Rekomendasi Warna Kamar Mandi Estetik Bikin Betah di Rumah

lavender

Memiliki rumah yang estetik menjadi idaman untuk banyak orang, tidak hanya desain interior dan eksterior dari kamar tidur, ruang tamu atau dapur, ternyata memiliki kamar mandi yang estetik menambah rasa betah untuk tinggal di rumah. 

Salah satu yang berpengaruh pada desain rumah adalah pemilihan warna yang memberikan kesan tenang dan nyaman. Ya, pemilihan warna cat mampu mempengaruhi kondisi hati seseorang karena siapa yang tidak membutuhkan kamar mandi setiap harinya?

Peran Kamar Mandi secara Psikologi

Kamar mandi merupakan salah satu area penting di rumah yang dapat memberikan kesan nyaman dan santai. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di kamar mandi adalah dengan memilih warna cat yang sesuai. 

Dalam memilih warna cat untuk kamar mandi, perlu dipertimbangkan juga pencahayaan pada ruangan tersebut. Jika kamar mandi memiliki sedikit pencahayaan alami, sebaiknya memilih warna cat yang lebih cerah dan terang untuk memberikan kesan yang lebih terang dan luas. Namun, jika kamar mandi memiliki banyak pencahayaan alami, sebaiknya memilih warna cat yang lebih gelap atau pudar agar tidak terlalu silau.

Baca juga: Bongkar Biaya renovasi kamar mandi sederhana anti mahal!

Pentingnya Warna pada Kamar Mandi

Warna cat pada kamar mandi memiliki peran penting dalam menentukan suasana dan nuansa yang ingin dihadirkan dalam ruangan tersebut. Warna yang tepat dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan, sehingga kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat mandi, tetapi juga sebagai tempat untuk beristirahat dan bersantai.

Menurut psikologi warna, warna dapat mempengaruhi suasana hati dan mood seseorang. Warna hangat seperti merah, kuning, oranye dapat memicu emosi yang lebih kuat seperti kemarahan dan kekerasan. Sedangkan warna dingin seperti hijau, biru, dan ungu lebih menimbulkan perasaan tenang dan damai. 

Misalnya warna biru dianggap sebagai warna yang menenangkan, dapat membantu mengontrol denyut nadi dan suhu tubuh, sehingga baik untuk kinerja jantung dan aliran darah. Penelitian bahkan menyebutkan bahwa warna biru dapat meningkatkan produktivitas dan membantu seseorang menjadi lebih rileks dan tidur nyenyak. Warna yang dianggap tenang ini, dapat membantu seseorang merasa nyaman, terkendali, dan dapat diandalkan. 

Sedangkan jika Anda ingin meningkatkan semangat dan rasa percaya diri, warna merah adalah pilihan warna yang tepat. Tidak hanya semangat namun juga gairah sehingga menjadi simbol cinta dan kehangatan, kekuatan dan kenyamanan.

Selanjutnya, warna yang digunakan dalam lingkungan tempat kerja dapat mempengaruhi mood dan produktivitas karyawan. Warna hijau dapat membantu meningkatkan kreativitas dan ide-ide baru, sedangkan warna biru dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. 

Dalam artikel ini, Anda akan mendapat informasi terkait rekomendasi pilihan warna yang sesuai dengan fungsinya, selain itu memilih cat juga perlu memperhatikan tingkat kekilapan atau gloss yang rendah agar tidak terlalu licin dan mengurangi risiko tergelincir.

Baca juga: 5 Desain Keramik Kamar Mandi Minimalis dan Tips Penggunaannya!

7 Rekomendasi Pilihan Warna Terbaik untuk Kamar Mandi Estetik

Berikut ini adalah 11 rekomendasi warna untuk kamar mandi yang dapat dijadikan referensi Anda saat membangun rumah atau renovasi rumah:

1. Tan: Warna cokelat dengan rona pucat ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk kamar mandi di rumahmu. Perpaduan warna netral seperti memadukan warna tan dengan cokelat dan putih dapat berkontribusi pada daya tarik warna cat kamar mandi terkesan everlasting.

tan
Source: designingidea

2. Putih dan abu-abu muda: Kombinasi warna putih dan abu-abu muda bisa memberikan kesan elegan dan bersih di kamar mandi. Kombinasikan dengan aksesori warna metalik seperti emas atau perak untuk menciptakan tampilan yang lebih mewah.

putih
Source: pexel

3. Sage light: Warna pudar ini sangat cocok diterapkan pada kamar mandi, karena memberi kesan nyaman dan tenang. Anda dapat memadukan warna-warna sage light dengan warna putih atau abu-abu. Sebagai pelengkap, dekorasi dari unsur kayu akan menambahkan kesan alami yang hangat dan menenangkan.

sage light
Source: Quora

4. Biru: Warna biru memberikan kesan segar dan tenang di kamar mandi. Pilihlah warna biru laut atau biru langit untuk memberikan kesan yang lebih dramatis di kamar mandi.

biru
Source: houzz

5. Hijau: Warna hijau memberikan kesan segar dan menenangkan di kamar mandi. Anda dapat memilih warna hijau daun atau hijau mint untuk menciptakan tampilan yang lebih ceria dan nyaman.

hijau
Source: hgtv

6. Lavender: Warna lavender memberikan kesan romantis dan lembut di kamar mandi. Kombinasikan dengan warna putih atau abu-abu muda untuk menciptakan tampilan yang lebih bersih dan modern.

lavender
Source: hgtv

7. Krem: Warna krem memberikan kesan hangat dan lembut di kamar mandi. Kombinasikan dengan warna cokelat atau kayu untuk memberikan tampilan yang lebih alami dan tenang.

krem
Source: grid.id

Jika Anda membutuhkan jasa untuk memberikan kesan estetik pada kamar mandi Anda, Dua Insan Cemerlang merupakan pilihan terbaik Anda. Kami merupakan kontraktor waterproofing profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah menyelesaikan lebih dari 80 proyek waterproofing.

Kami dapat memberikan jasa injeksi semen dengan kualitas terbaik dan harga fleksibel menyesuaikan kebutuhan Anda.

Anda bisa lihat hasil proyek waterproofing Dua Insan Cemerlang di sini.

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini