7 Keuntungan Aplikasi Epoxy Lantai Pada Rumah Sakit

industri kesehatan
industri kesehatan
Sumber: Canva

Lantai rumah sakit merupakan salah satu bagian penting dari fasilitas kesehatan yang harus diperhatikan kualitasnya. Lantai yang digunakan di rumah sakit harus memenuhi persyaratan keamanan, kenyamanan, dan estetika. Salah satu jenis lantai yang cocok digunakan pada rumah sakit adalah lantai epoxy.

Epoxy Lantai

Epoxy lantai adalah jenis lantai berbahan dasar epoxy yang digunakan untuk melapisi permukaan lantai. Epoxy merupakan campuran dari resin dan hardener yang digunakan untuk memberikan perlindungan dan estetika pada permukaan lantai. Dengan pengaplikasian epoxy lantai rumah sakit maka dapat berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan mekanis, kimia, dan lingkungan pada permukaan lantai serta memberikan tampilan yang bersih dan estetis pada permukaan lantai. Selain itu, epoxy lantai juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan lantai terhadap beban berat dan gesekan, sehingga cocok digunakan pada area yang rawan terkena beban berat, seperti ruang operasi, ruang gawat darurat, dan ruang rawat inap.

Keuntungan Aplikasi Lantai Epoxy

Lantai Epoxy memiliki banyak keuntungan, namun demikian rata-rata rumah sakit masih menggunakan lantai keramik dan vinyl.  Berikut  keuntungan dan kelebihan dari lantai epoxy dibandingkan dengan lantai keramik atau vinyl, di antaranya:

1. Bersih dan Higienis

Epoxy lantai memiliki permukaan yang halus sehingga mudah dibersihkan dan tahan terhadap bakteri, sehingga cocok digunakan di lingkungan rumah sakit yang harus tetap bersih dan steril. Hal ini juga memudahkan dalam pemeliharaan ruangan operasi dan sanitasi ruang-ruang rumah sakit, lebih gampang dibersihkan dibandingkan dengan lantai keramik atau vinyl.

2. Estetik

Epoxy lantai dapat diaplikasikan dengan warna dan desain yang beragam, sehingga dapat memberikan tampilan yang estetik pada ruang-ruang rumah sakit, meningkatkan kenyamanan pasien dan staf, lebih stylish dan variatif dibandingkan dengan lantai keramik atau vinyl.

3. Mencegah Rapuh

Rumah sakit merupakan bangunan yang menampung banyak orang dari pasien dan karyawan. Tak hanya itu, pusat semua kegiatan kesehatan dan akomodasi perpindahan bahan kimia atau bahan medis dilakukan disana. Maka dari itu epoxy lantai pada rumah sakit sangatlah dibutuhkan. Mengapa demikian? Karena lantai epoxy dapat digunakan untuk mencegah kerusakan pada lantai rumah sakit. Epoxy adalah bahan yang kuat dan tahan terhadap goresan. Namun, dalam aplikasi lantai epoxy di rumah sakit harus diaplikasikan dengan benar dan harus memenuhi standar yang ditentukan untuk lingkungan kesehatan.

Simak 5 Tips Penting Cara Mudah Perawatan Lantai Epoxy hanya di artikel ini!

4. Sertifikasi ISO

Sebuah rumah sakit yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO harus memperhatikan kualitas bangunan rumah sakit dalam hal keamanan, kenyamanan, dan kebersihan. Hal ini termasuk memperhatikan pemilihan lantai yang digunakan dengan menggunakan lantai epoxy yang memenuhi sertifikasi ISO. Karena rumah sakit harus dapat memastikan bahwa lantai mereka aman bagi pasien, staf, dan tamu. 

5. Tidak Licin

Pengaplikasian cat epoxy pada lantai rumah sakit dapat membuat permukaan lantai tidak licin meskipun sering dibersihkan. Cat epoxy memiliki tekstur yang kasar dan mengikat dengan baik pada permukaan lantai, sehingga dapat meningkatkan traksi dan mengurangi resiko terpeleset. 

Lantai epoxy dapat diaplikasikan dengan berbagai tekstur dan rasio cairan untuk meningkatkan keamanannya. Lantai epoxy yang diaplikasikan dengan tekstur yang lebih tinggi dan rasio cairan yang lebih rendah akan lebih tidak licin dibandingkan dengan lantai epoxy yang diaplikasikan dengan tekstur yang lebih rendah dan rasio cairan yang lebih tinggi.

Hal ini penting untuk diperhatikan dalam pemilihan lantai epoxy di rumah sakit, karena lantai yang licin dapat menyebabkan resiko jatuh pada pasien, staf dan tamu. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan lantai epoxy di rumah sakit, sangat penting untuk mengevaluasi tingkat kelicinan yang diinginkan dan memastikan bahwa lantai epoxy yang digunakan memenuhi standar keamanan yang ditentukan.

Selain itu, pemeliharaan dan perawatan yang tepat juga penting untuk menjaga lantai epoxy tetap tidak licin. Pemeliharaan yang tepat termasuk mengecek dan mengatasi masalah seperti minyak atau cairan yang menempel pada lantai serta memberikan peringatan visual seperti tanda lantai basah atau tanda lantai licin.

6. Nyaman

Dengan kelebihan dari lantai epoxy yang mudah sekali dibersihkan, tentu membuat lantai bangunan rumah sakit tidak gampang kotor dan ternoda. Maka dari itu epoxy lantai pada rumah sakit penting sekali diaplikasikan untuk kenyamanan orang yang terlibat seperti pihak pasien, tenaga medis maupun pengunjung.

7. Keselamatan

Pengaplikasian epoxy lantai rumah sakit dapat membantu menjaga keselamatan. Dengan berbagai kelebihan dari penggunaan lantai epoxy maka hal tersebut dapat membuat lantai rumah sakit lebih aman bagi pasien, staf, dan tamu. 

Berikut rumah sakit yang sudah menerapkan lantai epoxy pada area penting seperti ruang operasi yaitu Rumah Sakir Taman Harapan baru. 

rumah sakit
Sumber: RS. Taman Harapan Baru

Untuk konsultan rumah sakit dibutuhkan partner kerja sama agar dapat memberikan pelayanan yang ramah dan aman termasuk dengan coating lantai rumah sakit.  Dengan menggunakan jasa epoxy lantai yang berpengalaman dan profesional akan membuat proses pemasangan lebih efisien serta hasilnya lebih baik. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi GRATIS. Kami siap untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan standar Anda.

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini