Tips Waterproofing Lantai Bangunan Anti Bocor, Murah, dan Mudah!

Waterproofing

Kebocoran pada lantai dan dinding bangunan terutama kamar mandi sangatlah merepotkan. Ini terjadi karena adanya rembesan air pada lantai keramik yang lembap. Sebagian besar bangunan di Indonesia menggunakan konsep kamar mandi basah. Hal ini memungkinkan air tergenang di area lantai kamar cukup lama. Tidak hanya menyebabkan kebocoran, air yang merembes pada lantai keramik dapat memunculkan jamur dan flek hitam yang merusak struktur bangunan. Namun tenang saja, masalah ini dapat tersolusikan dengan menerapkan teknik waterproofing lantai.

Waterproofing lantai merupakan suatu teknik yang paling mudah dan murah untuk mengatasi masalah kebocoran. Teknik ini menggunakan bahan pelapis antibocor yang dapat menghalangi air masuk ke dalam sela sela bangunan sehingga mencegah risiko kerusakan bangunan. Teknik waterproofing sebagai solusi preventif  atau pencegah penetrasi air penyebab kebocoran bangunan, tidak boleh absen dalam pembangunan rumah Anda. Apalagi, jika memiliki ruang kamar mandi di lantai atas. Jika terlewati, maka biaya perbaikan kebocoran akan lebih mahal. Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi untuk pembongkaran keramik, pelapisan waterproofing, hinga pemasangan keramik kembali. 

Area Lantai Waterproofing

Area bangunan yang bisa diterapkan teknik waterproofing kebanyakan area basah dan lembap, sebagai berikut : 

1. Lantai kamar mandi di lantai atas

2. Balkon bangunan

3. Tangki air

4. Dak atap beton

5. Rooftop

6. Basement 

7. Kolam renang. 

Yang paling sering terjadi biasanya rembesan air pada kamar mandi lantai atas. Kebocorannya menyebabkan adanya flek dan jamur pada plafon lantai bawah yang dapat merusak pemandangan bahkan lebih parahnya bisa juga menganggu instalasi listrik di lantai bawah. 

Proses Waterproofing Lantai

Berbagai jenis lantai memiliki teknik waterproofing yang beragam pula. Salah satunya teknik waterproofing cementitious yaitu teknik pelapisan anti bocor menggunakan campuran bahan bubuk dan cairan. Setelah kering nantinya akan muncul lembaran lembaran tipis yang kuat namun fleksibel dan kedap air. Teknik waterproofing cementitious sangat cocok untuk diaplikasikan pada area yang tidak terlalu luas seperti kamar mandi lantai atas, bakon, dan tangki air. 

Selain itu ada juga teknik waterproofing membran. Teknik ini nanti nya memerlukan membran yang direkatkan kepada lantai atau dinding sebelum dilapis dengan pelapis antibocor. Teknik ini sangat sempurna digunakan pada area yang memiliki resapan tinggi seperti dak beton dan rooftop

Cek selengkapnya mengenai jenis-jenis waterproofing disini!

Proses waterproofing
Sumber : Freepik

Tips Waterproofing Lantai

Berikut ini beberapa panduan dan tips lengkap dalam melakukan waterproofing lantai:

  1. Aplikasikan primer (tips perbandingan primer yaitu campuran bahan supercement dan semen 1:1,25) menggunakan roller tray pada permukaan lantai. Tips: Mulailah pengaplikasian primer dari sudut dinding dengan ketinggian sekitar 20cm. Setelah itu, baru oleskan primer ke seluruh lantai. 
  2. Setelah primer mengering, aplikasikan silikon berbentuk pasta pada sela sela dinding dan lantai/ubin keramik. Lalu biarkan silikon mengering selama 24 jam sebelum dilakukan pelapisan cat pelapis anti bocor.
  3. Tips sebelum mengaplikasikan cat pelapis anti bocor, pasangkanlah selotip khusus kedap air untuk meningkatkan daya rekat membran waterproof yang nanti akan diaplikasikan.
  4. Lakukan pengecatan dengan pelapis antibocor (lapisan pertama)
  5. Potong membran waterproof sesuai kebutuhan lalu rekatkan pada permukaan lantai sampai semua area lantai tertutupi. Tips: Untuk menempelkan membran ke lantai, gunakan rol cat atau kuas. 
  6. Lakukan pengecatan dengan pelapis anti bocor (lapisan kedua) dan diamkan hingga 24 jam
  7. Terakhir, lalukan pengecatan sisa pelapis anti bocor (lapisan ketiga) lalu diamkan kembali hingga 24 jam sebelum dilakukan pemasangan ubin atau keramik. 

Fasilitas Layanan Pengecetan Waterproofing Lantai

Banyak orang mengabaikan waterproofing sebelum memasang lantai. Padahal manfaatnya sangat fundamental dalam struktur bangunan. Waterproofing dapat memperpanjang usia lantai, mencegah kelembapan, dan mempertahankan struktur ketahanan bangunan. Demi mencegah terjadinya keteledoran dalam menerapkan teknik waterproofing lantai maka sangat disarankan menggunakan jasa kontraktor waterproofing lantai. Sehingga dapat meminimalisasi risiko kerugian materil secara jangka panjang. 

Dua Insan Cemerlang adalah jasa kontraktor pengecatan di bidang epoxy lantai, waterproofing lantai, cat lapangan, dan PU concrete. Berpengalam lebih dari 10 tahun dengan kualitas terbaik dan harga yang sangat kompetitif. Selain itu, kami memberikan garansi di setiap pekerjaan sesuai kondisi perkerjaan tertentu. Dengan jasa kami, Anda tak perlu repot melakukan waterproofing lantai dan dapat menghemat biaya pemeliharaan bangunan pada akhirnya. Segera konsultasikan kebutuhan waterproofing lantai bangunan Anda bersama kami secara gratis melalui whatsapps official Dua Insan Cemerlang. 

pekerja konstruksi
Sumber : Freepik
yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini