5 Tips Memilih Keramik Kolam Renang yang Tepat!

keramik spectrum

Kolam Renang bisa menjadi salah satu fasilitas bagi sebuah rumah atau penginapan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan material yang tepat untuk membangun kolam renang tersebut. Salah satunya adalah keramik sebagai finishing untuk lantai dan dinding kolam renang.

Material keramik biasanya digunakan sebagai finishing karena harganya cukup murah, memiliki struktur kuat, anti-air, variasi model dan warna yang banyak, serta perawatannya mudah.

Lalu, bagaimana cara memilih keramik kolam renang yang tepat? Berikut tips memilih keramik yang tepat sesuai kebutuhan Anda!

Perencanaan Awal Membangun Kolam Renang

Berikut adalah 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda membangun kolam renang:

  1. Buat anggaran pembangunan kolam
    Rencanakan anggaran seakurat mungkin sesuai dengan budget yang Anda tentukan. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya-biaya peralatan konstruksi, material, hingga jasa tukang/kontraktor yang akan mengerjakannya.

    Selain mempertimbangkan biaya pembangunan kolam, ada baiknya juga untuk mempersiapkan anggaran lebih untuk biaya perawatan kolam renang setelah selesai dibangun.
  1. Tentukan tata letak dan ukuran kolam renang
    Tata letak dan ukuran kolam renang juga akan memengaruhi biaya yang akan Anda keluarkan untuk pembangunan.

    Dalam membuat rancangan ini, Anda dapat menggunakan simulasi sesuai dengan konsep rumah Anda. Misalnya, dibangun di belakang rumah atau sesuai dengan lahan kosong yang tersedia di rumah Anda.
  1. Tentukan konstruksi kolam renang
    Dalam menentukan konstruksi kolam renang, Anda bisa mempertimbangkan kedalaman, ukuran, dan tata letak kolam renang.

    Konstruksi ini akan menentukan material yang akan digunakan. Semakin bagus kualitas material yang Anda pilih, maka akan semakin baik ketahanan dari kolam renang tersebut.

    Dalam melakukan riset terkait konstruksi kolam renang, sebaiknya Anda juga menyesuaikan harganya dengan anggaran yang sudah Anda tentukan.
  1. Cek sumber air yang akan dialirkan ke kolam renang
    Ketika membangun kolam renang, Anda perlu mempertimbangkan sumber air terdekat untuk memenuhi kolam maupun membersihkan kolam. Sumber air yang digunakan bisa berupa air sumur maupun PAM.
  1. Siapkan supply listrik yang sesuai
    Agar kolam renang tetap terawat dengan baik, Anda harus mengatur perputaran air di kolam renang dan menaruh titik-titik penerangan di area kolam renang. Hal ini tentu membutuhkan supply listrik yang cukup!
  1. Tentukan sistem filtrasi
    Ada 2 pilihan sistem filtrasi yang biasa digunakan, yaitu: 1) Konvensional, dengan menanam pipa untuk mengalirkan air ke tangki filter, dan 2) Integrated pool, dengan sistem filtrasi yang menyatu dengan kolam.
  1. Tentukan material finishing untuk lantai dan dinding kolam renang
    Dalam menentukan pelapis dinding dan lantai kolam renang, pilih pelapis yang anti licin, tidak mudah berlumut, dan memiliki ketahanan baik. Salah satu material yang paling sering digunakan adalah keramik. Anda juga bisa memilih custom desain seperti pada artikel Rekomendasi Inspirasi Desain Lantai Epoxy 3D Terbaru!

5 Macam Keramik Pilihan

Terdapat berbagai macam jenis keramik yang bisa Anda gunakan untuk desain kolam renang yang Anda inginkan.

Berikut 5 macam keramik yang biasa digunakan untuk finishing lantai dan dinding kolam renang.

1. Keramik Roman

keramik roman
Source: pinhome

Keramik roman memiliki lapisan anti-gores yang dapat meminimalisasi kecelakaan saat berenang. Keramik ini juga memiliki daya tahan yang tinggi untuk menahan beban berat.

Biasanya, keramik roman dijual dengan ukuran 33 x 33 cm dan 50 x 50 cm. Namun, ada juga dengan ukuran lain seperti 33,3 x 66,6 cm.

2. Keramik Mozaik

keramik mozaik
Source: butterflypool.com

Keramik mozaik memiliki daya tahan yang kuat dan anti-gores. Daya tekanan keramik mozaik ini bisa mencapai 450 kg/cm² sehingga sangat kokoh.

Jika terkena sinar matahari, keramik mozaik bisa memberikan konsep kolam renang yang mewah dan elegan. Namun, jika dibandingkan dengan keramik roman, keramik mozaik memiliki harga yang relatif lebih mahal.

3. Keramik Batu Alam

keramik batu alam
Source: batualamserpong

Jika Anda ingin membangun kolam renang dengan nuansa alam/natural, maka keramik batu alam jadi pilihan yang cocok buat Anda!

Keramik batu alam ini memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah pecah. Namun, butuh perawatan ekstra karena mudah ditumbuhi lumut atau jamur. Air pun harus sering diganti agar warnanya tidak kotor.

4. Keramik Ubin Kolam Kaca

keramik ubin kaca
Source: berita99

Keramik ubin kolam kaca memiliki struktur yang padat dan tidak berpori sehingga air tidak mudah terserap ke dalam keramik. Selain itu, serat kaca pada keramik membuatnya lebih awet dan tahan panas.

Jika Anda menginginkan desain kolam renang yang terlihat mewah, maka keramik ubin kolam kaca bisa jadi pilihan yang cocok buat Anda!

5. Keramik Spectrum

keramik spectrum
Source: pinterest

Keramik spectrum memiliki desain grafis yang menonjolkan tekstur pada kolam renang. Keramik ini memiliki desain yang variatif dan mudah dirawat.

Inilah 5 jenis keramik yang dapat Anda pilih sebagai finishing pada kolam renang Anda.

Tips Memilih Keramik untuk Kolam Renang

Setelah Anda mengenal berbagai macam keramik, saatnya untuk memilih keramik mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah 3 tips memilih keramik untuk kolam renang.

  1. Pilih keramik dengan kualitas yang baik
    Pastikan untuk memilih keramik yang aman, anti-slip dengan tekstur yang nyaman, tidak mudah pecah, serta mudah dirawat.
  2. Cek ketersediaan warna keramik
    Keramik kolam renang biasanya didominasi oleh warna biru yang memberikan kesan air tenang dan bersih. Selain itu, warna keramik juga bisa terlihat berbeda apabila terkena sinar matahari dan memantulkan warna airnya.

    Jadi, pastikan untuk memilih warna keramik yang tidak terlalu gelap dan menimbulkan kesan air yang kotor.
  3. Pilih keramik yang mudah dipasang
    Selain variasi warna, keramik juga memiliki variasi ukuran dan motif. Semakin unik ukuran dan motif keramik, biasanya akan semakin sulit dipasang dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Maka, lebih baik untuk memilih keramik yang lebih mudah dipasang dengan ukuran yang sama.

Jasa Pemasangan Waterproofing Dua Insan Cemerlang

Dua Insan Cemerlang dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda dalam membangun kolam renang impian Anda. Kami merupakan kontraktor waterproofing profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah menyelesaikan lebih dari 80 proyek waterproofing.

Kami dapat memberikan jasa waterproofing dengan kualitas terbaik, harga fleksibel, dan pengerjaan yang terbaik menyesuaikan kebutuhan Anda.

Anda bisa lihat hasil proyek waterproofing Dua Insan Cemerlang di sini.

Tunggu apa lagi?

Konsultasikan renovasi dan waterproofing gedung ke Dua Insan Cemerlang melalui Whatsapp berikut: 08111268469. Gratis!

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini