Ketahui Standar Ramp Basement untuk Struktur Kuat dan Aman

parkiran basement

Ketika membangun sebuah bangunan dengan ketersediaan lahan yang sedikit. Biasanya bangunan akan dibangun secara vertikal. Salah satu yang dilakukan adalah dengan membangun basement. Basement sendiri banyak digunakan sebagai gudang, ruang utilitas ataupun tempat perkantoran. Namun, di Indonesia sendiri, basement biasanya digunakan sebagai lahan parkir.

Dalam membuat basement khususnya untuk parkir, tidak bisa dilakukan sembarangan. Dalam pembangunan basement, struktur ramp dan kekuatan beton adalah hal yang penting dan harus memperhatikan standar yang berlaku. Hal ini untuk menjamin kekuatan, keamanan serta kenyamanan penggunanya.

Perawatan basement dan ramp pada basement juga harus dilakukan secara berkala. Hal ini karena beton pada basement sangat rentan untuk retak dan menyebabkan perubahan kondisi struktur pada basement. Solusi terbaik yang dilakukan, jika hal ini terjadi adalah dengan injeksi beton. Namun, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada beton basement. Basement yang dibuat harus penuh dengan perhitungan. Begitu pula, dengan fasilitas ramp harus mengikuti standar aturan berlaku agar basement terhindar dari kerusakan dan nyaman digunakan. 

Penjelasan Fungsi Ramp Basement

Kata ramp berasal dari inggris yang berarti tanah landai, lereng atau jalan landai. Ramp dalam gedung sendiri berfungsi penghubung antara lantai yang memiliki perbedaan ketinggian. Jadi, dari fungsinya hampir sama seperti lift, ataupun tangga. Namun, berbeda dengan tangga, karena ramp memiliki permukaan halus. Permukaan ramp yang halus inilah yang menjadi keunggulan dari ramp ini karena mudah untuk dilalui oleh sarana yang memiliki roda. Ramp ini biasanya digunakan di basement khususnya basement parkir. Basement parkir yang berada di bawah tanah mampu memuat motor ataupun mobil dengan kapasitas banyak, dan terhindar dari matahari. Agar kendaraan bisa memarkirkan kendaraannya dengan mudah ke basement, maka pembangunan ramp perlu dilakukan.

Dalam pembuatan ramp basement sendiri tidak dapat sembarangan. Karena ramp adalah hal krusial yang akan berpengaruh pada struktur parkir basement. Untuk itu, ramp parkir basement harus mengikuti standar yang telah ditetapkan. Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan ataupun kecelakaan penggunanya. 

Baca selengkapnya mengenai Solusi Waterproofing Lantai Parkir Basement Kendaraan Anti Basah disini

Ketentuan dan Syarat Ramp Basement

denah basement
Source: Pinterest by Narin Assawapornchai

Hal terpenting dalam membangun ramp adalah memenuhi ketentuan dan syarat. Baik dalam sudut kemiringan, material lantai bahkan kekuatan dari ramp tersebut harus disesuaikan dengan ketentuan. Hal ini dilakukan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunaan ramp basement ini. Di bawah ini merupakan standar ramp basement yang diperuntukkan untuk parkir mobil golongan I seperti Sedan, Minibus, Pick up, Jeep dan Sejenisnya: 

1. Standar Kemiringan Ramp

Untuk standar kemiringan ramp lurus pada basement parkir adalah maksimal 1 berbanding 7 (1 : 7). Hal ini berarti ketika tinggi antar lantai adalah 3 meter, maka jarak ramp lurus diharapkan adalah 3×7=21 m panjangnya. Semakin tinggi jarak antara langit-langit dan lantai semakin panjang pula ramp tersebut.

2. Standar Sudut Kemiringan

Standar perhitungan yang biasanya dilakukan adalah dengan rumus yang  ketentuan maksimal sudut kemiringan dari ramp yaitu 1 berbanding 20 (1:20). Dalam perhitungan standarnya sudut kemiringan dari ramp adalah 10 derajat.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah perhitungan kemiringan berpatokan pada jenis mobil yang mempunyai jarak dari dasar ban dengan body terendah. Salah satu contoh mobil sedan yang memiliki jenis jarak antara dasar dan body yang rendah sekitar 13 cm. 

3. Standar Lebar Ramp 

Lebar dari ramp sangat perlu diperhatikan dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pada ramp lurus satu arah, lebar minimal 3 meter dengan ruang bebas struktur 60 cm. Sedangkan ramp lurus dua arah, lebar minimal 4,5 meter.

4. Standar Konstruksi 

Aspek yang harus dipertimbangkan adalah konstruksi lantai parkir basement. Pilihan material harus sesuai dengan tujuan yang ada. Hal ini demi keselamatan dan keamanan. Struktural  Konstruksi lantai adalah pelat beton 4000 PSI 6 dengan kawat las yang mampu menahan bebab 80 LBS/SF dengan ramp yang tidak lebih dari 5,5%.

Dalam menambah pelindung waterprofing dan ketahanan dari lantai basement penambahan cat epoxy bisa menjadi pilihan. Karena basement sangat rentan terkena air yang masuk melalui pelat pondasi, retakan ataupun penetrasi pipa. Itulah mengapa lantai basement sangat perlu perawatan agar terhindar dari kerusakan. Dan ketika terjadi keretakan atau pecah harus sesegera mungkin untuk diperbaiki karena akan mempengaruhi kekuatan struktur. Salah satu solusi yang efektif adalah dengan injeksi beton. 

Kasus Injeksi Beton pada Basement

Basement adalah ruang bawah tanah yang sangat rentan mengalami kebocoran, khususnya pada saat hujan lebat. Pada saat hujan deras, permukaan air tanah akan naik dan menyebabkan tekanan hidrostatik meningkat. Sehingga, memaksa air melewati retakan beton den menyebabkan kebocoran. 

Kebocoran pada basement tidak dapat disepelekan. Air yang merembes melalui beton akan mengurangi kekuatan struktur beton. Karena ketika air melewati retakan, air tersebut akan melarutkan mineral kalsium hidroksida. Mineral ini memiliki sifat yang sangat korosif terhadap baja galvanis.

Baja galvanis ini adalah struktur yang menjadi struktur utama dari basement itu sendiri. Sehingga ketika terjadi korosi pada baja ini. Kekuatan struktur dari beton menjadi sangat berkurang. Hal ini lebih diperburuk dengan kelembapan dan garam yang terbawa oleh air yang merembes. 

Untuk menghindari hal ini diharuskan untuk melakukan inspeksi secara berkala, untuk memperbaiki celah-celah kecil pada beton sebelum membesar. Pemakaian injeksi beton sangat dianjurkan dalam perbaikan beton yang retak, sebelum retakan menjadi lebih besar. 

Injeksi beton ini menggunakan bahan Polyurethane yang akan melewati celah dan menutupi keretakan yang ada pada beton. Polyurethane atau PU ini memiliki bentuk liquid sehingga dapat mengisi celah-celah sampai ke celah beton terkecil. Setelah kering polyurethane akan mengalami transformasi kimia dari cair menjadi padatan. Tidak habya itu, keunggulan dari polyurethane menghasilkan lapisan yang sangat kuat, tahan goresan bahkan tahan terhadap air pada suhu panas. Karena Inilah efektif dalam mengatasi kebocoran pada beton dan memperbaiki keretakan yang ada beton. 

Jasa Injeksi Beton – Dua Insan Cemerlang

Dalam melakukan injeksi beton diharuskan untuk dilakukan oleh tim profesional dan Dua insan Cemerlang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Tidak hanya melakukan injeksi saja. Namun, Dua insan cemerlang melakukan inspeksi dan identifikasi masalah sehingga memberikan solusi terbaik, agar kebutuhan client kami terpenuhi. 

Dua Insan Profile

Dua Insan Cemerlang  adalah kontraktor yang telah mengerjakan berbagai macam proyek yang bervariasi di bidang flooring. Pengerjaan yang kami kerjakan mencakup seperti Jasa Injeksi beton, Jasa Pengecatan lantai Epoxy, Jasa Waterproofing, Jasa PU Concrete, dan lainnya yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun, sehingga dipercaya dalam menangani berbagai proyek. Selain itu, Dua Insan Cemerlang selalu memberikan kualitas super dengan harga yang kompetitif. 

Tidak hanya itu kami juga memberikan garansi bagi anda. Kami terus memastikan kepuasan anda dengan jasa yang kami sediakan. Jika anda membutuhkan jasa injeksi beton terpercaya dengan harga yang bersaing. Silahkan konsultasikan kepada kami secara GRATIS ke nomor WhatsApp kami!

 

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini