Solusi Waterproofing Lantai Parkir Basement Kendaraan Anti Basah

parkiran kendaraan

Berbicara parkir basement siapa yang tidak mengetahui hal ini khususnya di kota-kota besar. Untuk efisiensi lahan kerap kali pihak pengembang membangun parkir basement untuk apartemen, mall atau gedung perkantoran. Namun kerap kali pihak manajemen memiliki masalah terhadap rembesan air bawah tanah yang lantai basement. Lalu apakah ada solusi pencegahan dari kejadian ini? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Penggunaan Lantai Parkir Basement

Lantai parkir basement merupakan area yang rentan terhadap kerusakan akibat kelembaban, air, dan oli. Oleh karena itu, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan agar lantai parkir tetap tahan lama dan aman untuk penggunaannya. Salah satu teknik perawatan yang dapat dilakukan adalah waterproofing. Waterproofing merupakan teknk yang cukup umum dalam perawatan lantai basement, selain itu injeksi beton juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk menyelesaikan masalah rembesan air tanah pada lantai basement. 

Berbicara waterproofing merupakan teknik perawatan yang digunakan untuk melindungi permukaan lantai dari kelembaban, air, dan oli yang dapat menyebabkan kerusakan pada lantai parkir. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk waterproofing adalah dengan menggunakan lapisan coating epoxy. Lapisan ini dapat membantu lantai parkir basement dalam memaksimalkan performanya, yaitu menahan beban berat dari kendaraan yang lalu lalang dan melindungi lantai dari kerusakan akibat kelembaban, air, dan oli. Lapisan coating epoxy juga memiliki proteksi yang baik dari debu, sehingga mempermudah dalam perawatan lantai parkir basement epoxy ini.

Baca juga: Jangan Asal Pilih! 7 Jenis Waterproofing pada Bangunan

Metode Cegah Rembesan pada Lantai Basement

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa waterproofing merupakan teknik coating untuk merawat lantai parkir basement. Namun perlu diketahui bahwa sebelum melakukan waterproofing, penting untuk memperhatikan standar minimum jumlah ramp yang harus dipasang pada lantai parkir basement. Lantai untuk ruang parkir yang luasnya mencapai 500 m2 atau lebih harus dilengkapi ramp naik dan turun masing-masing dua unit ramp setiap lantainya. Standar ini digunakan demi kenyamanan dan kemudahan penggunaan lantai parkir.

Berbeda dengan coating waterproofing, injeksi beton merupakan metode perbaikan kerusakan pada beton dengan memasukkan material tertentu ke dalam beton yang rusak. Metode ini dapat diterapkan pada area basement yang rentan terhadap kebocoran dan kedap air. Injeksi beton dapat membantu memperbaiki kerusakan pada beton di area basement dan mencegah kebocoran air ke area yang diinginkan.

Penyebab Rembesan Air pada Lantai Parkir Basement

Basement basah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu penyebab paling umum dari basement basah adalah tekanan air yang diciptakan oleh air di dalam tanah di sekitar pondasi selama periode hujan lebat atau terus-menerus. 

Faktor lain yang dapat menyebabkan basement basah adalah limpasan air, yang dapat memasuki ruang bawah tanah melalui tanah yang miring atau rusak. Dinding yang sering terkena air hujan atau tampias air hujan juga dapat menyebabkan dinding menjadi lembab dan kemudian menyebabkan basement menjadi basah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah basement basah, perlu mengetahui penyebab utama dan mencari cara untuk mencegah dan menangani masalah tersebut

Dengan letak di bawah permukaan tanah dan berfungsi sebagai tambahan ruang yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Lantai basement perlu memperhatikan hal-hal berikut: 

  1. Penempatan dan Konstruksi Gedung: Struktur bangunan harus didesain dengan baik dan tahan lama. Selain itu, pondasi yang kokoh diperlukan untuk menopang bangunan dan berfungsi sebagai pengaman dari longsor atau gempa bumi.
  1. Kondisi Tanah: Tanah di sekitar basement harus diperiksa secara cermat. Hal ini bertujuan untuk memastikan tanah yang digunakan untuk pondasi tidak lembek atau berair. Tanah yang lembek dapat menyebabkan bangunan terjebak dalam tanah.
  1. Sirkulasi Udara: Sirkulasi udara yang baik dalam ruangan bawah tanah sangat penting. Ruangan bawah tanah yang lembab dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik dapat menyebabkan masalah kesehatan dan kerusakan bangunan.
  1. Drainase: Sistem drainase yang baik sangat penting untuk menghindari banjir dan masalah kelembaban. Jika terdapat masalah drainase yang tidak teratasi, air dapat merembes ke dalam bangunan dan menyebabkan kerusakan struktural pada bangunan.

Dalam pembangunan basement bawah tanah, perlu diperhatikan pula aspek legalitas dan regulasi yang berlaku, seperti persyaratan perizinan, penggunaan material bangunan yang aman dan ramah lingkungan, serta konsultasi dengan ahli teknik sipil atau arsitektur untuk memastikan keselamatan dan kualitas bangunan.

beton retak
Sumber: freepic

Kegunaan Injeksi Beton pada Lantai Parkir Basement 

Injeksi beton tidak hanya mencegah rembesan air namun juga membantu memperbaiki kerusakan pada beton di area basement sehingga terjadi kebocoran air ke area yang tak diinginkan.

Material yang umum digunakan dalam injeksi beton antara lain semen, epoxy, dan polyurethane. Injeksi semen dan epoxy banyak digunakan untuk perbaikan kerusakan pada dinding dan lantai basement. Sedangkan injeksi polyurethane lebih cocok digunakan untuk mengatasi kebocoran pada beton dengan cepat dan efektif, seperti retakan pada area dinding basement, pondasi, sambungan ekspansi, atau celah lain yang mungkin terjadi di ruang bawah tanah.

Injeksi beton penting dilakukan pada area basement karena akan membantu menjaga kekuatan dan fungsi beton yang terkait erat dengan pekerjaan bocor dan kedap air. Perbaikan yang dilakukan melalui metode injeksi beton pada area basement dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada beton, serta menjaga kualitas dan ketahanan bangunan secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Keunggulan Lantai Epoxy Keramik dibanding Lantai Keramik

Layanan Injeksi Beton Terpercaya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, diperlukan bahan dan metode yang tepat agar pengerjaan injeksi beton dapat berjalan secara maksimal. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa profesional untuk mengatasi masalah keretakan dan kebocoran beton pada gedung Anda.

Dua Insan Cemerlang adalah kontraktor jasa injeksi beton yang menyediakan layanan profesional dan berkualitas. Berpengalaman lebih dari 10 tahun, Dua Insan Cemerlang sudah dipercaya lebih dari 50 perusahaan di berbagai wilayah Indonesia.

Selain berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik sesuai kebutuhan Anda, kami juga menyediakan garansi untuk jasa kami. Jika Anda tertarik dengan layanan injeksi beton Dua Insan Cemerlang, Anda dapat konsultasikan secara GRATIS melalui WhatsApp Official kami!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini