditambah dengan desiran ombak Pantai Ancol yang dapat memberikan pengalaman jogging yang romantis dan menyehatkan. 

Selain itu, Allianz Ecopark Ancol juga bisa dicoba dimana sebelumnya merupakan taman padang golf dengan rerumputan hijau terawat, dan kini menjadi tempat jogging dengan panorama alam yang masih asri.

illustrasi kawasan ancol loop
Source:detik.com

11. Epicentrum kuningan 

Nikmati jalur jogging track Epicentrum Kuningan dihiasi dengan pepohonan yang bisa memberikan kesan asri dan segar saat berolahraga. Epicentrum Kuningan merupakan salah satu tempat asik untuk berolahraga jogging di Jakarta. Dengan luasnya area jogging track, pemandangan kota yang menarik, permukaan jalur yang rata dan tidak terlalu banyak rintangan.

illustrasi epicentrum kuningan
Source: deCode Magazine

12. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng adalah salah satu taman kota modern di pusat Jakarta yang menawarkan fasilitas olahraga seperti jogging track, lapangan sepak bola, dan taman bermain anak-anak. 

Jogging track di Taman Lapangan Banteng sendiri memiliki panjang yang cukup untuk berolahraga, dan tersedia juga fasilitas seperti toilet, tempat duduk, dan penjual makanan dan minuman ringan di sekitarnya. Lokasi taman ini berada di Lapangan Banteng Selatan No.2-4, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

illustrasi taman lapangan banteng
Source: liputan6.com

13. Jogging Track Banjir Kanal Timur 

Jogging Track Banjir Kanal Timur (BKT) adalah sebuah fasilitas rekreasi dan olahraga yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur. Fasilitas ini memiliki lintasan jogging sepanjang 1,4 kilometer yang ramah dan nyaman digunakan untuk berolahraga saat pagi dan sore hari. 

Lokasi yang tepatnya berada di sepanjang jalan Duren Sawit ini masih tergolong baru di Jakarta dan menjadi salah satu lokasi favorit warga untuk berolahraga. Selain itu, Jogging Track Banjir Kanal Timur juga sering digunakan oleh masyarakat Jakarta Timur untuk berjalan santai. 

illustrasi jogging track banjir kanal timur
Source: wowkeren.com

Berikut rekomendasi 13 jogging track umum yang bisa Anda coba selama di Jakarta, menarik bukan? Perlu Anda ketahui bahwa memilih jogging track yang nyaman dengan lintasan yang tidak licin perlu Anda prioritaskan untuk keamanan Anda. Salah satunya dengan membuat lintasan jogging track anti selip dengan membaca Rekomendasi Cat Jogging Track untuk Anti Selip dan Aman!

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor pengecatan profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan telah menyelesaikan lebih dari 80 proyek pengecatan. Kami menyediakan jasa cat lapangan berkualitas dengan harga fleksibel. Anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp (08111268469) untuk konsultasi GRATIS. 

Kami akan melakukan survey lokasi dan memberikan solusi terbaik sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Harga pengecatan lapangan bergantung pada jenis dan luas lapangan, merk cat, mutu produk, dan kecepatan pengerjaan. Setelah kita sepakat, tim Dua Insan Cemerlang akan mulai mengerjakan proyek sesuai kesepakatan dan memberikan garansi di setiap pekerjaan sesuai kondisi. Lihat hasil proyek kami di sini dan konsultasikan lapangan outdoor impian Anda sekarang juga!

Muhammad Harist Abduh Nazili

Muhammad Harist Abduh Nazili

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini