Simak 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Jasa Cat Epoxy Lantai!

illustrasi epoxy lantai

Jika anda pernah menemui lantai berwarna yang permukaannya rata dan kaku mirip plastik tapi tidak licin, kemungkinan besar lantai tersebut menggunakan cat epoxy lantai. Penggunaan jasa epoxy lantai biasa dilakukan sebagai alternatif untuk mendapatkan lantai yang lebih kokoh tanpa mengesampingkan estetika. Cat epoxy lantai biasa diaplikasikan dalam industri skala kecil hingga besar.

Mengenal Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy lantai berbahan dasar acrylic latex dengan sedikit campuran epoxy yang memberikan kesan lebih cerah, bersih, dan tidak licin. Selain itu, lantai yang dicat dengan epoxy akan lebih mudah perawatannya karena Anda bisa dengan lebih praktis membersihkannya dengan kain lap. Cat epoxy akan cocok bagi Anda yang ingin memiliki lantai dengan perawatan rendah.

1. Kelebihan dan Kekurangan Cat Epoxy Lantai

Keunggulan cat epoxy lantai terletak pada daya tahannya yang kuat untuk gesekan dan bahkan benda berat. Selain itu, penggunaan cat epoxy juga dapat memberikan nilai estetika karena lantai jadi lebih kinclong dan mudah untuk dibersihkan. Industri dalam skala besar biasanya membutuhkan cat epoxy lantai untuk mendapatkan lisensi standar mutu pemerintah.

Bila melihat dari kekurangannya, cat epoxy lantai sangat membutuhkan keterampilan dalam pengerjaannya karena pengaplikasian yang tidak sesuai bisa saja membuat atau menambah tekstur gelombang yang mengurangi estetika hingga lantai terlihat cembung. Hal ini membuat pengaplikasian cat epoxy lantai membutuhkan kontraktor epoxy lantai profesional yang sudah berpengalaman untuk memberikan hasil yang optimal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

kenali syarat penggunaan dan jenis cat lantai epoxy di Artikel ini

2. Tempat Pengaplikasian Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy lantai biasa digunakan untuk industri, departemen store, cafe, rumah makan, rumah sakit, gudang, dan lain sebagainya. Cat epoxy juga paling umum digunakan untuk penandaan terhadap lantai, baik untuk membuat garis ataupun simbol lain. Anda bisa cek beberapa contoh tempat yang menggunakan cat epoxy lantai disini.

puyo indonesia
pengecatan jaya swarasa agung
portofolio causa prima ashar indonesia

3. Bahan dan Ketebalan Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy berbahan dasar akrilik lateks dengan sedikit campuran epoxy. Epoxy sendiri merupakan bahan kimia yang terdiri dari asam, fenol, alkohol dan aminda polifungsi. Penerapan dalam perhitungan ketebalan cat epoxy lantai per m2 disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketebalan lapisan pertama memiliki ukuran antara 0,3-0,5 mm (300-500 micron). Jika lantai sering dilalui muatan berat, maka direkomendasikan dengan ketebalan cat epoxy 1-2 mm (1000-2000 micron). Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan metode pelapis self-leveling dengan ketebalan 2-3 mm (2000-3000 micron). Manfaat dari self-leveling epoxy bisa memberikan finishing glossy, penerapan aditif anti-slip dan menahan dampak kerusakan terhadap lantai.

4. Merk Cat Epoxy Lantai

Terdapat beberapa rekomendasi merk cat epoxy terbaik yang bisa Anda pilih, diantaranya yaitu Foxapaint, Epotone, Puffin Paint, Upox Danapaint & Pacific Paint. Namun, perlu diingat bahwa sebagus apapun merknya tidak akan memberikan Anda hasil yang maksimal kalau Anda tidak memiliki kesabaran, ketelitian, dan keterampilan dalam mengaplikasikan cat epoxy di lantai Anda. Hasil yang memuaskan akan bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan orang yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan cat epoxy untuk lantai Anda.

jenis merk cat yang dilayani dua insan cemerlang
Merk cat yang bekerja sama dengan Dua Insan Cemerlang

5. Range Harga Jasa Cat Epoxy Lantai

Harga untuk jasa kontraktor cat epoxy akan disesuaikan dengan ketebalan yang Anda inginkan. Berikut merupakan rata-rata harga jasa pengaplikasian cat epoxy lantai berdasarkan ketebalannya:

  • 300 micron = Rp.50.000,-
  • 500 mikcon  = Rp.100.000,-
  • 1000 micron = Rp.160.000,-
  • 2000 micron = Rp.250.000,-

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai cat epoxy lantai yang pasti akan sangat membantu sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan nilai dan manfaat lantai Anda. Penggunaan cat epoxy akan meningkatkan daya tahan, mengurangi anggaran perawatan, dan menambah estetika.

Lihat lebih lengkap harga pengecatan lantai epoxy di artikel ini

Jasa epoxy lantai profesional yang memahami lebih dalam nilai dari cat epoxy pastinya menjadi pilihan terbaik. Kami siap mendengarkan keinginan dan kebutuhan Anda untuk lantai kesayangan Anda. Mari berbicara tentang apa yang Anda inginkan untuk lantai Anda secara GRATIS melalui whatsapp official kami!

FAQ

1. Apakah Epoxy lantai tahan air?

Penerapan epoxy lantai akan memberikan fungsi tahan air atau anti air. Selain tahan air, penerapan epoxy lantai juga akan meningkatkan kecerahan dan memperkuat lantai.

2. Bahan epoxy itu seperti apa?

Epoxy adalah bahan primer transparan yang berfungsi untuk melapisi lantai yang terdiri dari asam, fenol, alkohol dan aminda polifungsi. Sedangkan cat epoxy sendiri berbahan dasar akrilik lateks dengan sedikit campuran epoxy.

3. Apakah epoxy itu penting?

Penggunaan epoxy bisa membuat lantai lebih tahan lama dan mengkilap. Selain itu, epoxy lantai bisa memberikan kesan estetik, tahan air/bahan kimia, anti-slip, dan tahan terhadap gesekan ataupun benda berat.

4. Lantai epoxy apakah licin?

Epoxy ini anti air dan biasanya dikombinasikan dengan bahan aditif anti-slip agar lantai tidak licin.

5. Apakah epoxy dicampur thinner?

Untuk bahan campuran, epoxy mash membutuhkan thinner saat pengaplikasiannya. Namun pastinya dengan ukuran dan standar yang tepat.

Author:
Yudo Wijaya
Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

yudo wijaya

yudo wijaya

Epoxy Specialist | 8 Tahun Pengalaman di Bidang Epoxy

Leave a Replay

Tentang saya

Epoxy Specialist 8 Tahun dan  berpengalaman di Bidang aplikator cat Epoxy Lantai

Recent Posts

Kategori

Scroll to Top
Chat Kami Disini